MUSIK INDONESIA

Nidji menetas kembali lewat Eggnoid

Nidji saat konpers perilisan lagu tema film Eggnoid di Shamrock - Kitchen & Bar, Tebet, Jakarta Selatan (16/10/2019)
Nidji saat konpers perilisan lagu tema film Eggnoid di Shamrock - Kitchen & Bar, Tebet, Jakarta Selatan (16/10/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Keputusan Giring Ganesha hengkang pada awal 2019 membuat Nidji sempat vakum. Seturut kehadiran Muhammad Yusuf Nur Ubay sebagai vokalis baru, band yang terbentuk sejak 2002 itu merasa terlahir kembali.

Terlebih saat mereka menggarap lagu “Cinta & Portal Waktu” untuk mengisi soundtrack film Eggnoid produksi Visinema Pictures.

Lirik lagu tersebut diciptakan oleh Ubay dan gitaris Andi Ariel Harsya. Ceritanya tentang hati yang tak perlu mencari, ia akan jatuh sendiri. Sebab dalam hubungan yang sehat pasti satu sama lain saling menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Seperti Eggy (diperankan Morgan Oey) yang menetas dari telur dalam versi film, seperti itu pula kondisi terkini Nidji.

Perumpamaan tersebut berasal dari para personel saat menggelar hearing session di Shamrock - Kitchen & Bar, Tebet, Jakarta Selatan (16/10/2019).

“Secara tampilan, dalam proyek film ini kan ada orang yang keluar dari telur. Itu sejalan dengan visi kami menghadirkan Nidji yang baru. Keluar dari telur buat kami seperti terlahir kembali. Reborn,” ujar gitaris Muhammad Ramadista Akbar (35).

Meskipun sudah memperkenalkan Ubay sejak awal 2019 dan telah pula menghasilkan dua single sebelum ini, yaitu “Segitiga Cinta” dan “Vibrasi (Dua Arah)”, Rama mengatakan baru ketika mengerjakan lagu “Cinta & Portal Waktu” mereka sangat menyatu.

“Kami berenam berkumpul di studio melakukan workshop untuk menggarap lagu ini sehingga sangat merepresentasikan the new chapter of Nidji,” kata Rama.

Ditambahkan Rama, seluruh proses tersebut, mulai dari sesi diskusi, bertukar ide dan pendapat, hingga rekaman berlangsung menyenangkan sehingga mereka sangat menikmati pengerjaan lagu ini.

Sebagai personel paling bontot bergabung, Ubay berharap perilisan single ini bisa semakin memperkenalkan sosoknya sebagai vokalis baru.

“Mungkin baru sekitar 20% masyarakat yang mengetahui kalau Nidji sekarang punya vokalis baru. Semoga dengan lagu ini, kalian semua bisa ikut menikmati perjalanan baru kami,” tambahnya.

Ubay memang tak ingin pikirannya terbebani sebagai pengganti Giring yang sudah kadung ikonis di kalangan penggemar, fokusnya adalah mengisi bab baru perjalanan Nidji dengan memberikan sentuhan berbeda.

Lagu “Cinta & Portal Waktu” terputar serentak di stasiun-stasiun radio sejak 17 Oktober 2019, menyusul kemudian di berbagai platform musik digital pada 25 Oktober 2019.

Musica akan merilis videoklip musik lagu yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini di YouTube mulai 27 Oktober 2019.

“Setelah sekian lama menunggu materi yang cocok untuk bikin klip lagi, akhirnya saya mendapatkan materi itu dalam lagu ini. Materi yang kuat dan Nidji terdengar lebih fresh dan powerful bikin saya cepat sekali menciptakan imaji di kepala dan menurunkannya jadi ide,” jelas Angga.

Film Eggnoid yang diadaptasi dari cerita dalam Webtoon karya Archie The RedCat menurut rencana tayang di bioskop pada Desember 2019.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR