Mengenal sosok Jenderal Soedirman lewat sebuah film

Jenderal Soedirman dipernakan oleh Adipati Dolken
Jenderal Soedirman dipernakan oleh Adipati Dolken | Film Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman memiliki jasa besar untuk Indonesia, bahkan jasanya tidak berhenti ketika Indonesia sudah merdeka. Sang Jenderal mencoba merebut kembali kemerdekaan Indonesia ketika terjadi serangan Agresi Militer Belanda II.

Dengan kondisi Indonesia yang baru merdeka dan belum memiliki persenjataan yang memadai. Jenderal Soedirman mampu mengumpulkan tenaga militer Indonesia yang saat itu juga masih terpecah dan belum terorganisir dengan baik.

Kehebatan Jenderal Soedirman dalam mengumpulkan, memimpin, dan mengorganisir rakyat pejuang lewar perang girilya, diceritakan melalui film biopik Jenderal Soedirman (2015) yang disutradarai oleh Viva Westi.

Jenderal Soedirman (Trailer) /Beritagar ID

Film ini memperlihatkan bahwa bukan hanya Soekarno dan Hatta yang berjasa dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tetapi rakyat biasa dan tenaga militer Indonesia juga berjasa, walaupun saat itu dengan sumber daya manusia yang terbatas.

Film yang menghabiskan biaya sekitar 10-15 miliar ini, bukan hiburan semata. Film ini diharapkan menjadi sebagai sarana edukasi dalam menyelami sejarah bangsa Indonesia.

Meskipun saat ini penjajahan sudah tidak ada lagi, dengan adanya film Jenderal Soedirman, Viva Westi berharap masyarakat dapat menjadikan sifat teladan Jenderal Soedirman sebagai contoh dan tautan dalam hidup dan berbangsa.

Catatan redaksi: Beritagar.id adalah mitra media film Jenderal Soedirman
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR