Jazz on Broadway dalam Java Jazz Festival 2016 isi kekosongan panggung drama musikal

Lea Simanjuntak, Aimee Saras, dan Andrea Miranda menyanyikan Buenos Aires diiringi Ron King Big Band dan Ricky Lionardi.
Lea Simanjuntak, Aimee Saras, dan Andrea Miranda menyanyikan Buenos Aires diiringi Ron King Big Band dan Ricky Lionardi.
© Java Jazz Festival /PT Java Festival Production

Tak banyak pertunjukkan Broadway di Indonesia. Jika pun ada, pementasan tersebut impor dari Negeri Paman Sam, seperti "Sounds of Music" dan "Beauty and the Beast" tahun lalu. Kehadiran Jazz on Broadway seperti mengisi kekosongan pertunjukkan teatrikal bagi penggemarnya.

Malam itu, Jumat (04/03/2016), Java Jazz Festival 2016 menggelar pertunjukan berkonsep Broadway mengolaborasikan musisi Indonesia dan Amerika Serikat. Ricky Lionardi dari Indonesia bertindak sebagai komposer, Aimee Saras, Lea Simanjuntak, dan Andrea Miranda menjadi trio penyanyi, sedangkan Ron King Big Band asal Amerika Serikat didaulat mengiringi aksi trio penyanyi Indonesia saat itu.

Tiga serangkai mengawali pertunjukan di salah satu hall JiExpo Kemayoran dengan melantunkan I'm Pretty, salah satu lagu dari drama musikal romantis West Side Story pada 1961. Suara bertenaga mereka berpadu apik dengan alunan musik jazz orkestra dari big band pimpinan Ron King. Tata panggungnya pun mendukung, sorot lampu warna warni khas Broadway, berpadu dengan busana cocktail yang mereka kenakan. Di sela-sela lagu, ketiganya tak sungkan menyapa penonton sekaligus berbincang ala aktris Broadway dalam bahasa Inggris.

"Selamat datang di Jazz on Broadway, kami akan membawakan (musik) dari Wicked, Evita, Company, dan masih banyak lagi," ujar Andrea.

Selanjutnya, masing-masing di antara mereka menyanyikan secara solo, duet, dan pada dua lagu terakhir, mereka kembali bersama. Yang paling menarik dari pertunjukkan ini adalah penampilan Lea. Adik Sophie Navita tersebut terkenal dengan suara sopran dan kerap melantunkan seriosa, namun kali ia berhasil memadukan keahliannya dalam nuansa jazz. Ditambah lagi penampilan boyish, celana panjang dan blus sabrina putih, semakin menguatkan karakternya sebagai penyanyi serba bisa.

Kemampuan Aimee tak perlu dipertanyakan. Penyanyi dan aktris lulusan Marymount Manhattan College ini pernah terlibat produksi Off-Broadway, seperti Miss Saigon dan Rodgers & Hammerstein's Cinderella. Penyanyi yang gemar gaya dandan 50-an ini juga menjadi aktris utama drama musikal Onrop! karya Joko Anwar. Sedangkan Andrea adalah penyanyi muda yang menelurkan album pop berbalut musik teater dan orkestra pada November lalu. Meski tergolong baru dalam industri musik, tetapi alumni Universitas Pelita Harapan tersebut sudah akrab dengan musik sejak kecil. Karena ia mendapatkan ilmu musik pertamanya dari sang ayah, Purwacaraka. Di samping itu, ia telah menjalani kursus singkat di Berklee College of Music, Boston, Amerika.

"Saya surprise sama Lea dengan gaya Jazz dan rambut cepaknya. Karena biasanya dia nyanyi sopran, seriosa. Aimee itu swing banget, saya suka sekali. Andrea juga bagus. Penampilan mereka keren, seperti melihat showbiz. Mereka itu hebat, musisi Indonesia yang diiringi Ron King Big Band," ujar Riana Bismarak, salah satu penonton, yang datang bersama temannya.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan media mitra acara Java Jazz Festival 2016.
MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.