Hitman's Bodyguard laris, Logan Lucky kurang beruntung

Salah satu adegan dalam The Hitman's Bodyguard menampilkan Samuel L. Jackson (kiri) dan Ryan Reynolds.
Salah satu adegan dalam The Hitman's Bodyguard menampilkan Samuel L. Jackson (kiri) dan Ryan Reynolds.
© Summit Entertainment

Kolaborasi empat aktor papan atas Ryan Reynolds, Samuel L. Jackson, Salma Hayek, dan Gary Oldman berhasil membawa film The Hitman's Bodyguard merajai box office Amerika Serikat akhir pekan lalu (18-20 Agustus).

Seperti judulnya, film ini mengisahkan hubungan antara pengawal pribadi (bodyguard) dengan pembunuh bayaran (hitman).

Seorang pengawal pribadi paling top sedunia dapat klien baru yang tidak disangka-sangka: pembunuh bayaran yang harus memberi kesaksian dalam sebuah persidangan. Mereka harus mengesampingkan perbedaan dan bekerja sama agar bisa menghadiri sidang tepat waktu.

Rupanya penonton Amerika Serikat menyukai film yang disutradarai Patrick Hughes ini. Pada akhir pekan perdananya, Hitman's Bodyguard berhasil memperoleh USD21,6 juta (Rp288,44 miliar), unggul dari juara pekan lalu Annabelle: Creation yang mengumpulkan USD15,5 juta.

Sebetulnya tanggapan kritikus pada The Hitman's Bodyguard tidak bagus-bagus amat. Sebut saja rating Tomatometer-nya di Rotten Tomatoes yang hanya 39 persen --sebanyak 74 dari 122 pengulas memberi ulasan negatif. Hitman's disebut sebagai kisah komedi-aksi yang 'klise'.

"The Hitman's Bodyguard mengandalkan kelakar Samuel L. Jackson dan Ryan Reynolds, tapi tak mampu melewati fase komedi aksi nan klise yang meluap-luap," demikian konsensus yang disusun Rotten.

Kritik buruk bukan berarti nasib buruk bagi Hitman's. Dengan ongkos produksi USD29 juta, artinya film komedi ini hanya tertinggal beberapa langkah untuk setidaknya balik modal.

Nasibnya lebih baik dari Valerian and the City of a Thousand Planets, yang hingga saat ini baru mengumpulkan USD115 juta dari seluruh dunia, padahal bujetnya USD177 juta. Di tengah tak larisnya beberapa film karena didera kritik negatif, nasib Hitman's adalah sebuah keberuntungan.

Sementara Logan Lucky tidak seberuntung judulnya. Dari segi hasil ulasan, Logan Lucky bagaikan kebalikan dari Hitman's Bodyguard. Jika Hitman's dapat ponten 39 persen di Rotten, maka Logan Lucky dapat 93 persen --dari 139 ulasan yang masuk, hanya 10 yang melempar 'tomat busuk'.

Karya sutradara Steven Soderbergh ini disebut sebagai komedi yang cerdas. "Sebuah kesenangan tingkat tinggi yang dirancang secara cerdas, Logan Lucky menandai berakhirnya masa pensiun Steven Soderbergh, serta membuktikan ia belum kehilangan kemampuan dalam menghibur penonton," tulis Rotten.

Pada 2013, sutradara Ocean's Eleven (2001) itu sempat pensiun dari dunia perfilman layar lebar, karena merasa industri Hollywood berlaku tak adil pada sutradara yang lebih mementingkan kualitas dibanding hasil box office.

Sekarang, jika tanggapan industri pada dirinya masih sama seperti dulu, Soderbergh mungkin akan pensiun lagi. Meski ulasannya bagus, Logan Lucky hanya memperoleh USD8,05 juta dan duduk di peringkat ketiga tangga box office pekan lalu.

Logan Lucky mengisahkan seorang ayah bernama Jimmy Logan (Channing Tatum) yang bekerja sama dengan saudaranya Clyde (Adam Driver) dan Mellie (Riley Keough) untuk mencuri uang dari sebuah sirkuit NASCAR.

Jimmy juga merekrut Joe Bang (Daniel Craig), seorang ahli peledak untuk menjebol sistem sirkuit itu. Namun keadaan tambah rumit ketika sekelompok orang memaksa Jimmy dan kawan-kawan untuk melakukan pencurian saat lomba NASCAR berlangsung.

Berikut daftar pemuncak box office di Amerika Serikat untuk periode 18-20 Agustus 2017, menurut Box Office Mojo.

1. The Hitman's Bodyguard: USD21,6 juta (pekan 1)

2. Annabelle: Creation: USD15,5 juta (total USD64 juta - pekan 2)

3. Logan Lucky: USD8,05 juta (pekan 1)

4. Dunkirk: USD6,7 juta (USD165,5 juta - pekan 5)

5. The Nut Job 2: Nutty by Nature: USD5,1 juta (USD17,7 juta - pekan 2)

6. The Emoji Movie: USD4,35 juta (USD71,8 juta - pekan 4)

7. Spider-Man: Homecoming: USD4,25 juta (USD314 juta - pekan 7)

8. Girls Trip: USD3,8 juta (USD104 juta - pekan 5)

9. The Dark Tower: USD3,7 juta (USD41,6 juta - pekan 3)

10. Wind River: USD3 juta (USD4,1 juta - pekan 3)

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.