FILM INDONESIA

Ihwal Ari Tulang terlibat dalam film Gundala

Ari Tulang (kanan) usai press screening film Gundala di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (28/8/2019)
Ari Tulang (kanan) usai press screening film Gundala di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (28/8/2019) |

Ari Tulang terperanjat. Tim produksi film Gundala yang disutradarai Joko Anwar tiba-tiba menghubunginya. Mengajak turut serta. Kelar mengikuti proses audisi, ia mendapatkan peran sebagai Kamal Armaja.

Tokoh ini merupakan salah satu anak buah Pengkor (diperankan Bront Palarae), sosok antagonis yang menjadi lawan Sancaka alias Gundala (Abimana Aryasatya).

Masa lalunya sama dengan Pengkor. Kelam. Sejak kecil tinggal di panti asuhan, menjadi korban perisakan, dan mengalami kekerasan seksual. Pengkor yang kemudian menolong dan mengadopsinya jadi anak. Mengangkat harkat dan martabatnya. Bagi Kamal, setiap perintah Pengkor adalah sabda.

Julukan yang diberikan kepada tokoh ini adalah Sang Pembisik. Pasalnya ia selalu membisiki korban yang akan dihipnotisnya. Ciri fisiknya berambut plontos. Selalu mengenakan kacamata.

Setiap beraksi tangan Kamal mengeluarkan bola api kecil sambil membisikkan kata, “Sare”. Dalam Bahasa Jawa kromo inggil kata itu berarti tidur.

Kepada Beritagar.id yang menemuinya saat gala premiere film Gundala di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (28/8/2019), pemilik nama asli Ari Wicaksana itu mengaku mendapat tawaran bergabung pada medio April 2018.

Saat menerima ajakan ikut audisi dalam film pembuka Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1 ini, Ari yang juga dikenal sebagai koreografer tari merasa ragu.

Musababnya karena sudah lama ia tidak berakting di depan kamera. Terakhir kali Ari berlakon di depan kamera terjadi lebih dari dua dekade silam dalam sinetron Begaya FM

Keraguan apakah benar diajak bermain semakin besar lantaran setiap pertemuannya dengan Joko tidak pernah ada pembicaraan soal film. Oleh karena itu, Ari coba menanyakan kembali apakah tawaran tersebut benar dialamatkan kepadanya.

“Soalnya gue pernah dapat tawaran main film. Pas gue datang, ternyata maksud mereka mau mengajak Ari Untung. Ha-ha-ha. Makanya gue takut tim casting film Gundala salah orang lagi,” ungkap Ari.

Ternyata benar dirinya yang diharapkan Joko untuk mengisi satu tempat dalam film Gundala.

“Setelah mengobrol, dia mengaku sudah lama mau mengajak gue main dalam filmnya. Cuma selama ini memang belum ketemu karakter yang pas. Akhirnya dalam film ini dia dapat satu yang cocok untuk gue,” tambah Ari.

Dalam acara peluncuran poster film yang berlangsung di Senayan City (28/5), Joko sempat membocorkan kepuasannya melihat performa Ari memerankan tokoh Kamal.

Walaupun sudah ikut terlibat main film setelah sekian lama absen, tetap saja Ari tidak bisa mengikuti jejak rekan-rekannya membagikan foto-foto tentang keterlibatannya dalam film ini.

“Padahal tangan gue sudah gatal mau ikut menyebarkan di media sosial. Cuma karena ingin menghindari spoiler jadinya gue dapat arahan untuk menahan diri,” pungkas Ari.

Sejak awal tim promosi dan publikasi Gundala sengaja merahasiakan beberapa bagian dalam film ini. Salah satunya kehadiran pemain yang memerankan anak-anak angkat Pengkor.

Keterlibatan Ari Tulang --juga Aming (sebagai pemeran Sam Buadi)-- termasuk yang dirahasiakan. Semua demi memberikan efek kejut kepada para penonton saat menyaksikannya di bioskop.

Kini Ari boleh bersuka hati. Hasratnya untuk membagikan info-info maupun foto tentang film Gundala sudah boleh dilakukannya.

Terbaru ia mengunggah pencapaian film Gundala yang telah meraup 821.972 penonton berselang lima hari penayangannya di bioskop.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR