FILM

John Wick 3 dan Dilan 1991 menggebrak Youtube

Penampilan Vanesha Prescilla (belakang) dan Iqbaal Ramadhan dalam cuplikan film Dilan 1991.
Penampilan Vanesha Prescilla (belakang) dan Iqbaal Ramadhan dalam cuplikan film Dilan 1991. | Max Pictures

Film Dilan 1991 dan John Wick: Chapter 3 - Parabellum jauh berbeda. Negara pembuatnya saja beda; Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Judul pertama merupakan drama remaja, sementara Parabellum adalah film laga penuh aksi. Meski begitu mereka punya kesamaan.

Film Dilan 1991 dan John Wick: Chapter 3 - Parabellum. sama-sama menggebrak Youtrube. Cuplikan (trailer) perdana dua film itu dirilis ke Youtube pada hari yang sama, Kamis (17/1/2019), dan berhasil menarik minat warganet.

Sampai artikel ini terbit, Jumat (18/1), video keluaran Max Pictures berjudul Official Trailer Dilan 1991 | 28 Februari 2019 di Bioskop sudah ditonton 1,7 juta kali. Sementara, video berjudul John Wick: Chapter 3 - Parabellum (2019 Movie) Official Trailer – Keanu Reeves, Halle Berry yang diunggah Lionsgate Movies sudah dilihat 6,9 juta kali.

Keduanya juga sama-sama mengandung unsur Indonesia. Dilan 1991 sudah jelas merupakan produksi dalam negeri; dari pemain, kru, dan rumah produksinya berasal dari Indonesia. Sementara, Parabellum diramaikan oleh dua aktor laga Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Namun, penampilan dua alumni The Raid 2 (2014) dalam cuplikan Parabellum yang berdurasi dua menit 17 detik itu cukup singkat. Nama mereka juga tak termasuk dalam 13 aktor yang ditampilkan Lionsgate melalui kapsi video tersebut.

Dalam video, wajah Yayan sempat muncul sekilas pada menit pertama detik ke-35. Yayan dan Cecep akan memerankan dua dari belasan para pembunuh profesional yang harus dihadapi oleh John Wick (diperankan Keanu Reeves).

Penampakan Yayan Ruhian dalam cuplikan John Wick: Chapter 3 - Parabellum. Yayan berada di sisi belakang, sebelah kanan tokoh utama John Wick (Keanu Reeves).
Penampakan Yayan Ruhian dalam cuplikan John Wick: Chapter 3 - Parabellum. Yayan berada di sisi belakang, sebelah kanan tokoh utama John Wick (Keanu Reeves). | Lionsgate Movies

Akibat peristiwa dalam John Wick (2014) dan John Wick: Chapter 2 (2017), Wick kini diburu oleh centeng terkejam sedunia yang tergabung dalam perkumpulan algojo internasional bernama High Table. Harga kepala Wick mencapai $14 juta (Rp198,7 miliar).

Parabellum dibintangi juga oleh dua aktris pemenang Oscar, Hale Berry dan Anjelica Huston. Selain itu tampi pula Laurence Fishburne, Asia Kate Dillon, serta jagoan-jagoan laga seperti Mark Dacascos, Tiger Hu Chen, dan Jason Mantzoukas.

John Wick: Chapter 3 - Parabellum (2019 Movie) Official Trailer – Keanu Reeves, Halle Berry /Lionsgate Movies

Jika cuplikan Parabellum dihiasi adegan aksi nan cepat dan ramai darah, video Dilan 1991 jauh lebih santai. Video berdurasi dua menit 18 detik itu diawali adegan Dilan (Iqbaal Ramadhan) membonceng Milea (Vanesha Prescilla) dengan sepeda motor dalam situasi hujan.

Wajah Milea tersenyum, sementara Dilan terlihat tegang. Dalam film ini, kisah sedih mendapat porsi lebih banyak dibanding Dilan 1990 (2018).

“Secara struktur cerita emosinya naik turun, bikin gemas," jelas sutradara Fajar Bustomi ketika ditemui Beritagar.id pada Oktober 2018.

Selain video cuplikan, Max Pictures pun telah merilis sinopsis resmi untuk Dilan 1991.

Dilan dan Milea telah resmi berpacaran. Namun, Dilan terancam dikeluarkan dari sekolah karena sering berkelahi. Meski begitu, ketua geng motor ini tak jera dan justru semakin sering berantem.

Karena sudah berpacaran, Milea merasa berhak melarang Dilan terlibat dalam geng motor. Sampai suatu ketika, Dilan dikeroyok. Ketika ia tahu siapa para pengeroyok, Dilan ingin balas dendam. Milea putus asa, meminta Dilan memilihnya atau geng motor.

Tiba-tiba seorang kerabat jauh Milea bernama Yugo pulang dari Belgia. Mereka jadi kerap menghabiskan waktu bersama. Rupanya Yugo menyukai Milea. Kisah kasih Dilan dan Milea pun terancam.

Official Trailer Dilan 1991 | 28 Februari 2019 di Bioskop /MAX Pictures
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR