Krisdayanti perkuat Ayat-Ayat Cinta 2

Penampilan Krisdayanti dalam video musik "Ayat-Ayat Cinta 2".
Penampilan Krisdayanti dalam video musik "Ayat-Ayat Cinta 2". | MD Music Indonesia

MD Pictures rupanya menaruh harapan teramat besar pada film Ayat-Ayat Cinta 2 (AAC 2). Untuk mengisi soundtrack saja mereka menghadirkan beberapa penyanyi papan atas di Indonesia. Secara keseluruhan lagu tema AAC 2 digarap oleh Melly Goeslaw dengan menggandeng beberapa penyanyi.

Salah satunya adalah Krisdayanti (42 tahun) untuk menyanyikan lagu "Ayat-Ayat Cinta 2". Video musiknya sudah dirilis MD melalui YouTube pada Selasa (10/10/2017).

Istri pengusaha Raul Lemos itu merasa senang bisa terpilih mengisi album AAC 2, setelah sebelumnya menggarap lagu tema Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2017) bersama Melly. Untuk itu, Krisdayanti berusaha menghayati 100 persen kisah filmnya.

"Kalau isi soundtrack, saya ngebayangin pemain-pemainnya. Ngebayangin karakter-karakternya, terus kesedihannya," ujar wanita yang kerap disapa KD ini kepada Bintang.com (10/10/2017).

Salah satunya karakter yang ia "tangkap" adalah Sabina, yang akan diperankan oleh Dewi Sandra. "Saya baru diceritakan secuplik, cerita dia kecelakaan harus pakai cadar tapi harus melayani suami. Kepedihan seperti itu saya terjemahkan menjadi ekspresi di lagu," jelasnya.

Dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karangan Habiburrahman El-Shirazy, Sabina adalah wanita bercadar nan misterius yang berprofesi sebagai pengemis.

Selain Sabina, KD juga menghayati sosok Fahri (Fedi Nuril). Kini ia jadi dosen dan sendirian. Aisha (Rianti Cartwright) yang ia nikahi di film pertama menghilang saat meliput di daerah konflik. Hal ini tertuang dalam lirik lagu yang ia nyanyikan.

"Isi liriknya menjaga hati untuk orang tercinta sampai nanti dan harus terpisah. Menahan rindu yang sangat terlalu dari hari ke hari. Terus harus menerima sakit yang dipendam sendiri rasa rindunya. Dan dia minta maaf sama Tuhan karena nggak bisa melupakan kenangan dan bayangan orang yang dicintainya ini," tutur Krisdayanti kepada Detik.com (10/10).

Sebelum tarik suara untuk lagu itu, pemenang kompetisi Asia Bagus 1992 ini sempat meminta izin pada penyanyi Rossa. Sang biduan yang lebih muda tiga tahun dari KD itu kembali mengisi AAC, setelah suara emasnya hadir dalam lagu tema film pertama.

"Iya sih, Mimi (panggilan akrab KD, red.) ngomong sama aku, 'Aku mau nyanyi Ayat-ayat Cinta.' Terus aku bilang 'Loh kok izin sih, Mi. Nggak apa-apa.' Aku bilang bagus banget. Tadinya Mimi ada satu kekhawatiran lagunya lagu aku. Aku bilang nggak apa-apa karena bisa jadi lagu siapa aja," ungkap Rossa.

Masih sangat mungkin deretan penyanyi top penghias soundtrack AAC 2 kembali bertambah. Selain Rossa, di film pertama ada Sherina dan kelompok band Ungu. Bisa saja Dewi Sandra--yang aslinya memang penyanyi--juga turut ambil suara.

Sebagai proyek jagoan MD Pictures, wajar jika Ayat-Ayat Cinta 2 jor-joran termasuk dari segi lagu tema. Pada 2008, film perdananya mampu meraih 3,6 juta penonton, menjadikannya film terlaris di Indonesia sepanjang masa, meski selang beberapa bulan kemudian gelar itu direbut Laskar Pelangi.

Manoj Punjabi sebagai produser tak mau mengungkap total ongkos produksi AAC 2, tapi pastinya di atas Rp15 miliar. Selain Jakarta, syuting berlangsung di banyak tempat di luar negeri yakni Edinburgh (Skotlandia), London (Inggris), dan Budapest (Hungaria). Pengambilan gambar di Eropa itu berlangsung selama 25 hari, bulan lalu.

Dalam AAC 2 dikisahkan Fahri (Fedi Nuril) yang kehilangan istrinya Aisha berusaha menghilangkan rasa sedihnya dengan menyibukkan diri sebagai dosen dan pengusaha, sekaligus berusaha memperbaiki citra Islam di Inggris.

Di tengah kesendirian, tiga perempuan tiba-tiba masuk dalam kehidupannya. Ada Keira (Chelsea Islan), tetangga Fahri yang jago biola dan tak suka pada umat Muslim karena ayahnya tewas akibat insiden teror di London pada 2005. Lalu Hulya (Tatjana Saphira), mahasiswi pasca-sarjana yang juga sepupu Aisha dan juga berdarah Turki-Jerman.

Yang terakhir, Sabina (Dewi Sandra), wanita misterius bercadar yang berprofesi sebagai pengemis, menambah buruk nama umat Muslim di kota tempat Fahri tinggal.

Hubungan Fahri dengan ketiga perempuan itu menjadi inti cerita film yang digarap oleh Guntur Soeharjanto ini.

Ayat-Ayat Cinta 2 akan tayang pada Desember tahun ini.

Krisdayanti - Ayat Ayat Cinta 2 (Official Music Video) | Soundtrack Ayat Ayat Cinta 2 /MD Music Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR