Ibnu Jamil menjaring ilmu dari Garuda 19

Adegan Ibnu Jamil (paling kiri) di film Garuda 19
Adegan Ibnu Jamil (paling kiri) di film Garuda 19 | Swastika Nohara

Aktor Ibnu Jamil (32) mendapat pendalaman sepak bola dari sudut pandang pelatih setelah bermain dalam film Garuda 19 besutan sutradara Andibachtiar Yusuf. Ibnu yang memerankan pelatih mental timnas Indonesia U19, Guntur Cahyo Utomo, menyampaikan hal itu saat press screening film ini di Jakarta pekan lalu.

Untuk pendalaman perannya, Ibnu harus berkonsultasi dengan seorang lulusan Psikologi UI dan belajar sisi psikologis pemain sepak bola remaja. Akibatnya wawasan Ibnu menjadi lebih lengkap karena biasanya hanya fokus pada teknis permainan sebagai pembawa acara pertandingan di televisi.

Selain itu, Ibnu mendapat pengalaman berharga selama syuting di berbagai tempat terpisah. Pengambilan gambar film yang akan tayang serentak di seluruh bioskop tanah air pada 9 Oktober ini dilakukan di Maguwoharjo Jogjakarta dan Solo, Andoolo di Konawe Selatan Sultra, serta di Kalabahi, Alor, NTT. "Saya bisa travelling ke tempat baru sebagai nilai tambah," kata Ibnu.

Ibnu juga mendapat pelajaran dari aktor senior Mathias Muchus yang memerankan pelatih kepala timnas U19 Indra Sjafri. Muchus dinilai bukan hanya mencontohkan akting di depan kamera tetapi juga membangkitkan kepercayaan diri para aktor muda dan membangun atmosfer positif di lokasi syuting.

Maklum, Garuda 19 menampilkan sejumlah aktor pendatang baru dan memerankan pemain sepak bola remaja. Salah satunya pemeran Yabes Roni, Sumarlin Beta (@betafreestyler).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR