FESTIVAL SENI

Massa Diam, literasi digital di panggung teater

Konferensi pers acara Djakarta Teater Program "Massa Diam" di Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta.
Konferensi pers acara Djakarta Teater Program "Massa Diam" di Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta. | /Dewan Kesenian Jakarta

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menghadirkan program Djakarta Teater Platform yang telah resmi dibuka di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Kamis (6/9/2018).

Program Djakarta Teater Platform yang dibentuk pada 2016 kini telah tumbuh menjadi sebuah festival kota dengan pendekatan eksperimental kurasi teater. Melalui pendekatan tersebut, Djakarta Teater Platform mencari pertemuan kekinian antara teater dan kota.

Pada penyelenggaraannya tahun ini, DKJ memilih “Massa Diam” sebagai tema festival untuk memunculkan ruang antara "pelumeran" dan "peredaman" titik-titik ekstrem dalam kehidupan masyarakat yang mudah terprovokasi oleh berita hoaks, viral, dan pencitraan yang beredar di media sosial tanpa investigasi yang mendalam.

Tahun ini, pengisi acara Djakarta Teater Platform didatangkan dari berbagai kota dan negara. Beberapa di antaranya berasal dari Yogyakarta, Jakarta, Hong Kong, Filipina, dan Jepang. Para pengisi acara tidak hanya mementaskan teater, namun juga mengajak masyarakat mentransformasi metode penciptaan dalam program lokakarya.

Sejumlah seniman dan tokoh ternama di bidang teater akan hadir dalam diskusi publik, di antaranya adalah Irwan Ahmett (seniman panggung, periset), Yaasraf Piliang (akademisi, filsuf), Shinta Febriany (sutradara teater), Agus Nuramal (sutradara teater), Dendi Madya (sutradara teater), Cecil Mariani (akademisi, DKV, design thinking), Dea Aulia Widyaevan (arsitek, akademisi, performance art), dan Anggun Anggendari (aktor teater, DKV).

“Massa diam” akan menjadi ajang berbagi dan diskusi untuk memperbesar ruang abu-abu dalam menghadapi realitas yang ekstrem. Mengenali diri kembali melalui riset-riset tentang kota, media, bentuk-bentuk performatif penciptaan teater, sebagai usaha “melumerkan” masa kini dari provokasi ketakutan menghadapi hari esok.

Rangkaian acara Djakarta Teater Platform akan berlangsung hingga Oktober 2018. Festival ini berlangsung di dua tempat terpisah, yakni Graha Bhakti Budaya, TIM dan Studio Tom FTV IKJ, Jakarta.

Agenda Djakarta Teater Platform "Massa Diam" dapat Anda lihat pada tautan http://bit.ly/agendaDTP. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi Anda yang tertarik dapat langsung mendaftarkan diri melalui tautan http://bit.ly/dtp-dkj.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media acara Djakarta Teater Platform.

Poster acara Djakarta Teater Program "Massa Diam"
Poster acara Djakarta Teater Program "Massa Diam" | /Dewan Kesenian Jakarta
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR