FILM HOLLYWOOD

Menerka kelanjutan teror Pennywise dalam It Chapter 2

Penampilan aktor Bill Skarsgard sebagai Pennywise dalam It (2017)
Penampilan aktor Bill Skarsgard sebagai Pennywise dalam It (2017) | Warner Bros Pictures
Peringatan: Artikel berikut mengandung bocoran (spoiler) untuk film It yang sedang tayang di bioskop.

Prestasi badut Pennywise dari film It tak hanya terjadi di tangga box office. Kritikus dan penonton menyukainya, dengan rating Rotten dan IMDB berturut-turut 86 persen dan 8,1 dari 10 poin. Tentu saja ini melapangkan jalan bagi Warner Bros dan New Line untuk membuat sekuelnya.

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Stephen King ini seakan memang wajib terbagi menjadi dua bagian (dwilogi). Bukunya saja setebal seribu halaman lebih. Adaptasi televisinya pada 1990 pun terdiri dari dua episode. Seperti filmnya, para tokoh utama yang masih anak-anak dalam episode pertama, telah menjadi dewasa pada episode kedua.

Pada akhir film It (2017), kelompok tujuh anak The Losers bersumpah untuk kembali ke Derry jika makhluk misterius badut Pennywise (selanjutnya disebut 'It') muncul lagi dan meneror kota kecil itu. Pada miniseri, bagian pertama terjadi tahun 1960, sementara bagian kedua pada 1990.

Nah, karena bagian pertama film baru memiliki set waktu 1988 dan 1989, juga disebutkan kalau It muncul tiap 27 tahun sekali, maka sekuelnya akan berlatar tahun 2015-2016, atau mungkin juga 2017. Artinya akan ada aktor-aktor baru sebagai versi dewasa The Losers--sekumpulan anak yang disatukan oleh nasib sebagai murid yang ditindas.

Sutradara Andy Muschietti pernah mengatakan bahwa para pemeran anak tetap tampil di film kedua dalam adegan kilas balik, ketika versi dewasa mereka mengenang masa lalu saat It meneror Derry.

"Harapannya kami bisa kembali syuting dalam waktu dekat, karena penting bagi Andy untuk membuat adegan kilas balik dengan para anak, yang tumbuh dewasa dengan cepat. Mereka adalah komponen penting dalam film berikutnya," ujar Barbara Muschietti, produser yang juga istri sutradara Andy.

Lalu siapa pemeran The Losers dewasa? Para aktor cilik telah menentukan pilihan mereka untuk aktor yang pantas memerankan versi dewasa The Losers. Contohnya Sophia Lilis (pemeran Beverly March) yang memilih Jessica Chastain. Atau Jeremy Ray Taylor yang memilih Chris Pratt sebagai Ben Hanscom dewasa.

Pilihan lainnya adalah Joseph Gordon Levitt (dipilih oleh Wyatt Oleff/pemeran Stanley Uris), Christian Bale (Jaeden Lieberher/Bill Denbrough), Chadwick Boseman (Chosen Jacobs/Mike Hanlon), dan Bill Hader (Finn Wolfhard/Richie Tozier).

Memang ada kemiripan fisik--Chastain dan Lilis sama-sama berambut merah, sementara Pratt pernah berbadan gemuk seperti Taylor. Namun namanya juga pilihan anak-anak, dalam dunia nyata sulit menyatukan deretan aktor papan atas itu untuk sekuelnya nanti.

Film pertamanya berongkos biasa saja untuk ukuran film Hollywood--sekitar $35 juta AS (Rp463,4 miliar). Namun, seiring box office yang hasilnya sangat memuaskan--It sudah meraup $209,9 juta AS (Rp2,77 triliun) saat berita ini ditulis--, mungkin setidaknya satu-dua aktor top di atas bisa ditarik oleh Warner Bros.

Masalahnya, It adalah jenis film dengan aktor ensemble, artinya porsi akting tiap aktor kurang lebih sama. Jika satu orang terlalu top, yang lain akan seperti di bawah bayang-bayang aktor tersebut. Jadi bisa saja Warner akan memilih deretan aktor yang biasa saja.

Terakhir, mengenai Mike Hanlon (Chosen Jacobs), bocah kulit hitam yang bergabung belakangan dalam kelompok The Losers. Dalam novel dan miniseri, Mike menetap di Derry hingga dewasa sebagai pustakawan dan langsung menghubungi enam orang kawannya saat It kembali membunuhi anak-anak.

Sebagai pustakawan, ia cerdas dan berbudi luhur. Namun pendekatan Muschietti akan berbeda. Rupanya Mike tidak bisa melupakan It, apalagi dia terus melakukan penelitian untuk menyelidiki siapa/apa sebenarnya makhluk seram itu, serta bagaimana mengalahkannya.

"Gagasan saya soal Mike adalah menjadikan karakternya lebih gelap dibanding buku," ujar Muschietti kepada Entertainment Weekly. "Saya ingin ia tetap jadi kunci dalam menyatukan semua karakter utama, tapi dengan menetap di kota Derry, hidupnya seakan dikorbankan. Saya ingin ia menjadi seorang pemadat, juga seorang pustakawan."

Kesimpulannya, It Chapter 2 akan menyibak misteri di balik makhluk pembunuh yang hobi membadut itu. Apakah dia iblis? Makhluk asing/alien? Entitas dari dimensi lain? Semua akan terungkap dalam sekuelnya nanti, kemungkinan tayang pada 2019. Yang pasti, Bill Skarsgard akan kembali sebagai Pennywise si badut penari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR