BOX OFFICE

John Wick tak berdaya hadapi Aladdin

Bintang utama Aladdin, Will Smith (kiri), berpose dengan sutradara Guy Ritchie (kanan) sebelum pemutaran perdana di Teater El Capitan di Hollywood, California, Amerika Serikat, Selasa (21/5/2019).
Bintang utama Aladdin, Will Smith (kiri), berpose dengan sutradara Guy Ritchie (kanan) sebelum pemutaran perdana di Teater El Capitan di Hollywood, California, Amerika Serikat, Selasa (21/5/2019). | Etienne Laurent /EPA-EFE

Film John Wick: Chapter 3 - Parabellum langsung tak berdaya ketika Aladdin menjalani pemutaran perdana. Aladdin serta merta menggeser Wick dari singgasana box office untuk pemutaran akhir pekan kemarin (24-26 Mei 2019).

Wick sempat memimpin box office dengan menggusur Avengers: Endgame berkat pemutaran perdananya akhir pekan lalu. Namun, umur Wick di puncak klasemen hanya bertahan satu pekan menyusul kehadiran Aladdin.

Box Office Mojo menjelaskan, Aladdin keluaran Disney mengantongi lebih dari $85 juta Amerika Serikat (AS) atau Rp1,2 triliun dari pasar domestik (AS dan Kanada) pada tiga hari akhir pekan kemarin yang bertepatan dengan masa libur nasional Memorial Day.

Sementara dari pasar global pada periode serupa, menurut lansiran Variety, Alladin juga nyaris memimpin seluruh pasar internasional dengan pemasukan $121 juta AS. Sumbangan terbesar datang dari Tiongkok dengan perkiraan $18,7 juta AS.

Disney pun menjelaskan bahwa performa Alladin di Eropa juga mengalahkan catatan dari pemutaran perdana "saudara-saudaranya" seperti Maleficent dan Cinderella --keduanya keluaran 2014. Sementara di Inggris Raya, pemasukan Aladdin sebesar $8,4 juta melewati pencapaian dua debutan Rocketman dan The Secret Life of Pets 2 --keduanya gagal masuk 40 besar box office AS dan Kanada.

Pemasukan Aladdin yang merupakan film live action ini di pasar domestik pun diprediksi akan mencapai $100 juta pada hari keempat pemutaran, Senin (27/5). Dengan begitu, Aladdin akan mengalahkan film terdahulu Disney pada masa liburan Memorial Day, Solo: A Star Wars Story (2018) yang meraih $103 juta dalam tiga hari awal.

Pencapaian Aladdin, film remake dari versi animasi klasik keluaran 1992, agak mengejutkan. Film yang dibesut sutradara Guy Ritchie ini mendapat hantaman kritik dari para analis dan pengamat.

Di laman Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapat tomat meter 58 persen. "Aladdin menceritakan kembali kisah klasik dengan baik, tapi tetap tak mampu mendekati kehebatan film animasi aslinya," tulis situs pengkritik film tersebut.

Angie Han dari Mashable menulis Ritchie dan timnya seperti kehilangan akal untuk memadukan film musikal dengan adegan demi adegan. Padahal film ini lebih panjang 30 menit dibanding versi orisinal.

Beruntung, tulis Han, film ini menampilkan sosok Aladin yang dimainkan oleh Mena Massoud lebih banyak ketimbang sang jin yang diperankan oleh aktor tenar Will Smith.

"Untuk pertama kalinya, Aladdin muncul lebih sering. Tapi film ini secara keseluruhan kurang memuaskan," lanjut Han.

Sementara menurut Jason Guerrasio dari Business Insider, Ritchie berusaha mengambil semangat film aslinya dan berimprovisasi. "Sedihnya, dia hanya membuat karya klasik kelas rendah dengan dana besar. Kita seperti menonton karya Shakespeare di teater lokal," tulisnya.

Secara keseluruhan, pujian justru mengarah kepada penampilan Massoud dan Naomi Scott sebagai Jasmine. Antara lain dari William Bibbiani (The Wrap), Shana O'Neil (Hypable), dan Matt Singer (Screencrush).

Sedangkan soal akting Smith, para kritikus menyebutnya berkualitas meski tak luput dari perbandingan dengan mendiang Robin Williams sebagai pengisi suara jin versi animasi.

"Smith menghadapi tugas yang tak ringan untuk menghidupkan penampilan suara Robin Williams yang ikonik, tapi dia berhasil melakukannya dengan mudah," tulis Frank Scheck dari The Hollywood Reporter.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 24-26 Mei 2019 menurut versi Box Office Mojo.

  1. Aladdin $86,1 juta (pekan perdana).
  2. John Wick: Chapter 3 - Parabellum $24,3 juta (total $100,9 juta - pekan 2).
  3. Avengers: Endgame $16,8 juta ($798,1 juta - pekan 5).
  4. Pokemon Detective Pikachu $13,3 juta ($116 juta - pekan 3).
  5. Brightburn $7,5 juta (pekan perdana).
  6. Booksmart $6,5 juta (pekan perdana).
  7. A Dog's Journey $4 juta ($14,9 juta - pekan 2).
  8. The Hustle $3,8 juta ($29,8 juta - pekan 3).
  9. The Intruder $2,2 juta ($31,9 juta - pekan 4).
  10. Long Shot $1,5 juta ($28,6 juta - pekan 4).
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR