FILM INDONESIA

Level horor Perempuan Tanah Jahanam melebihi Pengabdi Setan

Joko Anwar bersama para pemain saat peluncuran poster film Perempuan Tanah Jahanam di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (16/9/2019)
Joko Anwar bersama para pemain saat peluncuran poster film Perempuan Tanah Jahanam di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (16/9/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Genre film horor yang masih menjadi primadona di kalangan sineas dan penonton akan kedatangan satu judul baru lagi mulai 17 Oktober 2019. Judulnya Perempuan Tanah Jahanam arahan Joko Anwar.

Dalam konferensi pers peluncuran poster serta trailer film tersebut di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (16/9/2019), Joko menggaransi bahwa ia dan timnya menghadirkan film horor dengan tingkat keseraman yang lebih dibandingkan Pengabdi Setan (2017).

Film Pengabdi Setan hingga saat ini masih tercatat sebagai pemegang rekor genre horor terlaris di Indonesia. Lebih dari 4,2 juta penonton menyaksikannya di bioskop saat tayang.

“Istilahnya level horor dalam film Pengabdi Setan masih sopan. Kalau dalam film ini benar-benar jahanam. Saya saja sampai merinding sendiri membuatnya,” ujar Joko.

Beberapa ikhtiar untuk mencapai hal tersebut, antara lain terlihat dalam pemilihan lokasi syuting, jalinan cerita, hingga penataan suara dan musik.

Shanty Harmayn sebagai salah satu produser mengamini pernyataan Joko. "Dalam film ini kami berusaha mencapai satu titik yang lebih tinggi lagi. Push the bar," ujarnya.

"Lokasi syutingnya aja sudah horor banget. Di dalam hutan beneran," kata Tara Basro yang memerankan tokoh Maya.

Maya dalam film ini dikisahkan seorang wanita muda yang sedang mengalami nasib buruk. Setelah mengalami serangan mendadak, ia mendapat informasi tentang kemungkinan mendapatkan harta warisan di desa leluhurnya.

Ditemani Dini sahabatnya, Maya kembali ke desa kelahirannya tanpa menyadari bahwa masyarakat telah berusaha mencari dan membunuhnya karena suatu alasan.

Ketika dia mulai menemukan kenyataan rumit tentang masa lalunya, Maya menemukan dirinya dalam pertarungan untuk menyelamatkan hidupnya.

Pergulatan Maya dan Dini dalam desa terpencil tersebut diperlihatkan sekilas dalam official trailer yang berdurasi tak lebih dari dua menit.

Dalam satu dialog Dini berkata, “Orang tua enggak terlalu penting”. Maya menimpalinya, “Ya, kan seenggaknya lo tahu mereka siapa”. Perkataan yang lantas berbalas jawaban lagi dari Dini, “Iya sih. Apalagi kalau mereka ninggalin harta banyak”.

Mulai dari situ berbagai karakter yang menjadi ciri khas Joko Anwar dalam penyutradaraan terlihat, seperti palet warna gelap untuk menciptakan atmosfer mencekam, tata kamera yang bergerak pelan dan cepat, juga potongan adegan-adegan penuh misteri.

Selain Tara dan Marissa, muncul juga Asmara Abigail, Ario Bayu, dan Christine Hakim yang menjadikan Perempuan Tanah Jahanam sebagai debutnya bermain dalam film bergenre horor.

Laiknya Pengabdi Setan, film Perempuan Tanah Jahanam sejatinya juga bercerita tentang keluarga.

“Film ini adalah karya yang personal buat saya. Hasil kontemplasi saya tentang fungsi anggota keluarga. Ibu, bapak, dan anak. Saya tulis film ini ketika sedang banyak pikiran tentang keluarga,” ungkap Joko.

Sudah sejak 10 tahun lalu Joko mempersiapkan film ini, namun tak kunjung terwujud karena sebuah alasan teknis yang mendasar.

“Kalau bikinnya jaman dulu pas selesai nulis (pada 2008), secara teknis belum kuat, jadi aku harus mematangkannya lagi,” pungkasnya.

Film yang produksinya melibatkan kongsi antara Base Entertainment, CJ Entertainment, Rapi Films, dan Ivanhoe Pictures ini turut diramaikan pula dengan kehadiran Kiki Narendra, Tengku Rifnu Wikana, Zidni Hakim, Faradina Mufti, Abdurahman Arif, Mian Tiara, Eka Nusa Pertiwi, Aghniny Haque, Arswendy Bening Swara, dan Ramadhan Al Rasyid.

Selain itu juga disertakan pemeran yang berasal dari kota-kota syuting dilakukan, seperti Malang, Gempol, Lumbang, Bromo, Lumajang, Ijen, dan Banyuwangi. Kebanyakan mereka adalah aktor baru yang mengikuti audisi khusus untuk film ini.

PEREMPUAN TANAH JAHANAM | Official Trailer | 17 OKTOBER 2019 /BASE Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR