FILM INDONESIA

MVP Pictures siapkan 8 film baru dari berbagai genre

Produser Raam Punjabi (tengah, berompi hitam) berpose bersama para pemain film Kuntilanak dalam acara konferensi pers yang  digelar di Multivision Tower, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2018).
Produser Raam Punjabi (tengah, berompi hitam) berpose bersama para pemain film Kuntilanak dalam acara konferensi pers yang digelar di Multivision Tower, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2018). | MVP Pictures

Rumah produksi MVP Pictures mengumumkan bahwa mereka akan merilis delapan film pada 2018. Namun dalam acara konferensi pers yang digelar di Multivision Tower, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2018), yang diperkenalkan baru tiga film.

Yang pertama kali dibeberkan adalah EL. Judulnya sederhana, tapi kisahnya cukup rumit, mengenai kepribadian ganda.

Dafychi (Aurelie Moeremans) adalah seorang siswi SMA yang punya kepribadian ganda bernama Dafyna. Keduanya jauh berbeda. Dafichy cuek, tomboi, dingin, dan bersifat seperti pemberontak, sementara Dafyna adalah gadis manis yang feminin.

Ia kemudian bertemu Mario (Achmad Megantara), eksekutif muda sukses yang dingin. Mario jatuh hati pada Dafychy, meski tahu bahwa ia punya kelainan psikologis. Konflik pun muncul karena Ando (Dimaz Andrea), kakak Dafychy yang juga sahabat Mario, sangat overprotected terhadap adiknya.

Kisah ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Luluk HF dan sudah dibaca 23 juta kali. "Saya dan tim saya baca bukunya, ceritanya menarik banget. Kena di hati. Padahal drama cinta bukan tipe cerita yang saya suka," ujar produser Amrit Punjabi.

"20 juta pembaca walaupun bukan jaminan sukses," tukas sutradara Findo Purwono. "Novel EL ini ceritanya sangat unik. Tantangan juga buat para pemain. Tapi Aurelie sangat profesional bisa memilah karakter yang satu dengan yang lainnya," jelas sutradara Buruan Cium Gue (2004) ini.

Sementara sang aktris utama mengaku sangat antusias dengan peran Dafyna dan Dafychy sekaligus. "Aku baca bukunya, habis dalam tiga jam. Jadi aku sangat bangga main di sini," ujar Aurelie.

"Ceritanya bagus dan unik. Aku suka dengan peran peran seperti itu, seperti film Split misalnya. Aku banyak YouTube-an, Googling, untuk tahu bagaimana dan kenapa orang bisa split personality," jelas perempuan berusia 24 ini.

Selain Aurelie, Achmad, dan Dimaz, EL turut diperkuat Meriam Belina, Brigitta Cynthia (dikenal dengan nama 'Gigi', mantan personel Cherrybelle), Verdi Soelaiman, dan Manohara Odelia. EL akan tayang pada pertengahan tahun.

Remake Kuntilanak

Aurelie juga bermain dalam film lain yang diperkenalkan Multivision pada kesempatan yang sama yaitu Kuntilanak. Namun dalam film remake yang kembali digarap Rizal Mantovani ini, perempuan keturunan Belgia itu tak jadi pemeran utama.

Sebab, Kuntilanak versi 2018 mengisahkan sekelompok anak kecil yang nekat mengeksplor rumah terbengkalai demi memenangkan sayembara reality show untuk membuktikan kebenaran adanya makhluk yang suka menculik anak kecil.

Petualangan yang mereka pikir akan bawa keseruan, justru menjadi malapetaka saat makhluk mengerikan Kuntilanak, masuk ke dunia manusia melalui sebuah cermin kuno. Kini, ia memburu gerombolan anak-anak itu sebagai korban baru.

Pemeran anak-anak dalam Kuntilanak adalah Andryan Sulaiman, Sandrinna Michelle Skornicki, Adlu Fahrezy, Ali Fikri, Ciara Brosnan, dan Naufal Ho. Mereka didampingi beberapa aktor dewasa. Selain Aurelie, ada Fero Walandouw, Nena Rosier, dan vokalis Alexa Aqi Singgih.

Sementara sang sutradara mengaku akan membawa hal baru dan segar dibanding versi lama yang dibintangi Julie Estelle pada 2006. "Kuntilanak adalah film horor pertama saya yang dapat respon baik. Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa saya lakukan di film sebelumnya seperti visual efek, yang kini bisa bikin lebih seru serta seram," ujar Rizal Mantovani.

Kuntilanak dijadwalkan untuk tayang pada pertengahan 2018.

Gentayangan

Film ketiga juga bergenre horor dan memiliki unsur karakter anak. Judulnya Gentayangan. Selain anak-anak, Gentayangan membanggakan spektrum karakter yang luas.

Pasangan suami istri Abimanyu (Baim Wong) dan Sofia (Nadine Alexandra) mengalami kesulitan keuangan sehingga mereka dan anak-anaknya Bondi (Bima Azriel) dan Amira (Marsha Aurelia) harus tinggal di sebuah hotel peninggalan ayah Abimanyu yaitu Kaki Langit yang terletak di Puncak, Bogor.

Mereka turut mengajak adik Abimanyu, Sheila (Jelita Callebout), dan asisten rumah tangga Zainab (Windy Hapsari).

Kejadian menyeramkan berturut-turut dialami oleh keluarga ini. Puncaknya Bondi dan Amira diserang kekuatan tak terlihat, sehingga Amira menghilang tanpa jejak.

Gentayangan juga dibintangi oleh Brianna Simorangkir, Chris Laurent, Haydar Saliszh, Fuad Idris, Arswendi, Joshua Pandelaki, dan Ronny P. Tjandra. Belum diketahui kapan film garapan sutradara Witra Asliga ini akan tayang di bioskop.

Tersanjung dan Catatan Si Boy hidup lagi

Perfilman di Indonesia sudah tak asing dengan judul-judul daur ulang. Contohnya Pengabdi Setan, film terlaris tahun lalu merupakan remake film berjudul sama yang dirilis pada 1980.

Rupanya MVP Pictures melihat tren ini dan mencoba membawa kembali judul-judul klasik seperti Kuntilanak. Namun rumah produksi yang rajin membuat sinetron ini masih punya senjata rahasia yaitu remake sinetron Tersanjung (1998-2005) dan Catatan Si Boy 6 (film pertamanya dirilis pada 1987).

Catatan Si Boy 6 akan digarap oleh sutradara Rizal Mantovani, sementara Hanung Bramantyo menggarap Tersanjung. Selain itu, sayangnya MVP Pictures masih menutup rapat mengenai Tersanjung dan Catatan Si Boy 6.

Tersanjung merupakan sinetron yang menguasai layar televisi selama 7 tahun. Karakter utama wanita yaitu Indah saja berganti pemeran selama tiga kali, dari Lulu Tobing, Jihan Fahira, hingga Lingga Suri.

Menilik judulnya,Catatan Si Boy 6 tentu merupakan sekuel dari Catatan Si Boy. Pertama hadir di bioskop pada 1987, rupanya film remaja ini laris manis. Tiap tahun berikutnya ada sekuel Si Boy, hingga berakhir pada Catatan Si Boy 5 tahun 1991.

Para pemeran utama pun kebanyakan masih hidup meski tak semua masih aktif berakting. Mereka adalah Onky Alexander, Meriam Bellina, Btari Karlinda, Ayu Azhari, dan Dede Yusuf. Sayangnya, pemeran Emon yaitu Didi Petet sudah wafat pada tahun 2012.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR