Keterlibatan TNI AD dalam film Jenderal Soedirman

TNI AD di film Jenderal Soedirman
TNI AD di film Jenderal Soedirman | Film Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman jenderal muda yang memiliki rasa cinta tanah air dan integritas yang tinggi. Ia berjuang mempertahankan kemerdekaan dengan cara melakukan perang gerilya walaupun saat itu kondisi sang Jenderal hanya tinggal satu paru-paru yang tersisa.

Di tengah rasa nasionalisme para generasi muda yang dinilai mulai berkurang saat ini, Viva Westi selaku sutradara mencoba mengangkat sosok Soedirman ke film layar lebar. Film perdana yang diproduksi Padma Picture ini juga melibatkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Letnan Jenderal (Purn) Kiki Syanakri, selaku Associate Producer menjelaskan keterlibatan TNI dimulai sejak awal produksi. Mulai dari riset sejarah yang melibatkan Dinas Sejarah TNI AD, pembuatan skenario, hingga mendukung adegan-adegan dan persenjataan yang ada dalam film ini.

"Keterlibatan TNI AD paling besar dalam dukungan personel. Seperti para pemeran yang menjadi tentara KNIL dan TKR banyak dari anggota TNI AD. Kami juga banyak mensuport properti dalam film ini seperti pengadaan senjata-senjata kuno, tank kuno yang hanya tinggal satu yang dapat berjalan, dan bahan peledak" ujar Kiki.

Banyak keterlibatan TNI AD dalam pembuatan film, menjadi sebuah spekulasi kalau film Jenderal Soedirman merupakan film titipan TNI AD. Menanggapi hal tersebut, Viva Westi membantah dan menegaskan kalau sebelumnya ia sudah memiliki ide untuk mengangkat cerita perang gerilya Jenderal Soedirman dan menawarkan ke beberapa rumah produksi. Sayangnya, saat itu banyak rumah produksi yang tidak tertarik.

Kesempatan justru terbuka lebar ketika ia sedang melakukan riset di Markas Besar Angkatan Darat, dan bertemu dengan Letnan Jendral (Purn) Kiki Syanakri yang ternyata juga memiliki keinginan yang sudah lama, untuk memfilmkan sosok Jenderal Soedirman.

Meski banyak keterlibatan TNI dan unsur sejarah, Viva Westi mencoba membawa film yang dibintangi Adipati Dolken, Baim Wong, Ibnu Jamil ini lebih ringan. "Banyaknya efek-efek yang dibuat dalam film seperti bom, pesawat tempur dan efek lainnya agar para anak muda tertarik untuk menonton," kata Viva saat peluncuran film Jenderal Soedirman (24/8/2015).

Catatan redaksi: Beritagar.id adalah media mitra film Jenderal Soedirman.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR