FILM INDONESIA

Mengapa tanggal rilis Wiro Sableng dimajukan

Vino G. Bastian (kedua dari kanan) siap beraksi lebih awal di Indonesia
Vino G. Bastian (kedua dari kanan) siap beraksi lebih awal di Indonesia | LifeLike Pictures

"Seluruh ilmuku telah kupasrahkan kepadamu, Wiro. Kini saatnya kau memasuki dunia luar, membawa garis-garis hidupmu sendiri."

Kalimat yang diucapkan dengan lirih oleh Sinto Gendeng (diperankan Ruth Marini) itu membuka video teaser teranyar untuk film Wiro Sableng yang dirilis pada Jumat (11/5/2018). Kalimat itu seolah menjadi representasi bahwa film ini juga sudah siap untuk memasuki dunia luar.

Pada saat bersama dengan perilisan video teaser, rumah produksi Lifelike Pictures mengumumkan bahwa tanggal rilis Wiro Sableng dimajukan dari awal September menjadi akhir Agustus.

Dalam acara konferensi pers setelah perilisan teaser yang digelar di Studio 1 XXI Plaza Indonesia, Jumat (11/5/2018), produser Sheila Timothy menjelaskan mengapa ada perubahan tanggal rilis Wiro Sableng.

Menurut perempuan yang akrab dipanggil Lala itu, akhir Agustus dipandang sebagai waktu yang tepat untuk tanggal rilis Wiro Sableng. “Selain karena kita sudah siap, kita lihat pada Agustus slotnya lumayan kosong,” jelas Lala.

Slot yang dimaksud Lala adalah jatah film Indonesia di bioskop. Pada awal September ternyata sudah ada empat film Indonesia. Itu sebabnya tanggal rilis film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko itu berubah. “Cari yang sepi saja,” ujar Lala sambil terkekeh.

Persaingan pada Agustus juga dipandang sepi dari persaingan dengan film Hollywood. Tak ada waralaba besar seperti Avengers, Star Wars, atau Fast and Furious yang mengancam Wiro Sableng pada bulan perayaan kemerdekaan Indonesia itu.

Selain itu, rupanya film Wiro Sableng juga ingin “turun gunung” seperti tokoh aslinya yang turun gunung--istilah untuk kembali ke masyarakat setelah Wiro sekian lama bertapa dan dilatih dari kecil oleh sang guru Sinto Gendeng.

Ini demi memuaskan para penggemar. Melalui dunia maya, mereka sudah meneriakkan ketidaksabaran untuk segera menonton Wiro Sableng.

“Kami tidak ingin Wiro Sableng jadi pemutaran film belaka, tapi perayaan bahwa sekali lagi Wiro Sableng ‘turun gunung’ serta bertemu penggemar baru dan lama,” ujar Lala.

Wiro Sableng memang bukan sekadar film biasa. Segala sesuatunya dipersiapkan dengan perencanaan yang matang. Maklum, pembuatan film ini dibantu oleh perusahaan film ternama asal Amerika Serikat, 20th Century Fox.

Pengambilan gambarnya saja memakan waktu empat bulan yang berlangsung pada Agustus hingga November 2017. Sejak kelar syuting hingga saat ini, proses pasca-produksi masih berlangsung, terutama untuk menghaluskan pencitraan komputer (computer generated image/CGI) dalam film ini.

Perjuangan berat itu serta perhatian yang sangat besar dari masyarakat terhadap Wiro Sableng membuat Lala tampak emosional saat berbicara di konferensi pers. Matanya berkaca-kaca, suaranya agak bergetar. Lala berucap, tak hanya ia yang gemetaran. Nyaris semua kru dan pemain juga demikian.

“Sewaktu pre-teaser saja, animo dan ekspektasi orang tinggi banget. Ini satu intellectual property (IP) yang besar banget. Wiro bukan punya LifeLike dan Bastian Tito tapi punya seluruh Indonesia,” ujar Lala.

Lala tambah emosional begitu tahu kabar menggembirakan bahwa teaser teranyar Wiro Sableng tak hanya diluncurkan di Indonesia.

Para penonton di Singapura yang mendapat kesempatan menonton Deadpool 2 pada hari yang sama (11/5), hampir seminggu sebelum film tersebut tayang, juga disuguhkan oleh video cuplikan berdurasi satu menit 20 detik itu.

Maklum Deadpool 2 adalah film superhero produksi Fox, sama halnya dengan Wiro Sableng. Promosi bisa lebih luas dan diselipkan ke karya lain Fox, seperti penampilan Wiro (Vino G. Bastian) dan Anggini (Sherina Munaf) dalam video cuplikan Deadpool 2 versi Fox Indonesia.

Namun, bukan hanya “kolaborasi” Wiro dengan Deadpool yang jadi kabar besar pemicu Lala tampil emosional di panggung. Sayangnya, Lala merahasiakan itu.

“Sebenarnya ada kabar besar lagi yang bagus banget, tapi saya enggak bisa bilang sekarang,” tutup Lala sambil tersenyum misterius.

WIRO SABLENG - Official First Look Teaser /Lifelike Pictures
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR