Mumford & Sons rasa baru dituding mirip Coldplay

Mumford & Sons siap rilis album ketiga
Mumford & Sons siap rilis album ketiga | eventim.de

Kuartet Marcus Mumford (vokal/gitar), Ben Lovett (kibor/piano/vokal), Winston Marshall (gitar/vokal) dan Ted Dwane (bas/vokal) akan merilis album terbaru Wilder Mind pada 4 Mei 2015. Ini merupakan album ketiga setelah album terdahulu Babel sukses menyabet gelar "Album of the Year" di ajang prestisius Brit Award dan Grammy Award 2012.

Sebagai langkah awal, band asal London, Inggris, ini meluncurkan single jagoan Believe. Diputar pertama kali di BBC Radio 1 (Inggris) dan iHeartRadio (AS), lagu tersebut akhirnya dapat dinikmati secara global setelah versi audionya diunggah ke kanal YouTube (9/3).

Single tersebut menghadirkan kesan perubahan signifikan pada ramuan bermusik Mumford & Sons. Mereka tidak lagi menggunakan bunyi banjo yang selama ini jadi andalan dan diganti oleh bunyi gitar elektrik yang mengawang serta synthesizer.

Perubahan gaya musikalitas musisi adalah hal lumrah. Perubahan tersebut bisa diartikan bagian dari proses pendewasaan atau bentuk eksplorasi ke ranah yang lebih luas dan baru. Dalam kasus Mumford & Sons, khususnya lagu Believe, sebagian pengamat dan penggemar menyamakannnya dengan Coldplay.

Christopher Rosen dari Huffington Post menulis, Believe ibarat lagu favorit Chris Martin (vokalis Coldplay). Sementara Jessica Toomer melalui tulisannya di Uproxx menganggap lagu tersebut berbau Coldplay ketimbang Mumford & Sonds. Pendapat senada juga diungkapkan Dee Lockett dari Vulture yang menilai Believe terinspirasi A Sky Full of Stars­-nya Coldplay.

Marcus (28) saat diwawancarai Rolling Stone mengaku mendengarkan album Led Zeppelin, Dire Straits, Fleetwood Mac, dan Radiohead selama menggarap album ini. Sementara lagu Believe dirancang di Texas, AS, saat menghadiri acara pernikahan seorang sahabat selama sepekan. "Saat kami berkumpul kembali di London, anak-anak sudah mengajukan demo lagu itu di atas meja saya sambil menyanyikannya."

And @coldplay RT @annkpowers: That new Mumford song is 58 per cent of a U2 song

— ADIB HIDAYAT (@AdibHidayat) March 10, 2015

@BaileyStark @MumfordAndSons @EmmaStarkie96 @kylistark It does kinda sound like Coldplay

— Brooke Upton (@BrookeUpton2) March 9, 2015

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR