FILM INDONESIA

Kado spesial dari Twitter untuk Gundala dan Twivortiare

Kolase foto poster film Gundala (atas) dan Twivortiare. Tayang di bioskop mulai 29 Agustus 2019
Kolase foto poster film Gundala (atas) dan Twivortiare. Tayang di bioskop mulai 29 Agustus 2019 | MD Pictures dan Screenplay Films

Antusiasme yang membuncah dari warganet menantikan perilisan film Gundala dan Twivotiare ditangkap dengan baik oleh Twitter. Olehnya ada pemberian kado spesial berupa emoji untuk kedua film tersebut.

Secara sederhana, emoji bisa dimaknai sebagai piktograf yang muncul dalam pesan elektronik dan halaman web. Bentuknya bisa berupa ekspresi wajah, gambar mahluk hidup, benda, atau aktivitas, dan lain sebagainya.

Emoji jelas berbeda dengan emoticon yang berupa tulisan tipografi dan hanya spesifik merepresentasikan ekspresi wajah, mulai dari tersenyum, menangis, tertawa, sedih, marah, dan semacamnya.

Ini pertama kalinya ada film Indonesia yang mendapat keistimewaan dari Twitter berupa penyematan emoji. Sebelumnya lebih banyak berlaku untuk film blockbuster asal Hollywood, semisal Avengers: Endgame, Justice League, atau Detective Pikachu.

Dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id (7/9/2019), Carl Cheng selaku Twitter Head of Entertainment Partnerships, Southeast Asia and Greater China mengatakan, hiburan adalah salah satu topik percakapan terbesar di linimasa Twitter di Indonesia.

“Melalui Twitter, masyarakat dapat terlibat dalam percakapan tentang keseruan yang terjadi di industri hiburan Tanah Air,” ujar Cheng.

Dengan adanya peluncuran emoji ini, para penulis naskah dan sutradara dapat berinteraksi dengan penggemar melalui Twitter.

Cara memunculkan emoji untuk film Gundala dan Twivortiare di linimasa pengguna juga sangat mudah.

Pengguna Twitter dapat menggunakan tagar-tagar berikut ini untuk mengaktivasi emoji tersebut:

  • Twivortiare: #Twivortiare, #FilmTwivortiare, #InikahCinta.
  • Gundala: #Gundala, #Guegundala, #Gundalaff, #Gundala29Agustus, #NegaraIniButuhpatriot.

Kebetulan film Gundala --semacam film pahlawan super Indonesia-- dan Twivortiare --adaptasi novel berjudul sama-- akan tayang bersamaan di jaringan bioskop mulai 29 Agustus 2019.

Kado spesial dari Twitter bukan hanya berupa pemberian emoji. Khusus untuk film Gundala, turut diadakan aktivasi spesial yang berlangsung di lapangan.

Saat berlangsung kegiatan Car Free Day (CFD) di Jakarta pada Minggu, 25 Agustus 2019, akan hadir sosok yang mengenakan kostum Gundala. Para pemain lantas mengajak masyarakat yang menghadiri CFD Jakarta untuk berfoto bersama sosok Gundala tersebut.

Ketika mengunggahnya di Twitter, jangan lupa menyertakan tagar #Gundala29Agustus. Nantinya akan dipilih pemenang yang berhak mendapatkan tiket menonton film Gundala.

Bagi penggemar yang ingin menanyakan seputar produksi film Gundala, Twitter menjadwalkan sesi tanya jawab tersebut pada 10 Agustus bersama Cecep Arif Rahman dan Faris Fadjar menggunakan tagar #NegeriIniButuhPatriot.

Sehari sebelum tayang perdana di jaringan bioskop, alias 28 Agustus, giliran Hannah Al Rashid, Marissa Anita, Asmara Abigail, dan Putri Ayudya kebagian tugas menjawab berbagai pertanyaan warganet yang menyertakan tagar #Gundalaff.

“Kami sangat excited untuk meluncurkan emoji pertama untuk film Indonesia, sekaligus memberikan kesempatan bagi para pemeran kedua film ini untuk berinteraksi langsung dengan penggemar mereka melalui serangkaian aktivasi spesial yang hanya akan ada di Twitter,” pungkas Cheng.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR