FILM INDONESIA

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini akan difilmkan

Kiri ke kanan: sutradara Angga Dwimas Sasongko, produser Anggia Kharisma, dan Marchella FP, penulis buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.
Kiri ke kanan: sutradara Angga Dwimas Sasongko, produser Anggia Kharisma, dan Marchella FP, penulis buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. | Visinema Pictures

Satu lagi karya tulis diangkat menjadi film bioskop. Sukses dengan Filosofi Kopi (2015) dan Keluarga Cemara (2019), sutradara Angga Dwimas Sasongko melalui rumah produksi miliknya Visinema Pictures akan mengangkat buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini ke layar lebar.

“Buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini adalah kumpulan tulisan yang merefleksikan pengalaman personal seseorang,” ujar Anggia Kharisma, produser sekaligus Chief Content and Strategy dari Visinema Group dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Selasa (12/2/2019).

Buku karya Marchella FP itu relatif masih baru, dengan tanggal rilis perdana pada Oktober 2018. Terdiri dari 200 halaman, isinya adalah kumpulan nasihat seorang ibu bernama Awan yang ditujukan untuk menjadi kapsul waktu bagi anak-anak dan cucunya di masa depan.

Satu pesan dibuat dalam kalimat singkat berisi beberapa baris kata, dilengkapi dengan ilustrasi sederhana. Meski resepnya sederhana, justru itu memikat. Popularitas buku ini meroket. Saat masa pra-pemesanan dibuka, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini ludes hanya dalam hitungan menit dan sudah dicetak ulang 12 kali.

Anggia melanjutkan, “Bukunya sukses membawakan konten sederhana namun unik dan memikat sehingga saya ingin mengadaptasi cerita tersebut ke medium layar lebar agar bisa membawa pesannya kepada lebih banyak orang.”

Mengenai bukunya, Marchella menyatakan, “Tulisan ini sangat personal buat saya sampai akhirnya masuk proses riset, saya ketemu ribuan cerita dari berbagai sudut pandang. Dari situ cerita Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini diperkaya jadi rangkuman banyak rasa yang disederhanakan.”

Kesuksesan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tidaklah se-instan kedengarannya. Marchella FP adalah penulis buku lain yang sukses lebih dulu, yaitu Generasi 90’an (2013).

Buku tersebut adalah nostalgia ke era 1990-an, seakan menjadi mesin waktu bagi yang membacanya. Generasi 90’an menampilkan berbagai film, musik, dandanan, permainan, hingga bacaan, dan makanan era 1990-an yang disajikan dalam bentuk ilustrasi oleh si penulis.

Marchella (28) memang memiliki jiwa desainer. Ia lulusan jurusan Desainer Komunikasi dan Visual di Universitas Bina Nusantara. Buku Generasi 90’an adalah hasil dari skripsinya. Meski sempat susah cari penerbit, akhirnya buku tersebut sukses di kalangan milenial.

Kesuksesan Generasi 90’an membuat Marchella bisa memiliki modal untuk membuat Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). “Tapi proses cari mood yang tepat untuk menggarap NKCTHI ini sungguh sangat sulit,” ujar Marchella pada Tribun News (19/11/2018).

Sebelum mengejawantahkannya gagasan-gagasannya jadi bentuk buku, Marchella lebih dulu membuat akun Instagram-nya, yaitu @nkcthi pada Februari 2018. Akun ini berisi gambar ilustrasi dan kutipan-kutipan tentang kehidupan yang kelak akan jadi bagian buku.

Kadang, Marchella mencoba berinteraksi dengan para pengikutnya dengan membuat pertanyaan melalui fitur Instagram Story. Ini memperkaya konten untuk buku, juga mendekatkan Marchella dengan berbagai pengikutnya.

Sehingga dalam bukunya, tak semua kutipan berpengaruh untuknya, meski ada juga yang jelas punya andil.

“Ada beberapa kutipan dalam buku NKCTHI yang berpengaruh untuk saya. Intinya, manusia kadang terlalu keras kepada dengan jawaban ‘tidak’. Padahal, saat Tuhan bilang ‘tidak’, saat itu juga Tuhan memberikan yang terbaik pada kita lewat cara yang lain,” ungkapnya.

Setelah bukunya jadi, Marchella secara khusus membuat sebuah daftar lagu (playlist) di layanan pengaliran lagu Spotify dengan judul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Ia mencoba memilihkan lagu-lagu yang dapat membangun emosi saat membaca bukunya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR