FILM INDONESIA

Jagat Sinema Bumilangit mencari pendamping Virgo

Zara bersama Joko Anwar (kanan) dan Bismarka Kurniawan di fX Sudirman, Jakarta Selatan (7/9/2019)
Zara bersama Joko Anwar (kanan) dan Bismarka Kurniawan di fX Sudirman, Jakarta Selatan (7/9/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Melalui film Virgo and the Sparklings yang berkelindan dalam Jagat Sinema Bumilangit (JSB) Jilid 1, Screenplay Bumilangit mengadakan pencarian pemain melalui audisi dalam jaringan (daring) alias online.

Tentu saja muara dari pencarian tersebut bukan untuk mencari pengganti Adhisty Zara yang sebelumnya telah diumumkan sebagai pemeran Virgo, salah satu tokoh komik jagoan yang diciptakan Jan Mintaraga.

Tokoh Virgo pertama kali hadir dalam komik Kapten Halilintar yang berjudul "Ghorgon" terbitan Sastra Kumala pada 1973.

Bumilangit kemudian menerbitkan kembali tokoh ini lewat komik digital dengan sentuhan penceritaan baru yang lebih kekinian. Versi baru ini yang menjadi pondasi film.

Dalam pengumuman yang berlangsung di atrium fX Sudirman Mal, Jakarta Selatan (7/9/2019), Joko Anwar yang bertindak sebagai produser kreatif dalam proyek ini mengatakan bahwa mereka ingin memberikan kesempatan kepada talenta-talenta baru.

"Kami ingin mengajak teman-teman sekalian untuk bisa berakting mendampingi Zara dalam film Virgo and the Sparklings," seru Joko dari atas panggung.

Dalam komik Virgo and the Sparklings yang hadir di Line Webtoon, dan kini telah memasuki musim kedua, Riani alias Virgo memiliki dua sahabat, yaitu Monica dan Ussy. Trio ini kemudian sepakat membentuk grup musik yang namanya seperti judul komiknya.

Monica adalah anak kostan. Ia berasal dari Ambon dan menjadi drummer dalam kelompok Virgo and the Sparklings. Pada awal cerita, ia pula yang mengajak Riani membentuk grup band.

Sementara Ussy adalah anak orang kaya. Di rumahnya terdapat studio latihan musik. Perannya dalam band sebagai pemain keyboard.

Dua karakter pendamping itulah yang sedang berusaha dicari oleh tim casting dari Screenplay Bumilangit untuk melengkapi formasi Virgo and the Sparklings. Juga tokoh-tokoh lain, perempuan dan laki-laki, yang totalnya mencapai sekitar 20 orang.

Joko menuturkan bahwa proses audisi daring ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

Syarat peserta harus berusia 16-19 tahun atau yang masih terlihat remaja dan tentu saja bisa berakting.

Rekam video berdurasi satu menit yang isinya memperlihatkan sedang berakting, juga bermain musik atau menyanyi jika bisa.

Video tersebut kemudian diunggah melalui akun media sosial masing-masing dengan menyertakan tagar #VirgoTalentSearch. Audisi pemain secara daring ini ditutup pada Senin (9/9) pukul 20.00 WIB.

Mengadakan audisi terbuka secara daring, dituturkan Joko, merupakan salah satu ikhtiar untuk mengisi kekurangan Sumber Daya Manusia, khususnya bidang aktor, di industri perfilman Tanah Air.

"Saya selalu mengatakan bahwa semua bidang dalam industri perfilman kita masih kekurangan Sumber Daya Manusia. Ajang ini diharapkan bisa mencari, menggali, dan menemukan talenta-talenta baru khususnya aktor di perfilman Indonesia," terang Joko.

Audisi model ini juga merupakan opsi pertama yang diharapkan Joko menjadi satu-satunya. Opsi kedua adalah melakukan casting calls. Ini akan dilakukan jika ternyata hasil dari audisi daring tidak memenuhi ekspektasi.

Kepada Beritagar.id yang menemuinya usai acara, Zara (16) mengaku senang dengan langkah yang dilakukan Screenplay Bumilangit. Pun tak sabar menanti siapa saja yang akan menjadi rekan mainnya dalam film yang direncanakan tayang pada 2020 ini.

"Aku super excited. Karena aku yakin Indonesia punya banyak banget orang dengan kemampuan seperti Monica dan Ussy. Sesuai judulnya, Virgo and the Sparklings, semoga kami semua nanti bisa bersinar bersama," pungkasnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR