FILM HOLLYWOOD

Mengintip calon peramai Oscar dalam Golden Globe ke-75

Aktris Saoirse Ronan menggenggam Golden Globe yang ia dapat setelah memenangi kategori Aktris Musikal/Komedi Terbaik lewat film Lady Bird.
Aktris Saoirse Ronan menggenggam Golden Globe yang ia dapat setelah memenangi kategori Aktris Musikal/Komedi Terbaik lewat film Lady Bird. | Mike Nelson /EPA

Golden Globe ke-75 telah selesai diselenggarakan di Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, pada Minggu (7/1/2018) waktu setempat.

Ajang Golden Globe kerap dianggap sebagai pemanasan untuk acara besar yang hadir beberapa bulan berikutnya, yaitu Academy Awards alias Oscar.

Daftar nomine Oscar akan diumumkan pada 23 Januari, berujung pada malam puncak penghargaan pada 4 Maret.

Inilah para pemenang Golden Globe ke-75 yang kemungkinan besar akan meramaikan Academy Awards ke-90, setidaknya sebagai nomine.

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Dinominasikan dalam enam kategori, film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri memenangi empat piala antara lain Film Drama Terbaik, Aktris Utama Drama Terbaik (Frances McDormand), Aktor Pendukung Terbaik (Sam Rockwell), dan Skenario Terbaik (Martin McDonagh).

Film ini merupakan drama-komedi gelap yang mengisahkan Mildred Hayes (McDormand), yang menunggu terungkapnya kasus pembunuhan sang anak perempuan. Berbulan-bulan penyelidikan berjalan tanpa hasil, membuat Hayes nekad mengecat merah tiga papan iklan di kotanya dan menulisinya dengan beberapa pesan kontroversial.

Pesan itu jelas ditujukan pada kepala polisi William Willoughby (Woody Harrelson). Lantas, Opsir Dixon (Rockwell) yang gila kekerasan pun terlibat, membuat pertarungan antara Hayes dengan pihak berwajib semakin berkobar.

Tak pelak kekuatan utama Three Billboards adalah performa para aktor. "Three Billboards Outside Ebbing, Missouri dengan cekatan menyeimbangkan komedi gelap dengan drama yang menggelora, didukung performa tak terlupakan oleh para pemeran veterannya," tulis Rotten Tomatoes dalam konsensus kritiknya.

Film yang juga disutradarai McDonagh ini memperoleh rating Tomatometer sebesar 93 persen, dengan nilai rata-rata 8,5 dari 10 poin. Dari 242 kritikus, hanya 17 yang menganggapnya jelek.

Golden Globe kali ini merupakan yang pertama bagi McDormand (60 tahun) secara pribadi. Lewat film Short Cuts (1993) ia pernah memenanginya tapi termasuk dalam pemeran ensembel bersama belasan aktor lain. Selain itu ia sudah enam kali menjadi nomine ajang tahunan ini.

Soal Oscar, McDormand sudah dinominasikan 4 kali dan memperoleh sebuah lewat film Fargo (1996), film drama kriminal karya Coen Bersaudara.

Sementara Rockwell (49) sudah biasa tampil sebagai orang yang menyebalkan. Dalam The Green Mile, ia memerankan seorang napi psikopat. Penggemar Marvel mungkin mengingatnya sebagai Justin Hammer, konglomerat senjata pesaing Tony Stark dalam Iron Man 2.

Golden Globe ini adalah kali pertama Rockwell memperoleh piala dalam ajang besar.

THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI | Official Red Band Trailer | FOX Searchlight /FoxSearchlight

Lady Bird

Jika Three Billboards merajai drama, maka Lady Bird memenangi kategori Musikal/Komedi. Film garapan sutradara dan penulis Greta Gerwig ini bergenre komedi. Dinominasikan dalam empat kategori, Lady Bird berhasil memenangi dua, yaitu Film Musikal/Komedi Terbaik dan Aktris Musikal/Komedi Terbaik (Saoirse Ronan).

Ronan masih belia, tapi prestasinya sudah bikin orang menjura. Usia gadis berdarah Irlandia ini baru 23, tapi ia sudah dinominasikan dua kali dalam ajang Oscar, serta tiga kali dalam Golden Globe. Inilah kemenangan pertama Ronan.

Dalam Lady Bird, Ronan memerankan Christine "Lady Bird" MacPherson, anak SMA tahun terakhir yang merasa berada di tempat yang salah. MacPherson mencari petualangan, keduniawian, dan romansa. Ketiga hal itu sulit didapat di sekolahnya yang punya peraturan ketat sebagai Sekolah Katolik.

Jika melihat ceritanya, Lady Bird biasa saja, berkesan seperti cerita orang kebanyakan. Tentu saja sebagai pemenang Golden Globe, film ini tidak biasa saja.

"Lady Bird memberi kesegaran baru untuk cerita soal huru-hara remaja, dan mengungkap sisi baru penulis-sutradara Greta Gerwig sebagai sineas bertalenta nan dewasa," tulis Rotten Tomatoes dalam konsensus kritiknya.

Dari 215 kritikus, hanya satu yang melempari Lady Bird dengan tomat busuk, menjadikan rating film ini mencapai 99 persen --nilai rata-ratanya 8,8 dari 10 poin.

Sebagai sineas Gerwig juga masih belia, ia baru menginjak usia 35 tahun pada Agustus mendatang. Lady Bird merupakan karyanya yang kedua sebagai sutradara. Sebelumnya Gerwig lebih dikenal sebagai aktris, ia menjadi nomine Aktris Terbaik Komedi/Musikal Golden Globe lewat Frances Ha (2012).

Lady Bird | Official Trailer HD | A24 /A24

Gary Oldman dan Guillermo del Toro

Gary Oldman adalah aktor multi talenta. Berbagai peran yang sangat berbeda mampu ia jalani. Dari polisi korup dalam Leon: The Professional (1994), polisi baik dalam The Dark Knight (2008), bos penjahat dalam The Book of Eli (2010), mentor Harry Potter dalam The Prisoner of Azkaban (2004), hingga menjadi Count Dracula dalam Bram Stoker's Dracula (1992).

Namun ia jarang dilirik juri Golden Globe dan Oscar. Dalam ajang Oscar ia hanya sekali dinominasikan lewat Tinker Tailor Soldier Spy (2011). Kini kans dia memenangi Oscar terbuka lebar setelah memenangi Golden Globe lewat Darkest Hour.

Dalam film karya sutradara Joe Wright itu, Oldman mencoba peruntungan sebagai Winston Churchill, Perdana Menteri yang bertugas memimpin Inggris saat Perang Dunia II sedang sengit-sengitnya.

Untuk memerankan Churchill yang pendek gemuk (167cm, 113kg), butuh totalitas bagi Oldman yang berbadan normal (174cm, 72kg). Ia pernah menyatakan butuh waktu 200 jam untuk menemukan penampilan yang tepat. Riasannya saja mencapai 30kg.

Sementara, Del Toro yang memenangi sutradara terbaik kembali menyelami genre fantasi lewat The Shape of Water.

Amerika Serikat era Perang Dingin, 1962. Alkisah Elisa (Sally Hawkins) adalah seorang tukang bersih-bersih dalam sebuah fasilitas rahasia milik pemerintah. Hidupnya yang selalu menyendiri berubah ketika ia dan rekannya Zelda (Octavia Spencer) menemukan makhluk misterius dalam sebuah tangki air.

Premis fantasi dengan embel-embel makhluk misterius itu tak beda jauh dengan karya Del Toro sebelumnya seperti Mimic (1997), Hellboy (2004), dan Pan's Labyrinth (2006). Namun baru kali ini ia sampai bisa menjadi nomine Sutradara Terbaik, bahkan memenangi Golden Globe.

Selain tangan dingin Del Toro, sebetulnya kehebatan The Shape of Water juga ada pada performa Sally Hawkins sebagai tokoh utama. Sebelum kalah dari Saoirse Ronan, ia dinominasikan sebagai Aktris Drama Terbaik, ketiga kalinya ia menjadi nomine dalam Golden Globe.

Darkest Hour - Official International Trailer (Universal Pictures) HD /Universal Pictures UK
THE SHAPE OF WATER | Official Trailer | FOX Searchlight /FoxSearchlight

Inilah para nomine dan pemenang Golden Globe untuk kategori film bioskop. Selengkapnya dapat dilihat di tautan ini.

Best Motion Picture - Drama

Call Me By Your Name

Dunkirk

The Post

The Shape of Water

Pemenang: Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Best Motion Picture - Musical or Comedy

The Disaster Artist

Get Out

The Greatest Showman

I, Tonya

Pemenang: Lady Bird

Best Motion Picture - Animated

The Boss Baby

The BreadPemenang

Pemenang: Coco

Ferdinand

Loving Vincent

Best Motion Picture - Foreign Language

A Fantastic Woman

First They Killed My Father

Pemenang: In the Fade

Loveless

The Square

Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Drama

Jessica Chastain, Molly's Game

Sally Hawkins, The Shape of Water

Pemenang: Frances McDormand, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Meryl Streep, The Post

Michelle Williams, All the Money in the World

Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Drama

Timothee Chalamet, Call Me By Your Name

Daniel Day-Lewis, Phantom Thread

Tom Hanks, The Post

Pemenang: Gary Oldman, Darkest Hour

Denzel Washington, Roman J. Israel, Esq.

Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Musical or Comedy

Judi Dench, Victoria & Abdul

Helen Mirren, The Leisure Seeker

Margot Robbie, I, Tonya

Pemenang: Saoirse Ronan, Lady Bird

Emma Stone, Battle of the Sexes

Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Musical or Comedy

Steve Carell, Battle of the Sexes

Ansel Elgort, Baby Driver

Pemenang: James Franco, The Disaster Artist

Hugh Jackman, The Greatest Showman

Daniel Kaluuya, Get Out

Best Performance by an Actress in a Supporting Role in any Motion Picture

Mary J. Blige, Mudbound

Hong Chau, Downsizing

Pemenang: Allison Janney, I, Tonya

Laurie Metcalf, Lady Bird

Octavia Spencer, The Shape of Water

Best Performance by an Actor in a Supporting Role in any Motion Picture

Willem Dafoe, The Florida Project

Armie Hammer, Call Me By Your Name

Richard Jenkins, The Shape of Water

Christopher Plummer, All the Money in the World

Pemenang: Sam Rockwell, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Best Director - Motion Picture

Pemenang: Guillermo del Toro, The Shape of Water

Martin McDonagh, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Christopher Nolan, Dunkirk

Ridley Scott, All the Money in the World

Steven Spielberg, The Post

Best Screenplay - Motion Picture

Guillermo del Toro dan Vanessa Taylor, The Shape of Water

Greta Gerwig, Lady Bird

Liz Hannah dan Josh Singer, The Post

Pemenang: Martin McDonagh, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Aaron Sorkin, Molly's Game

Best Original Score - Motion Picture

Carter Burwell, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Pemenang: Alexandre Desplat, The Shape of Water

Jonny Greenwood, Phantom Thread

John Williams, The Post

Hans Zimmer, Dunkirk

Best Original Song - Motion Picture

"Home," Ferdinand

"Mighty River," Mudbound

"Remember Me," Coco

"The Star," The Star

Pemenang: "This Is Me," The Greatest Showman

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR