J-Law tetap aktris berpendapatan tertinggi

Selama dua tahun beruntun gelar sebagai aktris berpendapatan tertinggi diberikan majalah Forbes untuk Jennifer Lawrence. Bintang film The Hunger Games itu dalam 12 bulan terakhir diperkirakan punya USD46 juta (Rp609 miliar) dalam buku tabungannya. Menyusut 11,5 persen dibanding pemasukannya pada 2015 yang mencapai USD52 juta.

Sebagian besar pundi kekayaan aktris berusia 26 itu datang dari performa The Hunger Games: Mockingjay - Part 2 yang laris di pasar global. Berdasarkan data Box Office Mojo, total USD653,4 juta diraup bagian terakhir film adaptasi novel tersebut dari seluruh dunia. Sementara biaya pembuatannya menguras USD160 juta.

Menurut International Business Times, J-Law --sebutan Lawrence-- mendapatkan bayaran sebesar USD15 juta agar kembali memerankan Katniss Everdeen dalam The Hunger Games: Mockingjay. Angka tersebut belum termasuk royalti dari keuntungan film yang tidak terungkap besarannya.

Lumbung pemasukan berikut datang dari keterlibatannya sebagai Aurora Dunn dalam film fiksi ilmiah Passengers. Hollywood Reporter mengungkap bayaran yang diterima Lawrence dari film itu mencapai USD20 juta. Aktor Chris Pratt yang jadi rekan mainnya dalam film yang tayang 21 Desember 2016 mendapat jatah USD10 juta.

Posisi kedua di bawah Lawrence ditempati komedian Melissa McCarthy (45). Berbekal pendapatan sebesar USD33 juta, pemeran Abby Yates dalam Ghostbusters (2016) tersebut mendongkel posisi Scarlett Johansson yang kini harus puas nangkring di posisi ketiga.

Kejutan aktris Asia

Fan Bingbing dalam sebuah acara peragaan busana di Taipei 101, Taiwan, 12 September 2015.
Fan Bingbing dalam sebuah acara peragaan busana di Taipei 101, Taiwan, 12 September 2015. | Chiang Ying-ying /AP Photo

Susunan daftar aktris dengan pendapatan terbanyak tahun ini dimeriahkan kehadiran dua nama asal Asia. Fan Bingbing (34) yang tahun lalu berada di posisi keempat harus turun satu peringkat karena digeser Jennifer Anniston yang mengantongi USD21 juta.

Pun demikian, Bingbing yang lahir di Qingdao, Tiongkok, masih tetap aktris laris di negara asalnya berkat pemasukan USD17 juta.

Selain menjadi duta jenama terkenal seperti L'Oreal dan Chopard, juri dalam acara pencarian bakat Amazing Chinese, Bingbing juga membintangi sejumlah film, seperti Skiptrace, League of Gods, I Am Not Madame Bovary, dan L.O.R.D: Legend of Ravaging Dynasties. Itu belum termasuk kontrak bermain dalam film Meg bersama aktor Jason Statham yang telah ditekennya.

Aktris Bollywood Deepika Padukone pada ajang the International Indian Film Academy (IIFA) Rocks Green Carpet, IIFA Weekend & Awards, di Madrid, Spanyol, 25 Juni 2016.
Aktris Bollywood Deepika Padukone pada ajang the International Indian Film Academy (IIFA) Rocks Green Carpet, IIFA Weekend & Awards, di Madrid, Spanyol, 25 Juni 2016. | Samuel de Roman /AP Photo

Pendatang baru sekaligus wajah Asia terakhir yang masuk daftar 10 besar adalah bintang Bollywood kelahiran Kopenhagen, Denmark, Deepika Padukone (30). Sama dengan Bingbing, pemeran Serena Unger dalam xXx: Return of Xander Cage (tayang 20 Januari 2017) mendapat banyak pemasukan dari beberapa jenama, termasuk merek perhiasan Tanishq dan maskapai penerbangan Vistara.

Deepika juga meluncurkan lini pakaian All About You melalui situs/aplikasi belanja Myntra di India, Oktober 2015. Alhasil perempuan yang berulang tahun setiap 5 Januari itu meraup USD10 juta selama kurun setahun belakangan dan membuatnya menguni peringkat ke-10 dalam daftar Forbes.

Nama Priyanka Chopra (34) yang telah lebih dahulu melangkah ke Hollywood lewat serial televisi Quantico dan film Baywatch justru absen.

Metode penghitungan yang dilakukan Forbes sama dengan setahun silam. Pemasukan para bintang film dalam daftar dihitung sepanjang periode 1 Juni 2015 hingga 1 Juni 2016 berdasarkan data dari Nielsen, Box Office Mojo, IMDB, serta wawancara dengan agen, manajer, dan pengacara para artis bersangkutan. Semua angka yang didapat belum dikurangi biaya manajemen dan pajak.

Berikut daftar lengkap aktris berpendapatan tertinggi sepanjang 2016 menurut Forbes.

1. Jennifer Lawrence (USD46 juta)

2. Melissa McCarthy (USD33 juta)

3. Scarlett Johansson (USD25 juta)

4. Jennifer Anniston (USD21 juta)

5. Fan Bingbing (USD17 juta)

6. Charlize Theron (USD16,5 juta)

7. Amy Adams (USD13,5 juta)

8. Julia Roberts (USD12 juta)

9. Mila Kunis (USD9 juta)

10. Deepika Padukone (USD10 juta)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR