ALBUM MUSIK

Kisah Hidup Kunto Aji dalam ''Konon Katanya''

Penyanyi Kunto Aji berpose di Kantor Juni Records, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2017).
Penyanyi Kunto Aji berpose di Kantor Juni Records, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2017). | Deborah Christianty /Beritagar.id

Setelah sukses dengan album pertama berjudul Generasi Y, termasuk melahirkan lagu hits "Terlalu Lama Sendiri", "Akhir Bulan", "Ekspektasi", dan "Mercusuar", Kunto Aji akan mengeluarkan album kedua pada 2018.

Namun sebelum album meluncur, Kunto mengawalinya dengan single baru berjudul "Konon Katanya". Tembang ini, serta seluruh lagu pada album kedua nanti, diciptakan langsung oleh penyanyi berambut ikal ini.

"Konon Katanya" cukup istimewa karena menceritakan kehidupan pribadi. Lagu ini pun sudah dirlis sejak 23 November lalu.

"Konon Katanya tentang kehidupan. Sebenarnya saya tidak ingin menuliskan sesuatu yang terlalu erat ya tapi ini simple sih tentang kehidupan dan pilihan. Apakah kita sudah benar-benar memilih apa yang sudah kita jalani," ujar solois kelahiran Yogyakarta ini di kantor Juni Records, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2017).

Lagu itu dan seluruh materi pada album keduanya nanti juga memiliki tema. Kunto menghadirkan sentuhan gitar elektrik meski lagu yang dibawakan tetap bergenre pop. Kendati begitu tetap ada yang berbeda dengan album pertamanya.

Lantaran berbeda dengan album pertama, pengerjaan album kedua pun cukup lama. Namun Kunto juga tak mau membuat jarak antaralbumnya begitu jauh.

"Cukup lama karena saya butuh berpikir lebih panjang untuk gimana caranya ini tidak merusak apa yang sudah saya bangun pada album pertama. Tetap in line dari album pertama ke album kedua," kata Kunto tanpa menjelaskan durasi persisnya.

Selain instrumen dan genre pop, album kedua juga akan lebih hidup dan energik. Alasannya, Kunto ingin bisa lebih meriah saat seluruh lagunya dinyanyikan secara live.

"Yang jelas pada album kedua saya ingin menyampaikan sesuatu yang belum bisa disampaikan pada album pertama. Dibantu dengan musik yang berbeda, eksplorasi musiknya akan sangat membantu saya cara bercerita," tambahnya.

Juni Records digandeng Kunto untuk merilis album keduanya. Label yang sama menaungi Raisa, Barasuara, dan Dengarkan Dia (Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion).

Kunto mengaku didukung Juni Records untuk menggunakan ranah digital untuk penyebaran lagu dan albumnya. Adryanto Pratono, Direktur Juni Records, menilai keinginan Kunto adalah tuntutan zaman.

"Kami di Juni Records selalu berusaha untuk bersikap mengedepankan keinginan dan ekspektasi sang artis. Dari situ, selanjutnya akan kami olah dengan cara tersendiri, sehingga bisa mencapai hasil yang menggembirakan bagi semua pihak terkait.

"Kami setuju dengan pilihan Kunto Aji untuk melangkah lebih jauh di ranah digital. Karena menurut kami, sekarang memang sudah masa streaming economy era, ranah digital tidak bisa lagi dipandang sebelah mata," ujar Adryanto.

Sedangkan Anugerah "Uga" Swastadi ditunjuk Kuntor sebagai produser album keduanya. Uga yang jebolan Berklee School of Music, AS, ini belakangan cukup aktif membantu album sejumlah artis dan musisi.

Antara lain, Uga pernah membantu pembuatan album Teddy Adhitya (h/t Rolling Stone) dan trio Dekat --sempalan Tangga (h/t Kompas.com). Mengajak Uga, lanjut Kunto, adalah demi penyegaran musik dan mencoba hal baru demi beragam inspirasi.

"Semoga setelah mendengar 'Konon Katanya', orang-orang akan menganggap musik saya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya. Karena saya memang punya banyak kejutan pada album kedua nantu," tegasnya.

Video klip beserta single "Konon Katanya" sudah bisa dinikmati melalui kanal YouTube.com Kunto Aji. Sementara liriknya mulai dirilis hari ini (27/11). Melalui kanal itu pula Kunto secara rutin menceritakan perjalanan album kedua, bahkan salah satu video jurnal sudah dirilis pada 10 November silam.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR