Kerja sama dengan Young Lex bukan masalah bagi Saykoji

Rapper Saykoji dalam acara press screening The Underdogs di Jakarta, Kamis (10/8/2017).
Rapper Saykoji dalam acara press screening The Underdogs di Jakarta, Kamis (10/8/2017).
© Indra Rosalia /Beritagar.id

Penyanyi Saykoji tidak asing dengan dunia perfilman. Sejauh ini sudah 11 film yang ia bintangi. Film terbarunya adalah The Underdogs, tapi ia cuma tampil singkat alias cameo. Tugas utamanya adalah membuat lagu tema.

Dalam film garapan sutradara Adink Liwutang itu, Saykoji membuat tujuh lagu. Jumlah yang relatif banyak itu dikarenakan tuntutan skenario.

The Underdogs mengisahkan empat anak muda yang tersisihkan dari pergaulan, lalu melihat sosok panutan dalam SOL --tiga anak yang dulunya culun namun menjadi terkenal karena mengunggah musik rap ke YouTube.

Empat anak itu membentuk kelompok The Underdogs yang juga menggunakan rap sebagai daya tarik. Seiring waktu mereka pun dikenal khalayak dan menjadi pesaing SOL.

Tentu saja film ini memerlukan beberapa lagu rap, keahlian utama Saykoji. Inilah yang menyemangatinya bekerja untuk film yang diproduseri dan turut dibintangi Ernest Prakasa itu.

"Ceritanya memang soal membalas lagu dengan lagu. Saya senang mengerjakan ini, sudah lama menunggu film Indonesia yang banyak porsi nge-rapnya," ujar Saykoji kepada Beritagar.id dalam acara press screening The Underdogs, Kamis (10/8/2017).

Proses penggarapan lagu-lagu itu cukup mudah bagi pelantun "So What Gitu Lho" ini. Dalam hard drive miliknya sudah tersimpan ribuan lagu ciptaannya, jadi tinggal dipilih mana yang sekiranya cocok. "Yang susah itu cari jadwal rekamannya. Saat mereka syuting itu sementara masih pakai suara saya."

Setelah syuting kelar, baru Saykoji bisa berembug bersama tujuh aktor --kelompok The Underdogs terdiri dari Jeff Smith, Sheryl Sheinafia, Brandon Salim, dan Babe Cabita, sementara SOL ada Ernest Prakasa, Young Lex, dan Han Yoo Ra. Itupun proses rekaman dilakukan sendiri-sendiri, karena mereka punya jadwal masing-masing.

Ada hal menarik soal kerja sama Saykoji dengan rapper Young Lex. Penyanyi berusia 25 itu kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial, bahkan pernah berseteru dengan rapper senior Iwa K (46). Untuk urusan ini, Saykoji mengaku tak ambil pusing.

Menurut pria berusia 34 ini, secara pribadi Lex itu biasa saja. Sifatnya yang kontroversial hanya sekadar pencitraan persona di media.

"Itu showbiz-nya. Nggak masalah bagi saya. Itu kan untuk dapat atensi. Orang biasanya ramai kalau rapper berkomentar, kayaknya dunia rapper itu penuh cela-celaan. Percaya deh itu bukan hal baru," ungkap Saykoji.

Pria bernama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami menyatakan saling menyindir antara sesama rapper sudah terjadi sejak ia aktif di forum HipHopIndo Kaskus, dekade 2000-an.

"Nggak ada yang baper (bawa perasaan, red.) dan sebaiknya jangan baper, karena rapper itu harus menunjukkan ekspresi kita. Semua pasti pingin menunjukkan kalau dirinya itu yang terbaik."

Menurut Saykoji, justru yang memperkeruh situasi adalah komentar orang lain, baik di dunia nyata maupun di media sosial. Walaupun nantinya mungkin ada perseteruan betulan, pria yang akrab dipanggil Igor ini punya solusinya.

"Ada satu segmen di hiphop yang bukan sekadar entertainment. Namanya rap battle scene," ungkap Saykoji.

Maksudnya, dua orang rapper dipertemukan di atas panggung, dan melakukan adu rap secara bergantian. Sehingga rap yang keluar bersifat spontan dan menunjukkan secara langsung kemampuan hiphop si rapper. Untuk pembaca yang ingin tahu lebih banyak mungkin bisa menonton film 8 Mile (2002) yang dibintangi rapper kondang Eminem.

"Siapa yang bisa mengadu di rap battle scene secara live, itu yang dihormati," tegas Saykoji.

Kalau cuma rekaman yang kemudian diunggah ke Youtube, Igor tak khawatir. "(Kalau cuma rekaman) Anak saya saja bisa saya bikinkan rap, nenek saya juga bisa. Tapi kalau live, bisa battle atau nggak?"

"Biasa kalau ada orang yang bikin lagu menjelek-jelekkan saya, biasanya nggak ada yang mau diajak rap battle. Karena mereka takut reputasinya terluka. Saya tumbuhnya di situ, komunitas rap battle," tutup Saykoji dengan santai.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.