MUSIK INDONESIA

Konser tunggal perdana untuk Marcell Siahaan

Marcell Siahaan (kanan) dalam jumpa pers konser tunggal "Marcell Tujuh Belas" di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan (31/7/2019)
Marcell Siahaan (kanan) dalam jumpa pers konser tunggal "Marcell Tujuh Belas" di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan (31/7/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Nama Marcell Siahaan dikenal luas sejak menjadi rekan duet Shanty dalam lagu “Hanya Memuji” pada 2002.

Kini tepat 17 tahun sudah solis berkepala plontos ini meramaikan industri musik pop Indonesia. Sebagai bentuk perayaan, akan diselenggarakan konser tunggal bertajuk “Marcell Tujuh Belas”.

Dalam jumpa pers yang berlangsung di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan (31/7/2019), Seno M. Hardjo, eksekutif produser Betiga Satu Rasa, promotor yang ikut menyelenggarakan konser tunggal ini, mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk menolak ajakan mendukung konser tunggal Marcell.

“Bagi seorang penyanyi, menggelar konser tunggal merupakan salah satu pencapaian. Marcell punya rekam jejak luar biasa. Sudah menghasilkan tujuh album dan belasan hits. Itu semua tidak gampang lho,” tambah Seno yang juga terkenal sebagai produser musik.

Dalam industri musik yang berputar sangat cepat, talenta bisa datang dan pergi dengan mudahnya. Hanya segelintir yang akhirnya sanggup bertahan di tengah persaingan.

Berkat kerja keras dan terus menyajikan sesuatu yang baru, Marcell menjadi salah satu yang mampu bertahan hingga usia karier mencapai 17 tahun.

Menanggapi pertanyaan soal apa resep bisa awet berkarier, Marcell hanya menjawab bahwa terpenting adalah menjaga semangat tetap menyala.

“Menghasilkan satu lagu hit saja luar biasa susah. Sementara Marcell punya banyak sekali hits. Bikin satu album saja butuh proses gila-gilaan. Terkadang sampai harus berantem dengan komposer atau produser. Marcell membuktikan bisa melewati itu semua,” ujar Seno.

Ganjar Tribowo dari Empire Live, mitra kolaborasi Betiga Satu Rasa dan Millionaires Entertainment dalam ajang ini, mengaku sudah berencana menggelar konser tunggal untuk Marcell sejak 2017.

Keinginan tersebut muncul setelah melihat animo penggemar musik menyaksikan saat Marcell menggelar konser tunggal bertajuk “Once In A Lifetime” di Kuala Lumpur dan intimate showcase yang diadakan di Motion Blue, Fairmont Hotel, Jakarta.

“Sempat juga kami bikin riset untuk memetakan siapa saja penggemar setia Marcell di Jakarta. Ternyata pangsa pasarnya lintas generasi. Soalnya penggemar dia bukan cuma yang seumuran, tapi yang usianya jauh di bawah,” kata Ganjar.

Hal itu terlihat dari banyak permintaan tampil dalam berbagai pentas seni (pensi) yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama.

“Dan mereka, para siswa-siswi sekolah itu hapal lagu-lagunya Marcell. Semakin mantap pula niat kami ingin menggelar konser untuk Marcell dengan skala yang lebih besar. Setelah mencari-cari, kami akhirnya memilih Betiga Satu Rasa,” pungkas Ganjar.

Betiga Satu Rasa sebelumnya mempromotori konser bertajuk “Eros-Chrisye-Yockie: Tembang Persada Sang Tritunggal”, pada Februari 2019 di Jakarta Concert Hall iNews Tower. Dalam konser tersebut, hadir pula Marcell yang membawakan beberapa lagu, bahkan sambil bermain drum.

Konser tunggal Marcell yang pertama di Indonesia ini dijadwalkan berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada 18 Oktober 2019.

Ada lima kategori tiket yang dijual, yaitu kelas tribun (seharga Rp350 ribu), bronze (Rp500 ribu), silver (Rp850 ribu), gold Rp1 juta), dan kelas platinum (Rp1,5 juta). Fase presale sudah resmi dijual mulai hari ini di tiket.com.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR