Menebak penggubah puisi dalam cuplikan AADC 2

Aktor Nicholas Saputra saat ditemui di sela-sela proses pengambilan gambar film AADC 2' di Yogyakarta (10 November 2015).
Aktor Nicholas Saputra saat ditemui di sela-sela proses pengambilan gambar film AADC 2' di Yogyakarta (10 November 2015). | Pius Erlangga /Tempo

Rumah produksi, MILES Films, merilis cuplikan film Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2). Sejak dirilis, 14 Desember 2015, cuplikan 30 detik itu langsung viral di media sosial.

Hingga artikel ini ditulis (16/12/2015), cuplikan itu sudah disimak lebih dari 75 ribu kali. Di linimasa Twitter, kehadirannya pun berbuah tren. Mungkin, Anda juga sudah menerima cuplikan itu lewat aplikasi berbagi pesan, macam WhatsApp, Line, dan lain-lain.

Cuplikan itu menampilkan dua tokoh utama AADC 2, Cinta (Dian Sastrowardoyo), dan Rangga (Nicholas Saputra). Sepintas lalu, hadir pula karakter utama lain: Maura (Titi Kamal), Karmen (Adinia Wirasti), dan Milly (Sissy Priscillia).

Ada Apa Dengan Cinta 2 | Official Teaser #AADC2 /Miles Films

Ihwal cuplikan itu, CNN Indonesia menyebut sosok Rangga tak berubah. Belasan tahun berlalu sejak AADC, Rangga tetap terlihat cool. Agaknya, kesan dingin nan misterius telah melekat dengan sosok Rangga.

Kesan tersebut dilengkapi dengan larik puisi yang dibacakannya--sekaligus berfungsi sebagai narasi--dalam cuplikan itu. Berikut petikannya.

Resah di dadamu

Dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini

Dipisah kata-kata

Begitu pula rindu

Lihat tanda tanya itu

Jurang antara kebodohan dan keinginanku

Memilikimu sekali lagi

Puisi itu mengundang percakapan netizen. Lewat Twitter, produser AADC 2, Mira Lesmana, turut melempar pertanyaan: Siapa pembuat puisi itu?

Tweeps pun ramai menebak. Salah satu nama yang turut disebut tweeps sebagai penulisnya adalah M. Aan Mansyur.

Aan merupakan penyair kelahiran Bone, Sulawesi Selatan. Saat ini, dirinya aktif dalam sejumlah aktivitas kreatif di Makassar. Di linimasa Twitter, profilnya dikenal lewat akun @hurufkecil. Adapun jejak karyanya bisa dilihat di laman Goodreads.

Tebakan soal kehadiran karya Aan di AADC 2 bukan yang pertama kali.

Penulis, Puthut EA (Mojok.co, 10 Oktober 2015) sempat menyebut nama Aan, saat menebak jalan cerita AADC 2. Puthut menyebut bahwa film ini membutuhkan sebuah buku, sebagaimana edisi terdahulunya, yang identik dengan Aku (Sjumandjaja).

Dalam tulisannya, Puthut yakin bahwa selera sastra Rangga akan menuntunnya pada buku puisi. Bila itu yang terjadi, Puthut menyebut beberapa karya penyair yang mungkin hadir dalam AADC 2: WS Rendra, Widji Thukul, dan Aan Mansyur.

"Kalau memang dipilih buku kumpulan puisi dari sastrawan muda Indonesia, rasanya salah satu buku puisi karya M. Aan Mansyur akan sangat cocok," tulis Puthut.

Beritagar.id melakukan pelacakan lewat mesin pencari Google. Hasilnya, terlihat laman blog Aan Mansyur (Medium), yang menampilkan puisi nan identik dengan larik dalam cuplikan AADC 2. Namun, laman berujudul "Batas" itu telah dihapus.

Tangkapan layar pencarian Google, menampilkan tulisan Aan Mansyur di Medium. Tulisan itu identik dengan puisi yang dibacakan Rangga dalam cuplikan AADC 2.
Tangkapan layar pencarian Google, menampilkan tulisan Aan Mansyur di Medium. Tulisan itu identik dengan puisi yang dibacakan Rangga dalam cuplikan AADC 2. | Istimewa /Google

Sebagai pelengkap, berikut sejumlah komentar netizen, yang kami kutip dari linimasa Twitter.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR