Melissa Reese gantikan Chris Pitman di Guns N' Roses

Melissa Reese pemain keyboard baru Guns N' Roses yang awalnya  belajar piano klasik
Melissa Reese pemain keyboard baru Guns N' Roses yang awalnya belajar piano klasik | melissareesemusic.com

Ada pemandangan berbeda dalam formasi Guns N' Roses (GN'R) terbaru. Tidak ada lagi sosok Chris Pitman yang bergabung sebagai pemain keyboard sejak 1998. Penggantinya perempuan bernama Melissa Reese. Pitman, menurut Rolling Stone, kemungkinan besar dipecat karena lancang membocorkan info soal konser reuni GN'R di Coachella Music Festival 2016 sebelum waktunya.

Panggung pertama Melissa yang juga fasih memainkan piano, programming, dan synthesizer bersama GN'R berlangsung di klub Troubadour, Hollywood, Amerika Serikat (1/4/2016). Bersama Axl Rose (vokalis), Slash (gitaris), Duff McKagan (bassis), Richard Fortus (gitaris), Frank Ferrer (drummer), dan Dizzy Reed (keyboardist), ia mengiringi 17 lagu yang dibawakan malam itu.

Dikutip dari laman pribadinya, melissareesemusic.com, bungsu dari tiga bersaudara itu berasal dari keluarga multietnik. Campuran Tiongkok, Inggris, Spanyol, Jepang, Filipina, Irlandia, Skotlandia dan Denmark. Kursus menyanyi dan piano klasik mulai digelutinya saat berumur empat tahun.

Umur 14 tahun dia sudah mulai menciptakan lagu sendiri. Produktifitasnya mengaransemen musik semakin menjadi saat berusia 17. Kala itu ia sudah lihai menggunakan Pro Tools, Reason, dan Logic Pro. Tiga perangkat lunak audio rekaman tersebut digunakannya untuk menulis, mengaransemen, dan memproduksi karya-karyanya. Salah satunya album perdana bertajuk "LISSA" yang dirilis 2007.

Berbeda dengan kakak tertuanya yang hingga sekarang tetap setia di jalur klasik sebagai penyanyi opera, Melissa lebih senang berada di jalur pop, R&B, dan hip-hop. Genre rock mulai disentuhnya setelah berkenalan dengan Bryan Mantia (drummer GN'R periode 2000-2006) yang membantu menggarap album perdananya.

Keduanya bahkan membentuk duo bernama Brain and Melissa yang mengerjakan berbagai proyek musik untuk video games, iklan komersial, dan film. Keduanya juga ikut membantu perilisan album ganda Buckethead (mantan gitaris GN'R) berjudul "Best Regards" dan "Kind Regards" yang dirilis tahun 2010.

Di luar kolaborasinya bersama Bryan, Melissa tercatat pernah menjadi penyanyi latar Vanessa Charlton. Tugas sebagai penulis lagu merangkap produser juga pernah dijalaninya saat bekerja sama dengan rapper Mannie Fresh dan Drumma Boy.

"Saya senang mendapat kesempatan melakukan banyak hal berbeda sebagai seniman selain merekam lagu sendiri. Melakukan itu semua merupakan perpanjangan dari begitu banyak warisan etnis yang membentuk saya. Menyenangkan rasanya jika bisa merangkul keanekaragaman dan tidak membatasi diri," ujarnya.

Tugas Melissa selanjutnya adalah mempersiapkan diri menyambut tur GN'R bertajuk "Not in This Lifetime" yang berlangsung mulai 23 Juni-22 Agustus 2016. Total 20 kota di seantero AS akan mereka singgahi. Itu belum termasuk lima penampilan sepanjang April 2016 di Las Vegas, Meksiko, dan Coachella Music Festival.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR