FILM INDONESIA

Ledakan dan adegan berkelahi warnai film Hit & Run

Sebuah adegan dalam film Hit & Run
Sebuah adegan dalam film Hit & Run | Screenplay Films, Legacy Pictures

Sebuah truk besar memasuki daerah perkampungan kumuh di Jakarta. Di sisi kiri truk, Joe Taslim sedang berkelahi dengan beberapa penjahat. Duar! Pistol pun meletus. Tembakan yang meleset ke dalam tangki membuat truk tersebut meledak.

Tentu saja adegan tersebut bukan sungguhan, melainkan sebuah sequence aksi dari film Hit & Run yang tayang sejak libur Lebaran pekan lalu (4/6/2019).

Film garapan sutradara Ody C. Harahap itu bergenre aksi dengan bumbu komedi. Banyak adegan yang mampu membuat penonton menahan nafas karena tegang, termasuk adegan kejar-kejaran dengan truk yang dijabarkan di atas.

Untuk adegan truk meledak, pembuat film Hit & Run sampai harus membangun sebuah perkampungan dari nol. Letaknya di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Daerah itu termasuk ramai penduduk, dengan berbagai gedung perkantoran di sekitarnya.

“Kami meledakkan di situ, kami membangun di situ. Jadi, kami bangun rumah yang memang kami niat hancurkan untuk adegan itu,” ujar Ody dalam acara penayangan perdana Hit & Run untuk kalangan pers di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/6/2019).

Tentu saja lingkungan sekitar harus diberitahu soal ledakan. “Izin rusuh atau keramaian diperlukan karena dekat dengan perumahan penduduk. Efek itu juga di-handle sama yang sudah berpengalaman jadi mereka tahu step itu dan izinnya,” jelas Ody.

Selain adegan seru yang melibatkan ledakan dan kejar-kejaran mobil, film Hit & Run juga diisi dengan banyak sekali adegan perkelahian dengan menggunakan tangan kosong. Tentu ini merupakan hal wajib, mengingat film bikinan rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini merupakan film aksi komedi.

Menurut penata skrip Upi, tadinya Hit & Run direncanakan sebagai film aksi yang serius. “Tadinya Joe (Taslim, red.) mau dikasih peran serius, tapi dia diminta untuk keluar dari zona nyaman,” ujar Upi.

Kelucuan dihadirkan oleh pemeran pendukung Joe seperti Chandra Liow, Tatjana Saphira, dan Jefri Nichol. Selain itu, pemain lain melibatkan para atlet profesional, seperti mantan pejudo nasional Peter Taslim, atlet jujitsu Simone Julia, dan atlet wushu David Hendrawan.

Ketiganya memerankan anak buah penjahat utama dalam film ini, yaitu Coki, diperankan oleh maestro silat Yayan Ruhian. Aktor The Raid (2011) dan John Wick 3 (2019) ini juga menjadi pengarah laga dalam Hit & Run.

“Yayan yang desain rangka awalnya dan itu juga dipresentasikan ke saya, kami diskusi,” jelas Ody. Mereka berniat untuk melibatkan barisan atlet yang menghuni daftar pemain film ini sebagai masukan untuk adegan berkelahi.

“Biar karakter si penjahat ini punya ciri khas sendiri dalam fighting, enggak cuma jedag-jedug yang kesannya sama. Setiap koreografi punya warnanya sendiri,” lanjut lelaki bernama lengkap Ody Chandra Harahap itu.

Joe Taslim, yang pernah meraih medali perak cabang judo dalam SEA Games 2007, juga dilibatkan. “Ada input dari Joe untuk fighting, kami bikin video board, koreksi, edit lagi, sampai fix jadi acuan untuk syuting,” jelas Ody.

Keterlibatan pemain diperlukan untuk mengatasi kesulitan dalam koreografi adegan berkelahi. Sebab, persiapannya juga mepet, hanya dua bulan saja. “Kami paksakan, intensif pagi sore setiap hari, berbagi dengan workshop dan reading.”

Dalam film Hit & Run, Joe Taslim memerankan Tegar Saputra, polisi selebriti yang kemana-mana selalu diikuti kamera karena memiliki acara reality show-nya sendiri.

Tegar ditugaskan untuk menangkap Coki (Yayan Ruhian), seorang gembong narkoba yang baru kabur dari penjara. Kali ini Tegar dipaksa untuk dipasangkan dengan Lio (Chandra Liow), seorang tukang tipu.

Tegar yang terbiasa beraksi sendirian kini harus berusaha menyelesaikan misinya bersama Lio yang justru membuat susah. Aksi Tegar dan Lio mencari Coki ditemani penyanyi Meisa (Tatjana Saphira) dan bocah ABG Jefri (Jefri Nichol).

HIT & RUN - Official Trailer (4 Juni 2019) /Tim2one - ChandraLiow
Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media film Hit & Run.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR