Resep persahabatan Nicholas Saputra dengan Dian Sastro

Nicholas Saputra tak terlalu kesulitan menggali lagi memori tentang karakter Rangga dalam AADC 2
Nicholas Saputra tak terlalu kesulitan menggali lagi memori tentang karakter Rangga dalam AADC 2 | Bismo Agung/Beritagar.id

Pemeran Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), Nicholas Saputra, tidak bisa melupakan sosok Dian Sastrowardoyo (33). Pemeran Cinta itu bukan sekadar jadi rekan bermain dalam film. Hubungan persahabatan keduanya, juga dengan para pemain lain, terjalin hingga di luar lokasi syuting.

Beringsutnya waktu setelah bagian pertama AADC rilis pada 2002 tak melunturkan hubungan tersebut. Keduanya lantas disandingkan dengan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, atau Slamet Rahardjo dengan Christine Hakim. Menjadi sepasang kekasih dalam film, tapi tidak pernah melibatkan perasaan tersebut di luar lokasi syuting.

Apa resepnya?

"Harus terus berada dalam kerangka profesional. Karena dengan itu kita jadi tahu batas dan saling percaya bahwa apa pun adegan yang kita lakukan murni sebagai bentuk totalitas kita dalam berakting," ungkap Nico -sapaan Nicholas- kepada Beritagar.id, Kamis (3/3/2016).

Nico yang pada 24 Februari lalu genap berumur 32 tahun kami temui di kantor Miles Film di Jalan RC Veteran Raya, Bintaro, Jakarta Selatan. Menggunakan kaos putih bertuliskan "Ada Apa Dengan Cinta 2" yang dipadu celana jeans berwarna gelap, Nico mengaku bersyukur bisa tetap menjaga komitmen untuk tidak hanyut dengan perasaan kepada rekan mainnya dalam film.

"Saya rasa itu resep semua aktor. Tidak ada sesuatu yang terlalu spesial karena seperti itulah cara kami bekerja. Coba bayangkan misalnya kalau kita terlibat cinta lokasi dengan teman main, begitu mau pengambilan gambar, lantas tiba-tiba bertengkar. Wah, syuting bisa kacau," lanjut Nico.

Komitmen untuk tidak mau terjebak hubungan asmara membuat mereka bisa terus menjaga hubungan persahabatan hingga saat ini. Faedahnya juga telah dirasakan.

Persiapan syuting AADC 2 menjadi lebih mudah. Tak ada lagi proses menciptakan keterikatan emosi dan psikologis (chemistry) dengan cara menongkrong bareng, makan bersama, dan saling telepon. Aktivitas tersebut hanya mereka lakukan di film pertama.

"Pendekatan seperti itu kami lakukan karena statusnya belum kenal satu sama lain. Agar chemistry-nya terbentuk ketika syuting, kami harus mengakrabkan diri dengan melakukan kegiatan yang segala rupa tadi."

Karena cairan alkimia antara sesama alumni Universitas Indonesia (Nico jurusan arsitektur, Dian jurusan filsafat) ini telah berpadu dengan baik, tidak sulit bagi keduanya membangun kembali chemistry. Memori emosional tentang tokoh itu masih tersimpan dengan rapi.

Saat produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza mengajak mereka kembali bermain dalam AADC 2, memunculkan lagi karakter Rangga dan Cinta bukan sebuah hal yang terlampau sulit dilakukan.

"Persiapan kami berdua dalam film ini lebih berfokus pada pembentukan satu keadaan saling percaya satu sama lain. Berbekal itu kami jadi semakin percaya diri mengatur strategi tentang bagaimana cara menyampaikan perubahan karakter para tokoh ini setelah berselang 14 tahun," pungkasnya.

Akan seperti apa kelanjutan kisah antara Rangga dan Cinta, juga cara Nico dan Dian melakonkan kembali dua tokoh tersebut, dapat disaksikan saat AADC 2 tayang di bioskop mulai 28 April 2016.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR