BOX OFFICE

Hobbs & Shaw sukses menjinakkan The Lion King

Dwayne Johnson (kiri) dan Jason Statham, dua pemeran utama dalam film Hobbs & Shaw
Dwayne Johnson (kiri) dan Jason Statham, dua pemeran utama dalam film Hobbs & Shaw | Frank Masi/Universal Pictures

Prediksi bahwa film Hobbs & Shaw (produksi Universal Pictures) mampu mengakhiri keperkasaan The Lion King di puncak film terlaris tepat adanya.

Film sempalan pertama dari waralaba Fast & Furious (F&F) itu berhasil mengumpulkan AS$60,8 juta, atau sekitar Rp869,4 miliar, pada akhir pekan perdana penayangannya (2-4/8/2019).

Pemasukan tersebut dari hasil penayangan 4.253 bioskop di kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

Sementara The Lion King, jagoan Disney yang sudah rilis sejak tiga pekan silam, dari penayangan di 4.802 bioskop membawa pulang AS$38,2 juta.

Kepala Distribusi Universal Jim Orr dalam laman USA Today mengatakan, apa yang diperoleh Hobbs & Shaw sekali lagi membuktikan betapa kuatnya waralaba F&F.

Film sempalan alias spin-off ini berangkat dari dua tokoh, Luke Hobbs (diperankan Dwayne Johnson) dan Deckard Shaw (Jason Statham), yang mulai dipadankan dalam The Fate of the Furious (2017).

Dari mancanegara, film arahan David Leitch ini juga tampil cemerlang dengan mengantongi AS$180,8 juta. Terpaut sekitar AS$20 juta dari total ongkos produksinya.

Indonesia menyumbang AS$7,6 juta (Rp108,6 miliar) dari pasar internasional tadi. Paling tinggi di kawasan Asia melewati Jepang dan India.

Sedikit catatan, dua negara Asia lain yang kerap menjadi pundi uang terbesar untuk film-film Hollywood, yaitu Cina dan Korea Selatan, belum menayangkan Hobbs & Shaw.

Masuknya Leitch, sebelumnya menyutradarai film aksi laga, seperti John Wick, Atomic Blonde, dan Deadpool 2, memberikan suntikan tenaga baru dalam waralaba ini.

Adegan baku hantam jarak dekat, tembak-menembak, dan berbagai ledakan berpacu seiring aksi kebut-kebutan. Hadir pula beberapa sisipan komedi.

Matthew Rozsa dari salon.com memuji film ini sebagai suguhan komedi laga yang sangat menyenangkan, sesuai janjinya.

Sedangkan David Sims dalam tulisannya di The Atlantic menyebutnya tak lain hanya memanfaatkan nama besar waralaba film Fast & Furious belaka. “Tak sebanding dengan nama besarnya, film ini menghilang dari memori dengan cepat,” tulis Sims.

Hasil tinjauan yang saling bertolak belakang tersebut menggambarkan konsensus yang diberikan para kritikus film. Terhimpun dalam laman Rotten Tomatoes.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 2-4 Agustus 2019 (versi Box Office Mojo)

1. Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw: AS$60,8 juta (total AS$60,8 juta - pekan 1)

2. The Lion King: AS$38,2 juta (AS$430,8 juta - pekan 3)

3. Once Upon a Time in Hollywood: AS$20, juta (AS$78,8 juta - pekan 2)

4. Spider-Man: Far from Home: AS$7,7 juta (AS$360,3 juta - pekan 5)

5. Toy Story 4: AS$7,1 juta (AS$410 juta - pekan 7)

6. Yesterday: AS$2,4 juta (AS$67,9 juta - pekan 6)

7. The Farewell: AS$2,4 juta (AS$6,8 juta - pekan 4)

8. Crawl: AS$2,1 juta (AS$36 juta - pekan 4)

9. Aladdin: $2,01 juta (AS$350,3 juta - pekan 11)

10. Annabelle Comes Home: AS$875 ribu (AS$71,5 juta - pekan 6)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR