MUSIK INDONESIA

Konser tiga komposer perempuan jadi bukti cinta Erwin Gutawa

Ilustrasi konser musik
Ilustrasi konser musik | bogdanhoda /Shutterstock

Erwin Gutawa akan menggelar konser Salute to 3 Female Songwriters pada 9 Februari 2019. Acara ini dilaksanakan sebagai upayanya untuk mengapresiasi tiga musisi perempuan yang berpengaruh pada industri musik dalam negeri.

Selain itu, diselenggarakannya acara ini pun diharapkan dapat memberikan semangat bagi para musisi tanah air untuk terus bersaing.

Adapun tiga musisi perempuan yang dijadikan panutan dalam konser itu ialah: Dewi Lestari, Melly Goeslaw, dan Dewiq.

Alasannya, ketiga nama tersebut telah berhasil menghadirkan karya yang patut untuk diacungi jempol. Tak hanya dari musik, tapi juga bidang seni lainnya.

"Ini bukan pertama kali bagi saya bikin Konser Salute. Kali ini dengan tim kreatif, kita temukan tiga orang wanita hebat, tiga pencipta lagu hebat, dan punya persamaan banyak. Mereka, tiga orang ini mengawali karier di era sama," jelas Erwin, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (8/1).

Ini memang akan jadi konser ketiga Erwin setelah sukses dengan Salute to Koes Plus (2005) dan Salute to Guruh Soekarno Putra (2014). Premis yang ditawarkan pun cukup menjanjikan.

Dalam konser yang akan digelar di ICE BSD City, Tangerang, Banten, itu akan tersaji tata panggung dan suara orkestra yang berkualitas.

Tak hanya itu, gelaran yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land ini juga akan dimeriahkan oleh musisi-musisi dan penampil ternama Tanah Air seperti Afgan, Armand Maulana, Once Mekel, Sandhy Sondoro, Harvey Malaihollo, Rendy Pandugo, Lib3ro, Vidi Aldiano, hingga Reza Rahadian.

Erwin mengatakan, konser ini mampu membuat para penontonnya bernostalgia, terutama dengan lagu-lagu cinta yang hits di era 2000-an.

Dewi Lestari yang turut diapresiasi dalam konser pun mengaku merasa tersanjung. Apalagi, banyak musisi perempuan lainnya yang juga berprestasi di Indonesia.

"Saya bahkan punya sejarah juga sama Mas Erwin, saya pernah jadi backing vocal di konser Chrisye yang diadakan oleh Mas Erwin. Jadi rasanya sekarang kayak wow, sekarang Mas Erwin bikin konser, membawakan lagu-lagu ciptaan saya. Itu bagi seorang kreator itu menjadi sebuah penghormatan," kata Dewi kepada Kompas.com, Selasa (8/1).

Perempuan yang akrab disapa Dee ini menyatakan ada ciri khas dalam karya-karyanya, yang membuat kreasinya berbeda dari penulis lagu lain.

"Kalau saya boleh menilai karya saya sendiri, saya merasa punya suatu ciri khas. Ciri khas saya adalah perhatian saya terhadap kata-kata sih," kata Dewi dalam Kompas.com (8/1).

Dalam menggarap proyek musik ini, Erwin juga bekerja sama dengan anak semata wayangnya, Gita Gutawa. Di sana, Gita, yang menjabat sebagai produser kreatif, akan mengemban tugas untuk meramu konsep pementasan.

Berbeda dengan sang ayah, ini merupakan konser pertama yang ditangani oleh perempuan berusia 25 tahun itu. Pengalaman menantang ini pun diakuinya dapat dijadikan momen untuk belajar dan bereksplorasi.

Jika ingin menikmati kreasi para musisi tersebut, tiket mulai dijual pada 9 Januari. Tiket yang ditawarkan dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi, seperti kelas Bronze yang memiliki Rp650 ribu, Silver Rp950 ribu, Gold Rp1,5 juta, Platinum Rp2 juta, dan Titanium Rp2,5 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR