Lunturnya nilai sosial dalam lakon Toean Besar

Poster pentas Toean Besar
Poster pentas Toean Besar | /Djarum Foundation

Indonesia Kita kembali menghadirkan pementasan yang bertajuk “Jalan Kebudayaan Jalan Kemanusiaan”. Tema tersebut akan menjadi benang merah setiap pertunjukan seni yang digelar Indonesia Kita sepanjang 2019.

Dengan mengangkat tema yang menjunjung tinggi pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dan keberagaman dalam kehidupan sosial, pentas-pentas di Indonesia Kita mengajak masyarakat untuk menemukan dan menumbuhkan kepekaan dan kesadaran terhadap rasa kemanusiaan.

Berangkat dari hal tersebut, Indonesia Kita akan menggelar pentas ke-33 melalui lakon berjudul "Toean Besar". Lakon ini menampilkan sekelumit kisah yang dikemas secara menarik dan unik dibanding lakon-lakon sebelumnya.

Lakon "Toean Besar" mengisahkan kegelisahan di sebuah negeri terutama di dalam Istana. Sejumlah masyarakat mendengar kabar yang menggegerkan seantero negeri, yakni masa ketika seseorang yang mendapat julukan “Toean Besar” akan tiba.

Desas-desus tersebut membuat sebagian besar masyarakat, mulai dari bawahan hingga kepala Istana penasaran dan sibuk untuk menyambut "Toean Besar". Pasalnya, sosok misterius tersebut menuai beragam persepsi.

Warga beranggapan bahwa “Toean Besar" orang yang sangat kaya dan dermawan untuk kepentingan rakyat. Ada pula yang menganggap “Toean Besar" tak hanya kaya raya, tetapi juga tampan dan bertubuh besar.

Berbagai upaya untuk bertemu Toean Besar dilakukan masyarakat dengan cara unik dan berbeda. Ada yang mengubah penampilan agar status sosial meningkat, bahkan ada yang nekat menyamar dan mengaku menjadi Toean Besar.

Keanehan terjadi di negeri tersebut ketika ada yang semula bermusuhan berubah menjadi berteman. Kemudian ada yang tadinya kompak, tiba-tiba saling menikung begitu melihat peluang. Akhirnya penghuni negeri tersebut saling berbohong dan saling menipu. Bahkan, sejarah pada negeri tersebut ikut dipermainkan demi mencapai tujuan.

Lantas, siapa sebenarnya "Toean Besar"? Tidak ada yang masyarakat yang mengetahui. Namun, kasak-kusuk yang terjadi di tengah masyarakat terhadap sosok Toean Besar, memicu timbulnya sikap saling mempengaruhi dan mengubah perilaku dengan melakukan beragam intrik dan kekonyolan.

Apakah sosok Toean Besar pada lakon tersebut dapat terungkap? Saksikan lakon "Toean Besar dalam pentas Indonesia Kita ke-33. Ada pertunjukan istimewa pada lakon ini, di mana para aktor dan komedian akan didampingi wartawan dari beberapa media nasional yang turut tampil dalam pentas Toean Besar.

Pertunjukan ini akan digelar pada 20-21 September 2019 mulai pukul 20.00 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pemesanan tiket Toean Besar dapat dilakukan melalui situs www.blibli.com atau www.kayan.co.id.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media Indonesia Kita.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR