Han Yoo Ra bicara bullying, haters, dan The Underdogs

YouTuber sekaligus aktris Han Yoo Ra bertandang ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/8/2017).
YouTuber sekaligus aktris Han Yoo Ra bertandang ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/8/2017).
© Muhammad Imaduddin Siregar /Beritagar.id

Di Indonesia, Han Yoo Ra dikenal sebagai seorang YouTuber. Saat ini, subscriber-nya mencapai 580 ribu lebih, dengan total video tertonton sebanyak 56 juta kali. Sukses dengan video daring berisi tutorial kecantikan, parodi, dan gaya hidup, kini Yoo Ra mencoba bidang yang baru yaitu akting di film layar lebar.

Lulusan Universitas Pelita Harapan ini diajak oleh produser Ernest Prakasa untuk berakting dalam The Underdogs. Digarap oleh sutradara Adink Liwutang, The Underdogs punya tema YouTuber dan bullying (perisakan). Dua hal itu tak jauh dari kehidupan Yoo Ra selama ini.

Soal YouTuber, sudah jelas. Untuk tema perisakan, wanita berusia 26 tahun ini ternyata pernah mengalami. Lahir di Korea Selatan, ia pindah ke Indonesia sejak berusia belasan. Sewaktu bersekolah di Bali menjadi hari-hari penuh cobaan bagi wanita yang sering menyebut dirinya sebagai "bule Asia" ini.

"Awal-awal di Bali karena saya orang 'bule'... nggak bisa ngobrol dengan teman-teman. Saya mau latihan bahasa pun susah," jelas Yoo Ra ketika bertandang ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Dengan bahasa Indonesia yang sudah fasih ia melanjutkan, "Bisa melewati masa itu, tapi masih sering dianggap sebagai orang asing. Tetap tidak diterima. Tapi mungkin karena saya ada pengalaman seperti itu, jadi pelajaran bagi saya nggak boleh bully orang. Itu sakit, men."

Ketika ia berhasil menjadi YouTuber sukses, dengan tingkat kepopuleran seperti Yoo Ra, haters (pembenci) pasti ada. Toh, itu tak menurunkan semangat Yoo Ra dalam berkarya. "Untuk haters, saya mau ucapkan terima kasih karena sudah menceritakan saya ke teman-teman kalian."

"Setidaknya teman-teman kalian bisa penasaran, lalu mereka cari, lihat konten saya dan merasa 'oh my god, ini orang 'bule' keren banget ya,' dan mereka subscribe deh.. Thank you ya, kamsahamnida (ucapan terima kasih dalam bahasa Korea, red.)!" ujar Yoo Ra dengan nada ceria yang selalu muncul dalam tiap videonya.

Nah, faktor kesamaan nasib itu jadi kunci mengapa ia setuju berperan sebagai Lola dalam The Underdogs. "Saat saya baca skripnya bersyukur. Di media yang sangat besar yaitu film, kita bisa menjelaskan YouTuber itu seperti apa."

Penggemar Jenna Marbles, YouTuber asal Amerika Serikat ini, merasa film The Underdogs mampu menjelaskan kepada orang-orang bahwa menjadi YouTuber itu tidak segampang yang dikira. Tidak sekadar bikin video, diunggah, lalu jadi top dalam sekejap.

"Baru-baru ini saya galau, kok subscriber nggak naik-naik," ujar Yoo Ra sambil tertawa. "Tapi jadi YouTuber itu bukan hanya mengejar subscriber. Lebih ke bagaimana bikin konten yang bermutu dan bermakna kepada penonton. Kalau kita fokusnya itu, followers dan subscriber itu sebagai hasilnya."

Untuk urusan akting, Yoo Ra mengaku banyak dibimbing oleh Adink. Kebetulan, pengalaman Yoo Ra di dunia akting sebenarnya sudah ada. Ia pernah tampil pada musim kedua "Kelas Internasional" --komedi situasi (sitcom) yang tayang di Net TV.

Ia juga mengaku banyak berguru pada Ernest. "Kak Ernest itu berakting juga, jadi co-producer juga. Dia juga stand up comedian dan juga jadi bapak di sebuah keluarga. Saya juga ingin jadi seperti dia suatu hari nanti," tutup Yoo Ra.

The Underdogs akan tayang pada 16 Agustus. Inilah sinopsisnya.

Perkenalkan, Bobi (Jeff Smith), siswa taat yang tak disukai karena kerap melaporkan kenakalan murid lain. Dio (Brandon Salim), bocah kutu buku. Nanoy (Babe Cabiita), siswa SMA berusia 21 -- ia berulang kali tinggal kelas. Ellie (Sheryl Sheinafia) adalah gadis yang dianggap aneh. Sama-sama tersisih dari pergaulan, mereka pun bersahabat.

Suatu ketika, mereka terinspirasi sukses S.O.L, sekelompok YouTuber terdiri dari Sandro (Ernest Prakasa), Oscar (Young Lex), dan Lola (Han Yoo Ra). Dulu anak-anak S.O.L. juga tersisihkan, tapi mereka berhasil mengubah nasib menjadi terkenal.

Tentu saja perjuangan Bobi dan kawan-kawan tak gampang. Perjalanan mereka menjadi YouTuber malah mengancam persahabatan yang sudah terjalin bertahun-tahun.

THE UNDERDOGS Official Trailer
© StarvisionPlus
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.