FILM HOLLYWOOD

Kevin Feige siapkan film baru tentang Star Wars

Kevin Fiege saat promosi film Avengers: Endgame di Seoul, Korea Selatan (15/4/2019)
Kevin Fiege saat promosi film Avengers: Endgame di Seoul, Korea Selatan (15/4/2019) | Kim Hee-Chul/EPA

Sosok Kevin Feige selama ini dikenal sebagai dalang dari saga Marvel Cinematic Universe (MCU). Kini ia akan ikut ambil bagian dalam film Star Wars, salah satu waralaba lain yang tak kalah populernya.

Kabar keterlibatan Feige tersebut pertama kali diwartakan The Hollywood Reporter (25/9/2019). Berdasarkan penuturan Alan F. Horn, COO dan Co-Chairman Walt Disney, Feige sudah sepakat akan bekerja sama dengan Kathleen Kennedy, President Lucasfilm, untuk membuat sebuah film dari semesta penceritaan Star Wars.

Pertemuan antara bos besar Marvel Studios itu dengan Kennedy, Horn, dan Alan Bergman yang juga menjabat Co-Chariman Disney terjadi pada akhir musim panas kemarin.

“Menuju akhir perjalanan tentang Skywalker, Kathy sedang mengejar era baru dalam cerita Star Wars. Mengingat Kevin juga penggemar berat waralaba ini, maka mereka berdua sepakat mengerjakan sebuah film Star Wars bersama-sama,” ungkap Horn.

Pernyataan tadi cukup mengejutkan, terutama jika mengingat tahun lalu Bob Iger, Chairman dan CEO Disney, pernah menyiratkan bahwa Feige diserahi tanggung jawab menata ulang waralaba X-Men setelah hak adaptasinya kembali kepada Marvel seturut akuisisi 20th Century Fox oleh Disney.

Langkah ini kemudian menghadirkan beberapa tafsir. Bisa jadi gelagat untuk memberikan peran lebih besar kepada Feige dalam Lucasfilm. Atau mungkin semata bentuk saling membantu sebagai sesama perusahaan yang berinduk kepada Disney mengingat Kennedy tetap menjadi pengambil keputusan dalam setiap proyek berkaitan Star Wars.

Dibandingkan pencapaian Feige dengan MCU-nya yang selalu bergelimang untung, beberapa film di bawah nama besar waralaba Star Wars memang agak “babak belur”, terutama dari segi pendapatan.

Paling terakhir menimpa Solo: A Star Wars Story yang rilis 2018. Film sempalan alias spin-off yang merujuk pada karakter Han Solo itu “hanya” mengantongi pemasukan kotor sebesar AS$213,7 juta dari pasar domestik di Amerika Serikat. Sementara ongkos produksinya mencapai AS$275 juta.

Kehadiran Feige dengan sumbangan ide-ide kreatifnya akan sangat berguna untuk jagat penceritaan Star Wars.

Produser berusia 46 itu kabarnya sudah menunjuk seorang aktor papan untuk sebuah peran spesifik dalam proyek filmnya dengan Star Wars.

Apa nama proyek film yang sedang dikembangkan Feige tersebut masih dirahasiakan pihak Disney. Juga kapan proyek tersebut akan rilis ke pasaran.

Sejauh ini, usai penayangan film Star Wars: The Rise of Skywalker mulai 20 Desember 2019, Lucasfilm akan meluncurkan beberapa proyek untuk layar lebar dan konsumsi layanan pengaliran (streaming) video.

Beberapa proyek yang telah diungkapkan kepada publik, meskipun belum semuanya secara detail, adalah serial tentang tokoh Obi-Wan Kenobi, film Indiana Jones 5, sempalan Star Wars yang terdiri dari trilogi di bawah arahan Rian Johnson, serial tentang tokoh Cassian Andor, dan serial animasi Star Wars: The Clone Wars (tayang Februari 2020).

Kemudian produksi film adaptasi novel berjudul Children of Blood and Bone dengan Rick Famuyiwa sebagai sutradara. Ada lagi pembuatan trilogi film Star Wars lainnya garapan David Benioff dan D.B. Weiss (showrunners serial The Game of Thrones).

Sementara kesibukan Feige terkini tentu saja mengawal perjalanan MCU fase empat yang total akan menyuguhkan lima film bioskop dan lima serial untuk layanan streaming Disney+. Waktu perilisannya bermula 1 Mei 2020 hingga 5 November 2021.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR