Jennifer Lawrence sosok penghibur terbaik 2015

Jennifer Lawrence untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai Entertainer of the Year oleh majalah EW
Jennifer Lawrence untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai Entertainer of the Year oleh majalah EW | Peter Foley/EPA

Salah satu majalah hiburan terkemuka di Amerika Serikat, Entertainment Weekly (EW), kembali melanjutkan kebiasaannya memilih sosok penghibur terbaik sepanjang tahun. Untuk tahun 2015 ini, Jennifer Lawrence (25) yang berhak mendapatkan gelar tersebut.

Walhasil, wajah J-Law --julukan Lawrence-- menghiasi sampul depan EW terbitan 4 Desember. "1 trofi Oscar, 2 waralaba film sukses, dan dia terus berlayar laiknya seorang pelaut. Karena itu kami mencintainya," demikian pengantar singkat mengenai alasan terpilihnya aktris kelahiran Kentucky, AS, 25 tahun silam itu.

Trofi Oscar didapatnya lewat film Silver Linings Playbook (2012). Dua waralaba film The Hunger Games dan X-Men yang telah selesai dilakoninya membuat nama bungsu dari tiga bersaudara ini semakin populer di seluruh dunia.

Terlibat dalam dua proyek besar tersebut sejak berusia 20 hingga lima tahun lamanya disebut Lawrence sebagai sebuah pengalaman gila nan menyenangkan.

"Perasaan setelah selesai terlibat dalam dua film tersebut bahkan melebihi pengalaman ketika lulus dari sekolah. Bayangkan, saya bisa menghabiskan waktu 16 jam setiap hari di lokasi syuting bersama Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, dan Woody Harrelson (para pemain The Hunger Games, red)," ungkapnya saat diwawancara Sara Vilkomerson dari EW.

Sejak pertama kali EW memberikan penghargaan "Entertainer of the Year" pada 1990, baru kali ini Jennifer berhak mengantongi gelar tersebut. Sebelumnya pada 2013, namanya sempat masuk nomine namun dikalahkan aktris Sandra Bullock (51). Tahun lalu, giliran komedian, aktor, dan pembawa acara Jimmy Fallon (41) yang terpilih.

Beberapa figur dari ranah seni hiburan lain yang sempat jadi nomine tahun ini, antara lain Chris Pratt (aktor), Adele (penyanyi), Taraji P. Henson (aktris), Aziz Ansari (komedian), para pemain utama serial Game of Thrones, Nicki Minaj (penyanyi), Amy Schumer (aktris dan komedian), dan John Oliver (pembawa acara).

Di luar pengantar yang telah dituliskan oleh redaksi EW, sosok J-Law memang tak tertahankan sepanjang tahun kambing kayu ini. Dia dinobatkan majalah Forbes sebagai aktris dengan penghasilan terbanyak sepanjang 2015.

Pendapatan pemeran Katniss Everdeen itu dalam setahun terakhir mencapai USD52 juta (sekitar Rp714 miliar sesuai kurs saat daftar dipublikasikan). Jauh mengungguli Scarlett Johansson yang ada di posisi kedua dengan pemasukan USD35,5 juta.

Mengikuti beberapa rekan aktris yang sebelumnya telah menyuarakan gerakan feminisme di Hollywood, mantan kekasih aktor Nicholas Hoult (26) itu ikut bersuara mengenai jomplangnya honorarium yang diterima antara pemain perempuan dan pria dalam sebuah film.

"Banyak yang bilang saya hanya mementingkan uang saat menulis esai tersebut. Ini bukan tentang uang. Saya tidak butuh itu karena sudah punya cukup banyak uang. Apa yang saya tulis itu adalah tentang mentalitas saya sendiri dalam memperjuangkan apa yang seharusnya saya dapatkan. Dan dengan rasa hormat, saya tidak peduli dengan berapa bayaran Anda," tegasnya.

Dalam tulisan yang dimuat oleh layanan nawala Lenny Letter (h/t Variety) tersebut, Lawrence menyalahkan dirinya sendiri karena terlalu cepat menyetujui tawaran honor dari pihak produser film American Hustle (2013).

Saat sejumlah surel petinggi Sony Pictures diretas pada akhir 2014, terungkap fakta bahwa aktris yang akan muncul dalam X-Men: Apocalypse (rilis 27/5/106) itu hanya menerima bagian 7% dari total keuntungan bersih film. Sementara aktor Bradley Cooper, Christian Bale, dan Jeremy Renner yang jadi rekan mainnya mendapat jatah 9%.

Sampul depan majalah EW yang memajang foto Jennifer Lawrence sebagai Entertainer of the Year
Sampul depan majalah EW yang memajang foto Jennifer Lawrence sebagai Entertainer of the Year | Robert Trachtenberg/ew.com
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR