BOX OFFICE

Madea nyaris kalahkan How to Train Your Dragon 3

Penampilan aktor Tyler Perry (tengah) dalam A Madea Family Funeral
Penampilan aktor Tyler Perry (tengah) dalam A Madea Family Funeral | Lionsgate

How to Train Your Dragon 3: The Hidden World masih menguasai tangga film terlaris di Amerika Serikat (AS). Pada akhir pekan lalu (periode 1-3 Maret 2019), film animasi bikinan Universal Pictures itu meraup $30,04 juta AS (Rp424,25 miliar).

Angka tersebut unggul tipis dari film baru Tyler Perry’s A Madea Family Funeral yang memperoleh $27,05 juta dalam periode yang sama.

Secara total, The Hidden World sudah memperoleh $375,4 juta dari seluruh dunia. Indonesia menyumbang $4,64 juta (Rp65,6 miliar) sejak tayang pertama kali pada Januari.

Meski kalah dari The Hidden World, pencapaian A Madea Family Funeral cukup menggembirakan. Sebab, film ini hanya tayang di 2.442 layar, sementara The Hidden World ada di 4.286 layar.

A Madea Family Funeral adalah proyek Madea terakhir dari aktor/produser/sutradara/penulis Tyler Perry. Mabel "Madea" Simmons adalah tokoh utama, seorang perempuan tua berkulit hitam. Karakter ini adalah jualan utama Perry yang telah diperankannya sejak 2002.

Mungkin Madea kurang populer di luar AS, tapi pendapatan domestik sembilan film Madea sudah menghasilkan $523,5 juta. Angka perolehan tiap filmnya selalu di atas $45 juta. Filmnya selalu beredar hampir setiap tahun, sehingga bisa dibilang Madea punya penggemar tersendiri.

A Madea Family Funeral mengisahkan reuni keluarga yang berubah jadi mimpi buruk ketika Madea dan krunya menjelajahi dusun-dusun Georgia dan merencanakan pemakaman yang membuat rahasia keluarga bisa terungkap.

Selain A Madea Family Funeral, film baru lainnya adalah Greta yang duduk di posisi kedelapan dengan pemasukkan $4,6 juta. Angka itu termasuk jeblok, padahal film ini disutradarai Neil Jordan --sineas yang pernah memenangi Oscar sebagai Penulis Naskah Asli Terbaik lewat film The Crying Game (1992).

Penonton dan kritikus sama-sama tak menyukai Greta. Skornya dalam Rotten Tomatoes hanya 58 persen dengan nilai rata-rata 5,7 dari 10 poin. Penilaian dari penonton lebih buruk, hanya 48 persen yang menganggapnya layak tonton.

"Film kelas B terkadang diangkat oleh aktor-aktor kelas A, tapi Greta terjun bebas dan kesulitan untuk tetap bertahan,” demikian kesimpulan kritik oleh Rotten.

Greta adalah sebuah drama thriller dengan tokoh utama Frances (Chloe Grace Moritz), wanita muda nan naif. Ia baik hati, mengembalikan sebuah tas yang hilang kepada pemilik aslinya. Pemilik tas itu adalah Greta (Isabelle Huppert), perempuan Prancis nan eksentrik yang mencintai musik klasik.

Kebetulan, Frances baru ditinggal mati oleh ibunya. Frances dan Greta pun menjadi dekat. Namun, keadaan berubah total ketika lambat laun Greta menyadari bahwa kehidupan Frances berbeda dari yang terlihat.

Alita selamat

Film mahal Alita: Battle Angel bisa dibilang selamat dari kerugian. Per Senin (4/3/2019), film garapan produser James Cameron dan sutradara Robert Rodriguez itu sudah memperoleh $350,45 juta dari seluruh dunia.

Pada akhir pekan lalu, ada tambahan sekitar $7 juta dari AS. Namun, Alita mencetak skor tinggi di Tiongkok.

Film yang sarat teknologi pencitraan komputer dan penangkapan gerakan ini mencetak $64 juta pada peredaran pekan sebelumnya (22-24 Februari). Padahal Forbes sempat memperkirakan angkanya akan menurun sekitar 70 persen pada akhir pekan lalu.

Namun, secara keseluruhan pemasukkan Alita diperkirakan bakal mencapai $400 juta, sehingga lolos dari risiko rugi karena bujet produksinya hingga $170 juta. Sebuah film biasanya dianggap balik modal bila pendapatannya lebih dari dua kali lipat biaya produksi.

Berikut daftar 10 besar film terlaris di AS pada periode 1-3 Maret 2019 menurut Box Office Mojo.

1. How to Train Your Dragon: The Hidden World - $30,04 juta AS (total $97,7 juta - pekan 2).

2. Tyler Perry's A Madea Family Funeral - $27,05 juta (pekan perdana).

3. Alita: Battle Angel - $7 juta AS (total $72,23 juta - pekan 3).

4. The Lego Movie 2: The Second Part - $6,61 juta AS ($91,67 juta - pekan 4).

5. Green Book - $4,71 juta ($75,92 juta - pekan 16).

6. Fighting with My Family - $4,69 juta ($14,94 juta - pekan 3).

7. Isn’it Romantic - $4,64 juta ($40,3 juta - pekan 3).

8. Greta - $4,58 juta (pekan perdana).

9. What Men Want - $2,7 juta ($49,64 juta - pekan 4).

10. Happy Death Day 2U - $2,51 juta ($25,28 juta - pekan 3).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR