Melihat kasus pelecehan Deddy Corbuzier dan Chika Jessica di Instagram

Deddy Corbuzier (13 November 2012).
Deddy Corbuzier (13 November 2012).
© Yosep Arkian /Tempo
*) Catatan redaksi: Artikel ini memuat komentar nan melecehkan. Mohon disikapi dengan bijak.

Pesohor, Deddy Corbuzier, berhasil menangkap pemilik akun Instagram, @anthonugroho. Akun tersebut telah melempar komentar melecehkan Deddy dan aktris, Chika Jessica.

Pemilik akun itu adalah Antho Nugroho (33), seorang pria yang berbasis di Jambi, dan bekerja sebagai analis kredit di salah satu bank. Antho diamankan kepolisian Jambi, pada Senin pagi (8/2), dan langsung dibawa ke Jakarta.

Pada hari yang sama, Deddy dan Chika --bersama dengan pihak kepolisian-- menggelar konferensi pers di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam konferensi pers itu, Antho turut dihadirkan.

Sebelumnya, pihak Deddy dan Chika, sempat menggelar sayembara berhadiah 10 juta untuk menangkap pria ini. Belakangan, identitas Antho berhasil diidentifikasi oleh tim teknologi informasi Deddy. "Dalam waktu tiga hari kita berhasil dapat KTP, alamat rumah, kantor, bahkan riwayat hidup orang tersebut (Antho)," kata Deddy, dilansir detikHOT (8/2).

Kasus ini bermula dari komentar Antho dalam posting akun Instagram, @ckjessica25 --dikenal sebagai akun kepunyaan Chika Jessica. Antho mengomentari salah satu foto Chika saat menjalani ibadah umroh.

Tangkapan layar komentar Antho itu bisa dilihat lewat akun Instagram, @mastercorbuzier --yang dipercaya publik milik Deddy.

I can tolerate haters.. Tapi saat kata kasar dan SARA kalian bawa, kemanapun kamu bersembunyi, menghilangkan jejak dan menghapus bukti.. Sampai kapanpun saya cari!!!.... U CAN RUN BUT U CAN'T HIDE FROM ME. Negara kita menjunjung tinggi Kesaktian PANCASILA.. Jangan kalian hancurkan dengan jari jari kotor kalian. Saat ini Km saya bebaskan.. Tapi ingat sampai kapanpun saya pantau kamu. Sampai kapanpun. Maaf anda saya terima, tapi itu tak pernah menjelaskan mengapa ada manusia yang bisa berkata seperti ini pada org yang bahkan tak dikenalnya......... Bagaimana seorang berusia 33 thn bekerja sebagai analis kredit di Bank bisa berkata begini? I don't get it..... Kamu mau main main? Silahkan dgn org lain atau artis lain. U want to play game with me? I have my OWN RULES. And u'r not gonna like it. Did I Say I Gonna Find You? #thisisdeddycorbuzier #trianglefamily

A photo posted by Deddy Corbuzier (@mastercorbuzier) on

"Di sini ada beberapa hal, beliau mengatakan Chika PSK. SARA karena bawa agama, kemudian kata-kata kasar. Ini pasalnya berlapis. Saya enggak main-main dengan orang seperti itu," kata Deddy, dikutip Suara.com.

Adapun standar Komunitas Instagram, juga mengimbau pengguna untuk saling respek dalam menggunakan layanan itu.

"Ini tidak pernah positif (baca: baik), (aktivitas) yang mendorong kekerasan atau serangan kepada seseorang berdasarkan ras, etnis, asal kebangsaan, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, agama, cacat, atau penyakit," bunyi salah satu butir Standar Komunitas Instagram.

Di sisi lain, dalam konferensi pers, Antho mengaku khilaf saat menulis komentar di akun Instagram Chika. "Saya tulis kata-kata itu, saya ingin cari perhatian non Chika. Cuma atas dasar salah. Jujur saya lover-nya non Chika," ujar Antho seraya menundukkan kepalanya, dikutip Tribun Seleb (9/2).

Antho juga menjelaskan bahwa dirinya tidak bermaksud menyebar kebencian berbau SARA. Ia mengaku sebagai orang awam, yang baru menggunakan media sosial. "Saya orang baru yang bermain media sosial. Pada saat melakukan kekhilafan itu, sebagai orang awam saya tidak paham kalau itu melanggar hukum," kata dia.

Sebagai informasi, kasak-kusuk kedekatan Deddy dan Chika tengah santer di dunia hiburan. Kasak-kusuk itu mulai riuh saat keduanya bermain dalam Triangle Golden Site. Dalam film pendek itu, Deddy dan Chika terlibat adegan mesra, yang memicu spekulasi seputar kedekatan mereka.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.