Lima kejadian menarik dalam Golden Globe ke-74

Aktris Emma Stone (kiri) dan aktor Ryan Gosling menggenggam piala Golden Globe yang mereka menangi dalam acara yang digelar di hotel Beverly Hilton, California, Amerika Serikat, Minggu (8/1/2017).
Aktris Emma Stone (kiri) dan aktor Ryan Gosling menggenggam piala Golden Globe yang mereka menangi dalam acara yang digelar di hotel Beverly Hilton, California, Amerika Serikat, Minggu (8/1/2017). | Jordan Strauss /AP Photo

Acara Golden Globe ke-74 telah selesai digelar di hotel Beverly Hilton, California pada hari Senin (9/1/2017) WIB.

Dipandu oleh Jimmy Falon, ada berbagai kejadian menarik dalam acara tahunan ini: dari badai politik yang ditiupkan oleh para pemenang di panggung, hingga keseleo lidah Michael Keaton.

Inilah lima peristiwa pada Golden Globe yang kami anggap paling menarik untuk disimak.

La La Land sapu bersih piala

Dalam pengumuman nominasi Golden Globe yang diselenggarakan bulan lalu, La La Land memimpin dengan meraih tujuh nominasi. Hebatnya, film garapan sutradara Damien Chazelle ini memenangi ketujuhnya.

Tujuh piala ini mentahbiskan La La Land sebagai film dengan piala terbanyak dalam sejarah Golden Globe.

La La Land mendapat piala berbentuk bola dunia itu untuk kategori Film Musikal/Komedi Terbaik, Aktor Musikal/Komedi Terbaik (Ryan Gosling), Aktris Musikal/Komedi Terbaik (Emma Stone), Sutradara Terbaik (Damien Chazelle), Skenario Terbaik (Damien Chazelle), Lagu Asli Terbaik ("City of Stars" oleh Audition (The Fools Who Dream)), dan Penata Musik Asli Terbaik (Justin Hurwitz).

Kemenangan besar La La Land membuka lebar peluang film musikal ini untuk berjaya dalam penghargaan Academy Awards, alias Oscar, pada bulan Februari.

Meski begitu, film yang berjaya dalam Golden Globe belum tentu menang Oscar.

Contohnya Revenant (2015) yang menang Golden Globe tahun lalu sebagai Film Terbaik, lalu dijagokan meraih Oscar di kategori yang sama. Secara mengejutkan, juri-juri Academy lebih memilih Spotlight sebagai film terbaik.

Terlepas dari pertanyaan apakah La La Land akan berjaya dalam ajang Oscar atau tidak, yang pasti film ini sudah banjir piala. Menurut laman IMDB, setelah Golden Globe tadi malam La La Land sudah meraup 112 piala dari berbagai macam ajang penghargaan.

La La Land (2016 Movie) Official Clip – “Thanks For Coming” /Lionsgate Movies

Kejutan Isabelle Huppert

Penampilan Natalie Portman dalam film Jackie begitu mempesona. Ia memerankan Jacqueline Kennedy, istri John Fitzgerald Kennedy (JFK), Presiden Amerika Serikat ke-35.

Dalam film ini, Portman sangat total. Ia sampai berlatih keras agar suaranya mirip dengan sang janda presiden. Ia dinominasikan dalam Golden Globe kategori Aktris Drama Terbaik, dan dijagokan untuk meraih Oscar.

Namun, dalam ajang Golden Globe, Portman kalah dari Isabelle Huppert dari film Elle.

Siapakah Huppert?

Dilansir dari biografinya di IMDB, Isabelle Ann Huppert adalah aktris kelahiran Paris, Prancis pada 16 Maret 1953. Berawal sebagai pemain teater, karier akting Huppert dalam dunia film dimulai pada tahun 1971 lewat sebuah film televisi berjudul Le Prussien.

Ia sering bermain dalam peran yang berani. Pada 1980, Huppert bermain sebagai wanita PSK dalam film Every Man for Himself yang digarap oleh sutradara kenamaan Prancis Jean-Luc Godard. Di tahun yang sama ia mulai debut di Hollywood sebagai pemilik sebuah rumah bordil lewat Heaven's Gate garapan Michael Cimino.

Pada 1988, Huppert menjadi wanita pelaku aborsi dalam Story of Women. Kemudian pada 2001 aktris bertinggi badan 160cm ini bermain sebagai guru piano yang terkekang secara seksual dalam The Piano Teacher.

Bagaimana dengan film Elle, yang juga memenangi Golden Globe kategori Film Berbahasa Asing Terbaik? Dalam karya sutradara Paul Verhoeven ini, Huppert menjadi Michele, seorang wanita pebisnis sukses yang sama kejamnya dalam berbisnis maupun menjalani kehidupan cinta.

Namun, hidupnya berubah drastis ketika seorang pria misterius bertopeng memperkosanya. Michele kemudian memburu sang pelaku, tapi siapa yang sebenarnya diburu, pelaku atau dirinya?

ELLE (2016) Official HD Trailer - Paul Verhoeven /SonyPicturesClassics

Penghargaan untuk Carrie Fisher dan Debbie Reynolds

Tak seperti malam penghargaan Oscar, acara puncak Golden Globe biasanya tak memiliki bagian 'in memoriam' sebagai sebuah penghargaan bagi pelaku industri film yang belum lama wafat.

Namun, tadi malam ada pengecualian. Penyelenggara memutuskan untuk memberi penghargaan bagi aktris Carrie Fisher dan ibunya Debbie Reynolds. Keduanya wafat hampir bersamaan.

Carrie Fisher meninggal dunia pada Rabu (28/12/2016) WIB dalam usia 60 tahun akibat penyakit jantung. Debbie (84 tahun) menyusul kepergian Carrie sehari setelahnya.

"Tahun lalu, kita kehilangan begitu banyak ikon dan legenda," ujar pembawa acara Jimmy Falon dikutip dari Huffington Post. "Namun beberapa pekan lalu kita kehilangan seorang ibu dan anaknya hanya dalam waktu dua hari, sebuah kehilangan besar bagi kita semua."

Kemudian, panitia memutar sebuah dokumenter singkat mengenai karier dan hubungan kedua aktris itu.

Pidato anti Donald Trump

Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat bulan November lalu mengejutkan dunia. Tak terkecuali para pelaku industri film seperti Mark Rufallo, Neil Patrick Harris, Meryl Streep, Meg Ryan, Kerry Washington, Julianne Moore, dan lain-lain yang terang-terangan mendukung Hillary Clinton, rival Trump pada pemilihan presiden.

Maka, tak heran ajang besar seperti Golden Globe dijadikan semacam momentum untuk mengkritik dan menyindir sang presiden AS terpilih.

Meryl Streep, dalam pidato kemenangannya --Streep memperoleh penghargaan Cecil B. De Mille untuk kontribusinya dalam dunia hiburan--, mengungkapkan perasaannya.

"Hollywood dipenuhi oleh orang asing. Jadi jika Anda menendang mereka keluar, tak ada lagi yang bisa Anda tonton selain football dan mixed-martial art. Yang terakhir itu bukan benar-benar seni," ujar Streep menyindir Trump yang saat kampanye mengatakan bakal mengusir imigran dari negerinya.

Selain itu, bintang film Kramer vs Kramer (1979) ini menyayangkan sikap Trump yang mengejek kaum disabilitas. "Ketika mereka yang berkuasa menggunakan posisi mereka untuk merundung orang lain, kita semua kalah."

Hugh Laurie, yang menang untuk performanya dalam miniseri televisi The Night Manager juga menyindir Trump. "Saya bisa mengatakan kalau saya memenangi Golden Globe terakhir yang pernah diadakan," ujar aktor serial House itu.

"Pasalnya, penghargaan ini memiliki judul 'Hollywood', 'Foreign', dan 'Press'," ujar Laurie. Ketiga hal itu (Hollywood, orang asing, dan pers) memang kerap bermasalah dengan Donald Trump. "Saya menerima penghargaan ini bagi semua miliuner psikopat di manapun," canda Laurie.

Hidden Fences?

Keseleo lidah biasa saja. Tapi kalau dilakukan dalam acara sekelas Golden Globe, lidah yang terpeleset bisa mendunia. Dilansir dari The Wrap, aktor Michael Keaton dan reporter NBC News Jenna Bush baru saja mengalaminya.

Saat memberikan penghargaan untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik, Keaton akan menyebutkan nama salah satu nomine yaitu Octavia Spencer dari film Hidden Figures. Mungkin pemeran Batman ini sedang kurang konsentrasi, karena yang keluar dari mulutnya adalah "Hidden Fences" (pagar tersembunyi).

Kesalahan sama juga dilakukan Jenna Bush. Saat mewawancara musisi Pharrel Williams terkait nominenya sebagai Penata Musik Terbaik, Bush juga menyebut "Hidden Fences."

Mungkin Keaton dan Bush tengah memikirkan film lain yaitu Fences, yang juga punya wakil di kategori Aktris Pendukung Terbaik yaitu Viola Davis. Seperti Hidden Figures, film Fences juga bertaburan aktor-aktris dan sineas berkulit hitam.

Namun, kisahnya jauh berbeda. Hidden Figures mengisahkan tiga wanita Afrika-Amerika yang membantu NASA meluncurkan astronot John Glenn sebagai warga AS pertama yang pergi keluar angkasa.

Sementara Fences bercerita mengenai seorang ayah dari kelas pekerja yang berusaha menjadikan anaknya sebagai pemain bisbol profesional, namun terhalang usia anaknya yang dianggap sudah terlalu tua saat liga bisbol pro akhirnya menerima atlet berkulit hitam.

Sontak, keseleo lidah Keaton dan Bush bikin meme mengenai "Hidden Fences" bertaburan di dunia maya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR