PIALA OSCAR

Leonardo DiCaprio dan Spotlight berpeluang menang di Oscar 2016

Leonardo DiCaprio untuk pertama kalinya menang di SAG Awards
Leonardo DiCaprio untuk pertama kalinya menang di SAG Awards | Paul Buck /EPA

Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-22 telah berlangsung di Shrine Auditorium, Los Angeles, AS, Minggu (31/1/2016) WIB. Dari 16 kategori (6 film, 9 televisi, dan 1 penghargaan khusus) yang ditersedia, Leonardo DiCaprio membawa pulang trofi sebagai aktor pemeran utama terbaik. Sementara Spotlight berjaya di kategori penampilan gemilang sekumpulan pemain dalam sebuah film.

Menyusul kemenangan ini, bolehlah keduanya -juga pemenang lain- memupuk asa akan mereguk kesuksesan serupa dalam Academy Awards alias Piala Oscar (28/2). Pasalnya, sejak SAG Awards pertama kali dihelat pada 1995, ajang yang penentuan pemenangnya dilakukan oleh sekitar 2100 aktor di negeri Paman Sam itu telah jadi semacam indikator keberhasilan di ajang Oscar.

Tengoklah misalnya daftar pemenang SAG Awards 2015. Mulai dari film Birdman, Eddie Redmayne (aktor utama), Julianne Moore (aktris utama), JK Simmons (aktor pendukung), dan Patricia Arquette (aktris pendukung) juga membawa pulang trofi di kategori serupa ketika Piala Oscar berlangsung sebulan kemudian.

Khusus di kategori akting, peluang merasai kesukesan ganda terbuka lebar. Pasalnya, para juri di SAG Awards sebagian besar juga bergabung dalam Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS, penyelenggara Oscar) sehingga sangat jarang hasilnya berubah.

Sekadar pengingat, kecuali film terbaik, para pemenang tiap kategori dalam ajang Oscar dipilih oleh kompartemen masing-masing. Kategori akting dipilih oleh para aktor dan aktris, pemenang sutradara terbaik ditentukan sineas, begitu seterusnya.

Berbekal kemenangan perdananya di SAG Awards, kans DiCaprio meraih trofi Oscar sangat besar setelah selalu tersisih selama empat kali jadi nomine. Persis seperti harapan aktris Kate Winslet. Terlebih aktor berusia 41 itu juga membawa pulang trofi aktor terbaik dalam ajang bergengsi lainnya, Critics' Choice Awards dan Golden Globe Awards.

"Saya akan sangat terkejut jika Leo tidak berhasil membawa pulang trofi aktor utama terbaik Oscar lewat perannya dalam film The Revenant. Semua orang menginginkannya menang dan itu akan sangat mengagumkan," ujar Winslet, rekan main DiCaprio dalam film Titanic (1997) dan Revolutionary Road (2008).

Dilansir Los Angeles Times, hanya ada beberapa hasil yang tidak akur antara pemenang Academy Awards dan Screen Actors Guild Award dalam 10 tahun terakhir. Tommy Lee Jones dan Christoph Waltz misalnya. Jones menang di SAG Awards 2012, namun di ajang Oscar harus mengalah kepada Waltz.

Masih dari sumber yang sama, para pemenang "Best Picture" Oscar dalam 17 tahun terakhir, 10 di antaranya didahului dengan memboyong gelar "Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture" di SAG Awards, yaitu Shakespeare in Love (1999), American Beauty (2000), Chicago (2001), The Lord of the Rings: The Return of the King (2004), Crash (2006), No Country for Old Men (2008), Slumdog Millionaire (2009), The King's Speech (2011), Argo (2013), dan terakhir Birdman (2015).

Khusus untuk tahun ini, pengecualian tampaknya harus diberikan kepada Idris Elba (43). Pemenang gelar aktor pendukung terbaik itu tak masuk dalam nomine Oscar. Lantaran film Beasts of No Nation yang menghantarnya menang tidak tayang di bioskop (syarat agar masuk penilaian Oscar), melainkan hanya melalui layanan pengaliran film Netflix.

Dalam pidato kemenangannya, Elba (juga menang gelar aktor utama film televisi/mini seri) sedikit menyinggung kakunya para juri Oscar karena hanya menilai film yang tayang di bioskop. "Tuan dan puan sekalian, selamat datang di era keberagaman televisi," ujarnya dari atas podium dikutip Hollywood Reporter.

Pemenang lain SAG Awards 2016 di kategori film adalah Brie Larson (aktris utama), Alicia Vikander (aktris pendukung), dan Mad Max: Fury Road (Outstanding Action Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture).

Leonardo DiCaprio I SAG Awards Acceptance Speech 2016 I TNT /TNT
Spotlight Cast I SAG Awards Acceptance Speeches 2016 I TNT /TNT
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR