FILM INDONESIA

Heboh trailer Wiro Sableng, dari nostalgia hingga 212

WIRO SABLENG - Official First Look Teaser /Lifelike Pictures

Pasukan berkuda memasuki sebuah kampung. Mereka membawa obor. Tak lama rumah-rumah penduduk terbakar. Seorang anak menjerit. Adegan berganti. Seorang lelaki muda bertarung dengan wanita tua di sebuah hutan.

Lelaki muda itu menggunakan ikat kepala. Dadanya memiliki bekas luka yang berbentuk seperti angka 212. Seorang lelaki terlempar keluar pintu. Si lelaki muda berbalik badan dan tersenyum. Dialah Wiro Sableng, diperankan oleh Vino G. Bastian.

Rupanya, Lifelike Pictures sudah merilis cuplikan perdana film Wiro Sableng dalam sebuah video berjudul WIRO SABLENG - Official First Look Teaser pada Rabu (27/12/2017). Warganet pun heboh, pertanda banyak yang menunggu film yang bakal tayang pada 2018 itu.

Video ini bahkan membuat Wiro Sableng sempat menjadi trending topic di jejaring media sosial Twitter, dilansir dari Jawapos (28/12/2017). Kebanyakan mengutarakan nostalgia melalui kicauan mereka.

Penampilan Vino sebagai jagoan kocak itu mengingatkan penonton pada serial Wiro Sableng yang sempat ditayangkan RCTI akhir 1990-an. Dulu pemerannya adalah Herning Sukendro, atau lebih dikenal dengan nama Ken-Ken.

Unsur nostalgia amat kental, apalagi video berdurasi 30 detik itu juga menggunakan lagu tema yang mirip versi sinetron Wiro Sableng. "Wiro, Wiro Sableng, Sinto, Sinto Gendeng," terdengar sayup-sayup bagaikan mantra.

Selain menggaungkan unsur nostalgia, beberapa warganet juga mengajak yang lainnya untuk mengembalikan trah angka "212" kepada Wiro Sableng. Saat ini jika menyebut 212, orang akan ingat demo besar-besaran pada 2 Desember 2016 yang menuntut pemenjaraan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kasus penistaan agama.

Beberapa warganet juga mengomentari suasana teaser yang seperti trailer film luar negeri. Sebab, aroma film luar negeri sangat terasa ketika teaser trailer ini memasuki detik pertama. Logo 20th Century Fox tampil, mendahului Lifelike Pictures. Sampai-sampai ada yang berkomentar di Twitter, apakah Wiro Sableng sudah jadi bagian dari semesta Disney.

Beberapa pekan lalu sempat ramai berita Disney mencaplok Fox melalui sebuah merger senilai Rp861 triliun.

Dengan akuisisi terhadap Fox, Disney memegang kendali nyaris penuh atas semesta komik Marvel, termasuk superhero Marvel yang dimiliki Fox seperti X-Men dan Fantastic Four.

Tidak heran jika beberapa netizen sempat menitipkan asa melihat Wiro Sableng juga bakal bisa bertempur bersama Iron Man, Hulk, dan tim Avengers lainnya. Walaupun hal itu tampaknya mustahil terwujudkan.

Kerjasama Lifelike dengan Fox International Productions (FIP) adalah pertimbangan bahwa membuat sebuah proyek besar seperti Wiro Sableng, dibutuhkan tandem untuk urusan dana dan teknik pembuatan. Hal ini pernah diakui oleh produser Sheila Timothy, pertengahan tahun lalu.

Film Wiro Sableng disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dengan pemain yang juga melibatkan Marsha Timothy, Sherina Munaf, Marcella Zalianty, dan Ruth Marini. Pengambilan gambar berlangsung sejak Agustus 2017 untuk persiapan tayang penghujung 2018.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR