''Orang asing'' pemenang album terbaik di Grammy

Beck berjaya di panggung Grammy Awards 2015
Beck berjaya di panggung Grammy Awards 2015 | Robyn Beck/nationalpost.com

Banjir pertanyaan mengemuka setelah Beck meraih penghargaan bergengsi "Album of the Year" di ajang Grammy Awards 2015, Senin (9/2) pagi WIB. Bagaimana mungkin Beck dengan album Morning Phase yang belum dikenal bisa mengalahkan Beyonce (album Beyonce), Ed Sheeran (X), Sam Smith (In the Lonely Hour), dan Pharrell Williams (Girl) yang lebih diunggulkan?

Wujud keheranan pemirsa, mayoritas kalangan remaja, pada sosok "asing" bernama Beck itu terekam melalui kata kunci "Who is Beck" hingga masuk daftar topik tren Twitter dunia (gambar 2).

Musisi bernama asli Beck David Campbell (44) itu sebenarnya bukan nama baru dalam industri musik dunia. Sebelumnya, dia pernah meraih trofi Grammy berbentuk gramophone ini pada 1997 dalam kategori "Best Rock Vocal Performance (Male)" dan "Best Alternative Music Performance" -- termasuk kategori ini pada 2000.

Beck yang memulai karir di jalur folk dan country blues sejak 1985 telah merilis 12 album sekaligus musisi "paling senior" dibanding empat nomine kategori album terbaik tahun ini. Tapi karena dia memilih karir di aliran musik non-mainstream maka namanya kurang bergema. Kini, publik mulai sadar siapa sosok Beck karena dia juga menyabet penghargaan "Best Rock Album" dengan menyisihkan Ryan Adams (Ryan Adams), The Black Keys (Turn Blue), Tom Petty & the Heartbreakers (Hypnotic Eye), dan U2 (Songs of Innocence).

"Sebagian besar album ini kami rekam di rumah. Jadi, terima kasih kepada anak-anak saya karena sering dipaksa begadang lebih lama," ujar Beck dari atas panggung.

Skrinsyut topik tren Twitter di seluruh dunia
Skrinsyut topik tren Twitter di seluruh dunia | twitter.com
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR