Kung Fu Panda 3 masih sulit ditandingi film lain

Keluarga besar Po dalam film Kung Fu Panda 3
Keluarga besar Po dalam film Kung Fu Panda 3 | DreamWorks Animation/foxmovies.com

Film animasi tiga dimensi Kung Fu Panda 3 melanjutkan dominasinya di puncak tangga box office Amerika Serikat. Selama penayangan akhir pekan lalu (5-7/2/2016), film ini mendapat USD21 juta atau setara Rp287 miliar. Raihan itu belum bisa ditandingi tiga film pendatang baru lainnya yang merangsek masuk dalam jajaran 10 besar.

Merujuk pendapatan pekan sebelumnya yang mencapai USD41 juta di mana saat itu mereka juga jadi pemuncak, terjadi penurunan sekitar 49 persen. Secara keseluruhan menurut catatan Box Office Mojo, seluruh pendapatan industri film pada akhir pekan ini menurun sebanyak 40,3 persen dibanding pekan yang sama tahun lalu.

Penyebabnya, menurut Paul Dergarabedian (analis media pelacakan film Rentrak), karena masyarakat lebih tertarik menghabiskan waktu di rumah menyaksikan ajang Super Bowl ke-50 yang juga menghadirkan Coldplay, Beyonce Knowles, dan Bruno Mars. Alih-alih harus berangkat ke bioskop.

"Saingan terbesar film-film ini pada akhir pekan adalah Super Bowl. Mereka yang masih ingin menonton kebanyakan ke bioskop pada hari Jumat dan Sabtu. Sebab keesokan harinya mereka akan menyaksikan pertandingan Super Bowl," ujarnya dilansir USA Today.

Total pendapatan Kung Fu Panda 3 di pasar domestik AS telah menyentuh angka USD69 juta. Jika ditambahkan dengan hasil penayangan di mancanegara, maka terkumpul USD198 juta. Tiongkok adalah negara penyumbang pendapatan terbesar (USD57,4 juta), disusul Korea Selatan (USD10,4 juta) dan Rusia (USD4,7 juta).

Nasib berbeda dialami film Hail, Caesar! arahan Coen Bersaudara, Joel dan Ethan. Mengumpulkan USD11,4 juta pada pemutaran pekan perdananya, film yang dibintangi Josh Brolin, George Clooney, Ralph Fiennes, dan Scarlett Johansson itu adalah pencapaian paling rendah dari semua film arahan Coen Bersaudara sepanjang kariernya.

Intolerable Cruelty yang dirilis 2003 sebelumnya merupakan film dengan debut akhir pekan paling mengecewakan bagi keduanya karena "hanya" mendapat USD12,5 juta. "Coen Bersaudara sebenarnya adalah sebuah merek dengan penggemar yang solid. Namun, secara kolektif film-film mereka tidak pernah masif dari segi pendapatan. Efek dari tipikal film bertabur bintang macam ini biasanya bersifat jangka panjang," tambah Dergarabedian.

Dua film pendatang baru berikutnya, The Choice dan Pride and Prejudice and Zombies, beriringan di anak tangga kelima dan keenam. Mereka belum mampu menggoyakan posisi Star Wars: The Force Awakens dan The Revenant yang ada di atasnya.

Berikut daftar film Hollywood terlaris periode 5-7 Februari 2016 menurut situs Box Office:

1. Kung Fu Panda 3 USD21 juta (total USD69 juta - pekan 2)

2. Hail, Caesar! USD11,4 juta (pekan 1)

3. The Revenant USD7 juta (USD149,7 juta - pekan 7)

4. Star Wars: The Force Awakens USD6,8 juta (USD905,9 juta - pekan 8)

5. The Choice USD6 juta (pekan 1)

6. Pride and Prejudice and Zombies USD5,2 juta (pekan 1)

7. The Finest Hours USD4,7 juta (USD18,3 juta - pekan 2)

8. Ride Along 2 USD4,5 juta (USD77,2 juta - pekan 4)

9. The Boy USD4,09 juta (USD26,8 juta - pekan 3)

10. Dirty Grandpa USD4,05 juta (USD29,3 juta - pekan 3)

BACA JUGA