FILM INDONESIA

Mengenang Ainun Habibie lewat poster film

Komposisi teaser poster film Habibie & Ainun 3 yang diperankan oleh Maudy Ayunda
Komposisi teaser poster film Habibie & Ainun 3 yang diperankan oleh Maudy Ayunda | MD Pictures

Hari ini (11/8/2019), bertepatan perayaan Iduladha 1440 Hijriah, lahir seorang perempuan bernama Hasri Ainun Besari di Semarang, Jawa Tengah. Kelak sosok tersebut mendampingi B.J. Habibie sehingga publik mengenalnya dengan nama Ainun Habibie.

Memperingati hari kelahiran Ainun Habibe yang wafat dalam usia 72 pada 20 Oktober 1999, rumah produksi MD Pictures merilis teaser poster film Habibie & Ainun 3 yang disutradarai Hanung Bramantyo bersama Pandhu Adjisurya.

Komposisi teaser poster memperlihatkan Ainun tampak dari belakang yang sedang menjahit. Ia tersenyum menoleh ke kiri sehingga jelas terlihat wajah Maudy Ayunda.

Dinding di hadapan Ainun memantulkan bayangan seseorang. Kuat dugaan bayangan itu adalah milik Habibie muda yang diperankan Jefri Nichol.

Menampilkan pose Ainun muda sedang menjahit jelas bukan tanpa sebab. Diketahui, selain gemar membaca buku, alumni fakultas kedokteran di Universitas Indonesia itu juga senang menjahit.

Kebiasaan menjahit itu terbawa hingga episode awal Ainun menemani Habibie kuliah sambil belajar di luar negeri, tak lama setelah pernikahan mereka berdua.

Dari awalnya untuk mengisi waktu, lama-kelamaan seiring hasil jahitannya yang semakin membaik, Ainun terampil memperbaiki pakaian yang rusak, membuat pakaian bayi, dan menjahit pakaian untuk menyambut musim dingin.

Selain itu, dalam materi teaser poster tersematkan pula kalimat “Gula Jawa jadi gula pasir”. Kalimat tersebut diucapkan Habibie sebagai analogi saat pertama kali bertemu kembali dengan Ainun setelah sekian lama berpisah.

Habibie terperanjat campur terpesona melihat perubahan pada diri Ainun. Gadis yang ketika kecil dilihatnya berkulit cokelat telah berubah menjadi seorang yang cantik nan berkulit putih.

Kalimat tersebut juga mengisi dialog dalam film Habibie & Ainun yang diperankan Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL).

Terpilih sebagai pemeran Ainun muda, menggantikan sosok BCL, diakui Maudy (24) merupakan tanggung jawab besar.

“Sebab Eyang Ainun sosok yang sangat inspiratif. Nilai-nilai dan prinsip hidupnya tetap menginspirasi banyak anak-anak muda. Khususnya aku yang mendapatkan kesempatan mengenal lebih dalam lewat film Habibie & Ainun 3 ini,” ujar Maudy.

Pemilihan Maudy juga bukan tanpa alasan kuat. Sosoknya yang cerdas, ia terpilih kuliah di Stanford University, salah satu universitas bergengsi di dunia, ibarat representasi Ainun muda.

Film Habibie & Ainun 3 akan menjadi suguhan unggulan MD Pictures menjelang tutup tahun 2019. Salah satu periode yang kerap menghadirkan film-film blockbuster.

Jika dalam film Rudy Habibie (2016) mengisahkan perjalanan hidup Habibie sebelum mengenal dekat bakal istrinya itu, kali ini giliran masa muda Ainun menempuh pendidikan kedokterannya yang menjadi sentral penceritaan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR