MITIGASI BENCANA

Lagu-lagu anak bersiaga bencana

| Handini Atmodiwiryo /Shutterstock.com

Gunung berapi mengandung magma
Bubur tanah yang menyala
Bila Bumi batuk, magma tumpah semua
Membakar yang dilewatinya
Maka waspada, mengungsi segera


Lagu anak "Gunung Berapi" tertayang di YouTube tahun lalu. Penggubahnya adalah Djito Kasilo, seorang pekerja periklanan di Jakarta, yang sejak 2011 menggerakkan kepedulian terhadap lagu anak melalui komunitas Mari Nyanyi.

Lagu Anak - Gunung Berapi /Mari Nyanyi

Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan lalu menyadarkan orang bahwa persoalan bencana bukan cuma menolong korban, memulihkan kehidupan sosial ekonomi, hingga mengawal kesehatan mental anak-anak.

Mitigasi, sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana alam, juga menyangkut penyiapan masyarakat. Kampanye untuk anak-anak, melalui cerita dan lagu, juga layak ditempuh.

Sebelum Djito mengunggah "Gunung Berapi", Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI) pada 2008 mengampanyekan Siaga Bencana dengan menggandeng pemusik.

Pemusik yang terlibat antara lain Naif, Samsons, Netral, White Shoes and The Couples Company, Mocca, Efek Rumah Kaca, Navicula, Fanky Sahilatua, The Upstairs, dan St. Loco.

LIPI merogoh Rp50 juta untuk memproduksi 5.000 keping CD lalu dibagikan gratis. Menurut Franki Indrasmoro Sumbodo, drummer Naif, para artis tak dibayar.

Franki mengatakan, "Sebetulnya Naif itu dari dulu termasuk yang peduli terhadap alam. Sayangnya, Naif identik dengan lucu, sehingga pesannya jadi tertutup." (Berita LIPI h/t Tempo.co, 2/4/2008).

Lagu lain untuk anak seputar bencana juga ada di Soundcloud. Misalnya yang diunggahkan akun Peduli Musik Anak. Ada lagu "Tsunami", "Tanah Longsor", dan "Jika Banjir Datang".

Jika banjir datang, selamatkan diri
Jika banjir datang, segera ambil pelampung
Jika banjir datang, bawa lari celengan
Jika banjir datang, naik ke dataran tinggi
Ayo ... ayo ... ayo, kita lari !!


Lagu "Jika Banjir Datang" dan lainnya adalah hasil lokaraya “Peran Guru dan Orang Tua untuk Kepedulian dan Kesiagaan Anak terhadap Bencana” untuk guru KB/TK/PAUD, di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, 15 Desember 2016.

Selain dari Peduli Musik Anak ada pula unggahan lagu di media sosial dari Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center; MDMC). Lagu tersebut terpaket bersama film Anak Siaga Bencana.

Lagu Anak Siaga Bencana /arif nurkholis
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR