Menyelami seni pewayangan Indonesia lewat permainan

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyelami sejarah budaya Indonesia di era digital sekarang ini.

Universitas Prasetiya Mulya Jakarta bekerja sama dengan Rumah hantu Jakarta, menggelar wahana permainan yang dapat menambah pengetahuan tentang tokoh-tokoh pewayangan di Indonesia dengan tema Trilogy of Pandawa.

Permainan dalam ruangan tertutup atau disebut escape room, menjadi arena menantang yang bisa dicoba pengunjung karena menggabungkan unsur misteri serta kemampuan logika. Dalam memecahkan teka-teki di ruangan tersebut, peserta harus mendapatkan petunjuk menuju pintu keluar dengan menggabungkan sifat-sifat tokoh Pandawa Lima.

Tokoh-tokoh Pandawa Lima yang digunakan dalam permainan ini, seperti Yudhistira, Bima, dan Arjuna, dipadukan dengan filosofi makanan khas Indonesia, yaitu Tumpeng dalam bentuk workshop dan escape room.

Setiap peserta yang akan mengikuti permainan ini, dapat membaca dan memahami petunjuk dari tokoh trilogi pewayangan yang ada dalam escape room. Mereka dituntut untuk bekerja sama dalam memecahkan kata sandi. Setelah itu, pengunjung dapat membuka kotak untuk mendapatkan petunjuk berikutnya hingga memperoleh kunci keluar untuk menyelesaikan permainan.

"Acara ini bertujuan menambah pengetahuan serta mendalami tokoh-tokoh pewayangan di Indonesia. Selain itu, melalui kegiatan ini, pengunjung dari berbagai kalangan usia juga diharapkan dapat membawa sifat-sifat baik dari tokoh Pandawa Lima dalam kehidupan mereka," ungkap Viga Sakina Ramadhanty, Media Partnership, event Trilogy of Pandawa.

Salah satu pengunjung dan peserta Trilogy of Pandawa pun, cukup antusias untuk terlibat dalam permainan ini. "Saya sangat penasaran, jadi saya coba berkali-kali (hingga 4 kali) untuk menyelesaikan permainan. Cukup sulit dan menantang, makanya saya mau coba terus," tutur Ano, salah satu peserta escape room Trilogy of Pandawa.

Ano juga menambahkan jika permainan seperti ini dapat membantu mengingat dan melestarikan budaya asli yang menjadi akar budaya di Indonesia. "Kegiatan seperti ini sangat bagus dan positif buat yang belum kenal sama sekali atau bisa menyegarkan kembali ingatan kita kalau Indonesia ini punya budaya asli dan sejarah yang keren banget, ya seperti Pandawa Lima ini."

Tak hanya permainan, Trilogy of Pandawa juga menyuguhkan workshop Slime Making untuk pengunjung anak-anak, serta workshop face painting.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam acara Trilogy of Pandawa dapat mengunjungi Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang. Acara ini berlangsung sejak 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017. Dengan membayar Rp35.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp40.000 (Sabtu dan Minggu) pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas di sini mulai dari pukul 13.00 sampai 21.00 WIB.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media acara Trilogy of Pandawa

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.