FESTIVAL MUSIK

Love Fest Vol. 3 jadi penampilan terakhir Giring dan Yovie

Materi promosi Love Fest Vol. 3 untuk band Nidji.
Materi promosi Love Fest Vol. 3 untuk band Nidji. | Berlian Entertainment

Love Fest Vol. 3 akan menjadi ajang perpisahan bagi musisi Giring Ganesha dan Yovie Widianto dengan band-nya masing-masing. Festival musik bertema cinta itu digelar pada 8 Februari di Jakarta Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Giring akan berpisah dengan Nidji, band tempatnya bernaung sebagai vokalis sejak 2002. Musisi berusia 35 itu kini terjun ke dunia politik, dengan menjadi calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk daerah pemilihan Jawa Barat I.

Dalam konser di Love Festival yang akan bertema Hello x Goodbye, Giring akan bernyanyi bersama vokalis baru Nidji yang akan mengganti posisinya.

"Jadi, 8 Februari itu juga last gig kita bersama Giring. Makanya, ada kata Goodbye dan Hello kerena kita akan kenalin vokalis baru Nidji," ujar Ramadhista “Rama” Akbar, gitaris Nidji kepada Jawa Pos saat jumpa pers jelang Love Festival di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (15/1).

Meski begitu, rupanya band pelantun “Disco Lazy Time” ini belum dapat vokalis baru. Audisi sudah dilakukan sejak Desember dan mengundang 1.200 peminat. Namun, Rama dan kawan-kawan belum menemukan vokalis yang cocok dengan Nidji.

Lagipula si vokalis baru, siapapun dia, hanya akan menyanyi sebagai perkenalan. Bintang utama konser Hello x Goodbye dari Nidji tetaplah Giring.

"Banyakan Giring (nyanyi) karena konsepnya last gig dan kita siapin instrumental biar dia (Giring) puas-puasin teriak di panggung," ujar Randy Danistha, kibordis Nidji.

Seperti Nidji, Yovie and Nuno juga bakal memperkenalkan kibordis yang akan menggantikan Yovie Widianto. Mengenai anggota baru, Yovie masih merahasiakannya.

"Syaratnya yang bisa menyesuaikan musik Yovie & Nuno, atau dia juga ada pengembangan musik untuk Yovie & Nuno. Tapi siapa sosoknya kita liat nanti," ujar Yovie pada Grid.id.

Kabarnya, posisi Yovie akan diganti oleh Doadibadai “Badai” Hollo, mantan kibordis Kerispatih. Badai tak mengiyakan, tapi juga tak menampik.

"Waduh berat. Yang digantiin terlalu legendaris. Jadi enggak lah, gue cukup jadi penikmat lagunya aja. Tapi kalau dikasih jadwal (main bareng) boleh," ujar Badai pada Tribun News (16/1).

"Yah, kalo mas Yovie mengizinkan lah ya, hahaha. Kagak lah. Itu tadi bisa-bisaan saja karena gue keyboard romantic pianist, jadi ditunjuk gua," kata Badai sembari tertawa.

"Tapi dulu mas Yovie pernah bilang, 'kapan-kapan bantuin gue dong', oh boleh kang. Gue sama kang Yovie kan juga sama, pencipta lagu cinta,” lanjut musisi berusia 41 ini.

Saat menggelar konser Inspirasi Cinta Yovie and His Friends pada November 2018, Yovie mengumumkan akan keluar dari Yovie and Nuno, yang ia dirikan sejak 2011. Alasannya karena ia merasa sudah cukup berumur.

Pria berusia 50 yang juga anggota band legendaris Kahitna ini mengatakan bahwa ia masih ada dalam Yovie and Nuno, tapi akan lebih banyak terlibat sebagai produser saja.

Yovie memang jagonya dalam hal belakang layar. Sejak 1990-an, tak terhitung beberapa musisi yang ia orbitkan seperti Lingua, Glenn Fredly, Rio Febrian, Warna, RSD, Audy, The Groove, Yana Yulio, Rita Effendi, hingga baru-baru ini anaknya sendiri, Arsy Widianto.

Soal Love Fest Vol. 3, acara ini merupakan festival musik dengan tajuk Love is Live, mengenai perjuangan cinta, persahabatan, dan perpisahan. Cerita itu akan dirangkum melalui lagu para penampil, dengan durasi lebih dari empat jam.

Selain Nidji dan Yovie and Nuno, band lain peramai festival yang diadakan Berlian Entertainment ini adalah Gigi, Element, Maliq & D'Essentials, Project Pop, Padi Reborn, Kerispatih, dan Pure Saturday.

Tiket dijual dalam kisaran Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR