Nasib tokoh Alya dalam AADC 2

Ladya Cheryl memilih melanjutkan kuliah di New York, AS
Ladya Cheryl memilih melanjutkan kuliah di New York, AS | Ramdani/Tempo

Kelanjutan romantika Geng Cinta dan Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) tayang mulai 28 April 2016. Seperti ramai diwartakan sebelumnya, kali ini tak ada lagi tokoh Alya yang diperankan Ladya Cheryl dalam Geng Cinta.

Produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza memilih untuk meniadakan tokoh tersebut ketimbang menggantikannya dengan aktris lain. Padahal ada banyak aktris calon pengganti Ladya yang bisa jadi opsi membawakan karakter Alya.

Jalinan persahabatan di antara para pemeran Geng Cinta bukan hanya terjadi dalam film, namun menyambung hingga ke luar set alias kehidupan nyata. Faktor tersebut yang menjadi pertimbangan utama mengapa Mira dan Riri enggan menggantikan tokoh Alya dengan pemain lain.

Akan muncul rasa kagok di antara mereka jika memunculkan Alya dalam wujud pemain lain. Karenanya keputusan final adalah mengakhiri perjalanan Alya dalam cerita AADC. Sebuah opsi emosional dan sempat memantik perdebatan di antara Mira, Riri, dan Geng Cinta yang diperkuat Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Titi Kamal, Sissy Prescillia.

"Saya coba merasakan bagaimana rasanya kehilangan Ladya Cheryl atau Alya dalam geng mereka. Dan keputusan akhirnya adalah meniadakannya dengan cara yang akan penonton lihat dalam film ini," ungkap Mira dengan suara terbata-bata dalam konferensi pers film AADC 2 di XXI Senayan City, Jakarta Selatan (25/4/2016).

Pilihan tersebut diambil karena dalam kehidupan nyata, kehilangan seorang yang kita sayangi adalah sebuah keniscayaan.

"Justru pilihan seperti itu membuat emosi dari keseluruhan anggota dalam Geng Cinta menjadi lebih nyata. Tapi bukan berarti porsi Alya yang sebelumnya sempat tertulis dalam skenario dialihkan kepada karakter lain seperti Karmen atau Maura. Tidak ada reposisi sama sekali," lanjut Mira.

Diungkapkan Mira yang juga bertugas sebagai penulis naskah bersama Prima Rusdi, dalam draft pertama skenario AADC 2 yang masih sangat mentah karena hanya berisi 43 halaman, tokoh Alya masih ada dalam cerita.

Kabar bahwa Ladya tidak bisa ikut karena harus kuliah penyutradaraan di New York, Amerika Serikat, berembus pada 24 Agustus 2015 alias dua bulan sebelum syuting di Yogyakarta berlangsung. Otomatis dengan berat hati semua yang terkait dengan Alya harus dihapus.

Sissy dan Asti kepada Beritagar.id (10/3) mengaku pada awalnya sempat merasa kehilangan. Namun mereka pada akhirnya memaklumi keputusan yang diambil Ladya, bahkan mendukung dengan sepenuh hati. "Alya mungkin tidak ikut main dalam AADC 2, tapi dia akan selalu ada di antara kami," tutur Sissy.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR