Jakarta Art Week 2019 usung tema Perempuan Bicara Seni

Suasan konferensi pers Jakarta Art Week 2019 di Stasiun MRT Istora Mandiri, Sudirman, Jakarta Pusat,  pada Senin (26/8/2019).
Suasan konferensi pers Jakarta Art Week 2019 di Stasiun MRT Istora Mandiri, Sudirman, Jakarta Pusat, pada Senin (26/8/2019). | Azriel Ismail

Jakarta Art Week 2019 resmi digelar. Acara yang diinisiasi oleh MRA Media (Mugi Rekso Abadi) itu menampilkan sejumlah karya seni rupa di beberapa mal, sejumlah halte sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, dan beberapa stasiun MRT Jakarta dalam rentang 26 Agustus-15 September 2019.

Mengusung tema "Perempuan Bicara Seni", acara ini mengajak sepuluh seniman perempuan Indonesia untuk bersuara yang diwujudkan dalam karya instalasi seni rupa publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Mereka akan menampilkan karya seni mereka masing-masing, tanpa mengenali patokan dalam berekspresi maupun penilaian umum.

“Setiap wanita memiliki karakter yang berbeda dan berhak untuk menyuarakan pikirannya, dan menentukan jalan hidupnya,” ujar Patricia Untario, salah satu seniman yang menampilkan light painting di Stasiun MRT Istora Mandiri, Sudirman, Jakarta Pusat, tempat konferensi pers Jakarta Art Week 2019 digelar pada Senin (26/8/2019).

Ia menampilkan berbagai wajah perempuan dengan berbagai gaya, dari berhijab, berambut keriting, berambut pendek, dan sebagainya. “Cara mengekspresikan diri dari setiap individu tidak bisa menjadi penentu atau menjadi halangan dalam mencapai prestasi dan tujuan hidup setinggi-tingginya,” jelas seniman asal Bandung itu.

Selain Patricia, perempuan seniman lain yang turut meramaikan Jakarta Art Week 2019 adalah Theresia Agustina Sitompul, Budi Asih, Cempaka Surakusumah, Dian Suci, Kalya Risangdaru, Maharani Mancanagara, Ajeng Martia Saputri, Sanchia, dan Hanggita Dewi.

Acara ini juga sekalian menyambut pagelaran tahunan Art Jakarta yang akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 30 Agustus hingga 1 September.

Sejak pertama kali diinisiasi MRA Media pada 2009, Art Jakarta selalu menampilkan ribuan karya seni dari berbagai galeri dalam atau luar negeri. Pada tahun penyelenggaraan ke-11 ini, MRA Media mengadakan acara yang lebih besar dari sebelumnya. Total ada 70 galeri yang menampilkan lebih dari 600 karya seniman dari dalam dan luar negeri.

Salah satu jalan menuju City 4.0

Selain menampilkan kesenian, Jakarta Art Week 2019 juga mendukung program pemerintah daerah DKI Jakarta menuju City 4.0, ketika kolaborasi warga dalam kemajuan kota didukung serta disediakan fasilitas tertentu oleh pemerintah.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika meresmikan pembukaan Jakarta Art Week 2019 di Stasiun MRT Istora Mandiri. "Jakarta akan terus menjadi kota perekonomian yang jangkauannya global,” ujar Anies.

Anies melanjutkan, “Karena itu pemerintah siap menyediakan infrastruktur dengan standar global, serta membuat ruang ketiga, yaitu ruang publik. Bukan tempat normal, melainkan tempat yang penuh pengalaman.”

Selain itu, Jakarta Art Week 2019 bertujuan membawa karya seni para seniman dan mengenalkan karya seni ini kepada masyarakat dengan cakupan yang lebih besar dibanding sebelumnya. Dengan begitu, Jakarta bisa jadi destinasi pariwisata bagi para penikmat seni rupa lokal maupun mancanegara.

Penulis: Azriel Ismail

Beritagar.id adalah mitra media untuk acara Jakarta Art Week 2019

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR