FILM INDONESIA

Miles adaptasi film Korea menjadi Bebas

Para pemain remaja dalam film Bebas. Atas, kiri ke kanan: Agatha Pricilla, Maizura, dan Zulfa Maharani. Bawah, kiri ke kanan: Sheryl Sheinafia, Baskara Mahendra, dan Lutesha
Para pemain remaja dalam film Bebas. Atas, kiri ke kanan: Agatha Pricilla, Maizura, dan Zulfa Maharani. Bawah, kiri ke kanan: Sheryl Sheinafia, Baskara Mahendra, dan Lutesha |

Miles Films kembali bersiap membuat film baru. Mereka akan mengadaptasi sebuah film asal Korea Selatan berjudul Sunny (2011) menjadi film lokal dengan judul Bebas.

Bebas jadi kali pertama rumah produksi di balik Ada Apa Dengan Cinta? (2002) ini membuat ulang sebuah film asing. Mira Lesmana, produser Miles Films, mengaku suka sekali dengan Sunny, yang memiliki genre dramedi (drama dan komedi) dengan unsur cinta dan persahabatan.

Kisahnya mengenai tujuh sahabat perempuan di sebuah sekolah. Karena sebuah kejadian, mereka terpisah selama 25 tahun. Kini, salah satu dari mereka terbaring sekarat di rumah sakit. Ia ingin bertemu dengan sahabat-sahabatnya untuk yang terakhir kali.

“Saya merasa cerita ini akan jadi spesial bagi penonton Indonesia,” ujar Mira dalam konferensi pers di Dhonika Eatery, Antasari, Jakarta Selatan, pada Selasa (12/3/2018).

Mira melanjutkan, “Pertama kali saya menonton Sunny, saya membayangkan muatan lokal yang bisa kami berikan pada penonton Indonesia.”

Seperti film aslinya, Bebas akan menampilkan dua masa. Pertama, tahun 1996, ketika para karakter masih sekolah. Kedua, era masa kini ketika mereka sudah dewasa.

Namun, tentunya ada beberapa perbedaan yang diperlukan untuk penyesuaian dengan latar Indonesia. Miles Films diberi keleluasaan berkreasi oleh CJ Entertainment, perusahaan Korsel di balik film Sunny.

“Salah satu yang mereka (CJ Entertainment) tekankan adalah sebaik mungkin di-recreate dan relatibility-nya dengan Indonesia,” ungkap Mira.

Inti ceritanya tetap sama, sahabat yang terpisah dan reuni karena salah satu sekarat. Namun, pemeran utama Bebas adalah lima siswi dan seorang siswa yang menjadi sahabat baik selama SMA.

“Sekolahnya bukan sekolah perempuan (seperti di film aslinya, red.). Di Indonesia, kita terbiasa dengan sekolah campur. Untuk relatibility itulah kami memutuskan latar di sekolah campur,” jelas Mira.

Perbedaan lain adalah lagu tema. Judul Sunny diangkat dari lagu berjudul sama dari Boney M, musisi AS yang tenar pada 1970-an. Selain “Sunny”, dalam film Sunny juga ada lagu Barat lain seperti “Time After Time” oleh Tuck & Patti dan “Reality” oleh Richard Sanderson. Tentunya lagu-lagu Korea juga ada.

Sementara Bebas akan menampilkan setidaknya 10 lagu Indonesia yang tenar pada 1990-an. Yang terungkap baru sebuah, yaitu “Bebas”, lagu beken penyanyi rap Iwa K, dirilis pada 1994.

“‘Bebas’ adalah salah satu lagu yang menandai era 1990-an,” ungkap Riri Riza, yang bertindak sebagai sutradara. Riri melanjutkan, “Bebas itu sebuah filosofi yang penting banget untuk kita pegang. Bagaimana kita bisa merdeka, kreatif, melihat harapan dengan optimisme di masa depan.”

Tentu saja kultur pop era 1990-an akan ditampilkan dalam film ini, dari tren fesyen dan kehidupan remaja pada era tersebut.

Melihat jalan ceritanya, ada dua kategori umur untuk para pemeran di film Bebas.

Pertama adalah aktor-aktor muda dan remaja yang akan muncul di bagian era 1990-an. Mereka adalah Maizura (18 tahun), Sheryl Sheinafia (22), Agatha Pricilla (21), Zulfa Maharani (19), Luthesha (24), Syifa Hadju (18), Amanda Rawles (18), Brandon Salim (22), Kevin Ardilova (19), Jefri Nichol (20), dan Giorgino Abraham (24).

Kedua, aktor-aktor dewasa seperti Marsha Timothy (40), Susan Bachtiar (45), Indy Barens (47), Widi Mulia (39), Baim Wong (37), Sarah Sechan (44), dan Tika Panggabean (48).

Miles Films dan para pemeran belum membocorkan mereka semua akan jadi karakter seperti apa dalam film Bebas.

Syuting Bebas akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret. Sebagian besar dilakukan di Jakarta, menjadi film pertama Miles yang mayoritas syutingnya di Jakarta sejak Ada Apa Dengan Cinta (2002).

"Mudah-mudahan bisa tayang menjelang akhir tahun," tutup Mira.

Kenalan dengan Pemain Film BEBAS /Miles Films
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR