KONSER

John Mayer dan deretan konser musisi asing di Indonesia

John Mayer saat tampil di Ziggo Dome, Amsterdam, Belanda (2/5/2017). Mayer bakal menyapa Mayerhead di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, pada 5 April 2019.
John Mayer saat tampil di Ziggo Dome, Amsterdam, Belanda (2/5/2017). Mayer bakal menyapa Mayerhead di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, pada 5 April 2019. | Ferdy Damman /EPA

Musisi Amerika Serikat, John Mayer, dipastikan bakal menggelar konser perdananya di Indonesia. Pergelaran tersebut akan berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, pada 5 April 2019.

Kepastian itu disampaikan oleh promotor Third Eye Management (TEM) dan Dyandra Mas Entertainment (DMEAsia) pada Kamis (10/1/2019), seperti dikabarkan Kompas.com.

Konser tersebut merupakan bagian dari rangkaian Asia Tour 2019 yang akan dimulai di Singapura (1/4), berlanjut ke Bangkok, Thailand (3/4), Indonesia, Hong Kong (8/4), serta dua penampilan di Tokyo, Jepang (10-11/4).

Asia Tour itu sendiri merupakan bagian dari World Tour 2019 yang, menurut situs resmi sang penyanyi akan dimulai di Auckland, Selandia Baru, pada 23 Maret dan berakhir 31 Agustus di Snowmass Village, Colorado, Amerika Serikat.

Penjualan tiket pertunjukan di ICE akan dimulai pada 25 Januari melalui laman www.johnmayerjakarta.com. Harga tiket belum dipajang pada situs tersebut. Pengakses diminta untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Promotor menyatakan tidak akan ada pre-sale, yang biasanya dilakukan penggelar konser di Indonesia. Harga tiket periode prapenjualan itu selalu lebih murah dibandingkan harga penjualan.

Sebagai perbandingan, harga tiket konsernya di Singapore Indoor Stadium, Singapura, menurut The Straits Times, berkisar antara 108-248 dolar Singapura (Rp1,1 juta-Rp2,6 juta).

John Mayer adalah salah satu musisi solo multitalenta populer dalam hampir dua dekade terakhir. Lahir di Bridgeport, Connecticut, 16 Oktober 1977, namanya menanjak berkat lagu "No Such Thing" dan "Your Body Is A Wonderland" dari album debutnya, Room For Squares (2001).

"Your Body Is A Wonderland" juga memberinya Grammy Award pertama sebagai Best Male Pop Vocal Performance pada 2002. Hingga saat ini ia telah mengumpulkan 7 Grammy, termasuk untuk "Daughter" dari album Heavier Things yang menjadi Song of The Year 2004.

Total telah tujuh album dirilis Mayer, terakhir The Search For Everything pada 2017. Sibuk konser keliling dunia, tahun 2018 berlalu tanpa album baru. Tetapi Mayerhead--sebutan untuk penggemar Mayer--dihibur oleh keluarnya single "New Lights" pada bulan Mei.

Musisi asing berdatangan ke Indonesia

Steve Lukather, gitaris grup band Toto, tampak saat manggung di Roma, Italia (5/7/2015). Toto akan datang ke Jakarta mengisi Java Jazz Festival 2019 pada Maret.
Steve Lukather, gitaris grup band Toto, tampak saat manggung di Roma, Italia (5/7/2015). Toto akan datang ke Jakarta mengisi Java Jazz Festival 2019 pada Maret. | Vincenzo Pagliarulo /EPA

Saat berita ini dirilis, pergelaran John Mayer akan menjadi konser ketiga musisi luar negeri di Indonesia.

Kehadiran musisi mancanegara itu diawali dengan girlband K-Pop yang tengah di puncak popularitas mereka saat ini, Blackpink. Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose akan menghibur para Blink (sebutan untuk penggemar mereka) di ICE, BSD City, pada 20 Januari.

Enam hari setelah konser tersebut, giliran Stray Kids, boyband yang juga asal Korea Selatan, unjuk kemampuan mereka di BSD City.

Setelah John Mayer, musisi AS lain yang akan tampil di Jakarta adalah band rock legendaris Toto. Jeff Porcaro dkk. akan menjadi Special Show dalam pergelaran musik tahunan Java Jazz Festival pada 1-3 Maret di JIExpo, Jakarta. Penyelenggara festival belum mengumumkan pada tanggal berapa Toto akan naik panggung.

Grup band rock asal Irlandia, Kodaline, akan menggelar konser di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 1 Maret. Ini bakal menjadi penampilan ketiga mereka di Indonesia, tetapi jadi konser tunggal perdana. Sebelumnya mereka ikut mengisi La La La Festival 2016 dan We The Fest 2017.

Berikutnya datang penyanyi solo asal Inggris yang konsernya digadang bakal menjadi yang terbesar di Indonesia pada 2019. Dia adalah Ed Sheeran.

Sheeran seharusnya telah manggung di Jakarta pada November 2017, tetapi kecelakaan saat bersepeda membuat konser tersebut dibatalkan. Saat itu ia berjanji akan menebus pembatalan tersebut.

Janji dipenuhi dan, jika tak ada lagi aral melintang, bintang pop itu akan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 3 Mei 2019.

Juga pada Mei, tepatnya tanggal 24, penyanyi dan produser musik asal AS, Ari Stapfrans Leffs, yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Lauv, dijadwalkan menggelar konser di Stadion Tenis Indoor, Senayan, Jakarta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR