Mockingjay 2 tak sesuai harapan, Lionsgate salahkan Star Wars

Pendapatan Mockingjay - Part 2 menurun USD100 juta dibandingkan dengan film Hunger Games sebelumnya.
Pendapatan Mockingjay - Part 2 menurun USD100 juta dibandingkan dengan film Hunger Games sebelumnya. | Lions Gate Entertainment /thehungergames.movie

Bos Lionsgate menyatakan bahwa pendapatan Hunger Games: Mockingjay - Part 2 tidak sesuai harapan karena harus menghadapi persaingan dengan Star Wars Episode VII: The Force Awakens.

Deadline (5/2/2016) melaporkan bahwa Rob Friedman, co-chairman Lionsgate Motion Picture Group menambahkan bahwa faktor lainnya adalah serangan teroris yang terjadi di Paris.

"Saya pikir kombinasi yang unik antara kejadian serangan teroris di Eropa dan Star Wars membuat angka pendapatan Mockingjay - Part 2 berkurang sekitar USD50 hingga 100 juta," ujar Friedman.

Dari sisi pendapatan, Mockingjay - Part 2 memang lebih rendah nyaris USD100 juta dibanding The Hunger Games: Mockingjay - Part 1. Jika seluruh film Hunger Games dibandingkan, pendapatan Mockingjay Part - 2 --baik global maupun domestik Amerika Serikat-- paling rendah.

Berikut perbandingan pendapatan keempat film The Hunger Games yang dilansir dari situs Box Office Mojo:

  1. The Hunger Games: Catching Fire (2013) - USD865 juta
  2. The Hunger Games: Mockingjay - Part 1 (2014) - USD755,4 juta
  3. The Hunger Games (2012) - USD694,4 juta
  4. The Hunger Games: Mockingjay - Part 2 (2015) - USD652,2 juta

Serangan teroris di Paris, Prancis, terjadi tanggal 13 November 2015. Sekitar seminggu setelah Mockingjay - Part 2 tayang perdana di Eropa, dan seminggu sebelum tayang perdana di Amerika Serikat.

Sementara The Force Awakens mulai tayang sekitar satu bulan kemudian, dimulai dari 14 Desember di Amerika Serikat. Biarpun ada jeda sebulan, pemasaran yang gila-gilaan dari Disney untuk film ini membuat pamor Mockingjay - Part 2 memudar.

"The Force Awakens menyambar semua porsi utama pemberitaan dari Mockingjay - Part 2. Tidak ada satu pun cerita jelang pemutaran Hunger Games, semua cakupan adalah milik Star Wars," ujar Jeff Bock, pengamat box office, seperti dikutip dari Variety.

Sementara Screenrant memperkirakan faktor lainnya adalah harga tiket bioskop di Amerika Serikat naik, membuat orang semakin memilih-milih dalam menonton film.

Adapun performa The Force Awakens dalam tangga box office memang luar biasa dan memecahkan banyak rekor. Di hari perdananya (18/12/2015), saga ketujuh perang bintang meraup USD120,5 juta, merupakan film pertama yang memperoleh lebih dari USD100 juta dalam sehari.

Meskipun Mockingjay - Part 2 tidak sesuai harapan Lionsgate, ada kemungkinan waralaba Hunger Games akan kembali muncul dalam bentuk prekuel.

Ketiga novel Hunger Games karya Suzanne Collins sudah difilmkan. Namun masih banyak bahan yang bisa digali untuk dijadikan prekuel, contohnya adalah sejarah acara Hunger Games itu sendiri.

BACA JUGA